Cara Merancang Taman Minimalis Serta Teknik-Tekniknya

Posting Komentar

 

Cara Merancang Taman Minimalis Serta Teknik-Tekniknya

Griyahome.com - Sebelum melakukan perancangan taman minimalis yang harus Anda tahu adalah mengetahui aspek-aspek umum sebelum melakukan perancangan, seperti kondisi calon taman, luas taman yang mau di buat, aspek lingkungan sekitar taman seperti rumahnya model apa? Sehingga ketika kita merancang taman tersebut bisa terlihat harmonis dengan keadaan sekelililingnya, tidak menimbulkan sebuah pemandangan yang kontras atau tidak seimbang.

Pertama-tama, coba tuangkan bayangan taman minimalis yang Anda inginkan dalam sebuah sektsa kasar, atau cuman sekedar coretan-coretan kasar dalam sebuah konsep. Coba Anda bayangkan tanaman kesukaan  Anda ingin diletakkan dimana? Jika Anda merasa kesulitan dalam membayangkanya, Anda mungkin memerlukan penerjemah keinginan Anda. Dalam urusan ini, Anda bisa minta tolong seorang atau jasa penata taman. Dari sana, dapat di buat sketsa denah dan prespektif  mengenai peletakan keseluruhan elemen taman. Peletakkan pohon,peletakan bebatuan,  shrubs, elemen hardscape, furniture dan lain-lain. Termasuk juga bisa di rancang soal plumbing atau penataan perpipaan saluran air, penataan kelistrikanya sekalian.

Berikut hal-hal yang perlu  Anda perhatikan ketika mengkonsep taman minimalis:

Perhatikan lintasan matahari, karena ini akan berpengaruh terhadap kesuburan tanaman, pertumbuhan ikan, serta kesehatan ikan (jika taman tersebut ada kolam ikannya)

Drainase yang  baik, tujuannnya agar air dapat terserap dengan sempurna, air akan dialirkan kemana? Mau di buang keselokan atau langsung diserap ketanah. Dalam merancang drainase yang perlu diperhatikan adalah tidak terjadi banjir ketika musim hujan tiba. Sistem air yang baik mampu menampung berapa volume air yang datang dan bisa dialirkan dengan lancar.

Jangan Abaikan Instalasi Air dan Listrik, Siapkan titik air secukup mungkin untuk memudahkan penyiraman tanaman. Tentukan peletakan semua elemen yang membutuhkan listrik (misalnya pompa air dan lampu taman). Tentukan lokasi sakelar yang mudah di jangkau namun tetap terlindung dari percikan Air. Usahakan kabel listrik tipe waterproof dan dipasang menempel ditembok.

Membuat Rincian Biaya

Jika semua tahap perencanaan dan pemilihan semua elemen sudah selesai, Anda dapat menghitung rencana  Anggaran Biaya. Bila Anda melakukan hal ini sendiri, pastikan jumlah kebutuhan elemen sudah terpenuhi dan surveilah harga untuk semua kebutuhan, agar Anda dapat membandingkan dari segi kualitas maupun harga.

Perawatan Taman

Sebuah taman minimalis umumnya tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Perawatan tanaman tentu saja melalui penyiraman yang cukup (1-2 kali sehari) dan pemangkasan tanaman jika sudah terasa rimbun atau rindang. Jika Anda menginginkan bentuk batang agar tidak mudah rebah ke bawah, dapat dilakukan pengarahan dengan cara melilitkan batang pada dolken/bambu, atau bisa juga menggunakan kawat lunak. Pemupukan bisa dilakukan tiga minggu setelah penanaman, selanjutnya bisa dilakukan dua sampai tiga bulan sekali.

Tips dan Trik Merancang Taman Minimalis

Sebaiknya pelajari terlebih dahulu kondisi rumah dan calon taman Anda. Penentuan spot-spot secara teknis juga dipengaruhi oleh kondisi exsisting  rumah. Misalnya saja, jangan sampai Anda menaruh tanaman tepat di bawah sebuah talang, yang mana ketika hujan turun air akan terjun bebas dan deras yang bisa menyebabkan tanaman mati. Perhatikan juga lintasan saluran mekanikal, elektrikal, dan pipa plumbing rumah Anda. Jangan sampai pembuatan boks tanam, maupun kolam malah menggangu sistem rumah  Anda. Perhatikan dengan cermat, mana yang bisa di dahulukan dan mana yang bisa mengalah. Jika Anda kesulitan, gunakan jasa arsitek landscape untuk membangun taman impian indah Anda.

Semoga artikel Cara Merancang Taman Minimalis Serta Teknik-Tekniknya dapat bermanfaat buat anda semua.  Selamat Mencoba!

Related Posts

Posting Komentar