Tips Dan Cara Pemasangan Atap Bitumen Penutup Rumah Anda

Posting Komentar

 Tips Dan Cara Pemasangan Atap Bitumen

Griyahome.com – Atap Bitumen? Mungkin anda belum familiar dengan penutup rumah yang satu ini. Selama ini kita mungkin sering  menggunakan atap seng,  genteng, rumbai, dll.  Atap bitumen merupakan atap yang terbuat dari bahan baku aspal (bitumen) serta material tambahan seperti pasir batu, fiberglass, dan coating.  Lalu bagaimana cara pemasangan atap bitumen ? simak artikel ini untuk menemukan cara memasang atap bitumen.

Ada beberapa tahapan pemasangan atap bitumen antara lain :

Lakukan pengukuran sudut kemiringan atap. Pada sudut 150 atau lebih jarak antara as reng minimal 60 cm dan jarak ujung atap sebaiknya dengan sisi luar lisplang adalah 7 cm.

Pergunakan benang yang diikatkan pada kedua ujung sekrup. Pengikatan benang tersebut untuk memastikan jarak ujung atap dengan sisi luar lisplang 7 cm

Pemasangan atap bitumen harus dipastikan dimulai dari sisi sebelah kiri atau sebaliknya serta dari bagian bawah ke atas (nok). Lembaran atap harus dipasang zigzag

Pergunakan sekrup untuk mengebor untuk menyambungkan setiap lembaran atap. Penyekrupan dilakukan mulai gelombang no.1, penyekrupan kedua pada gelombang no.9.

Overlap samping antara lembaran atap sebanyak satu gelombang. Gunakan sekrup untuk mengebor untuk mengunci setiap lembaran atap pada reng. Kita bisa menggunakan benang untuk menyekrupkan skrup pengebor agar pemasangan rata.

Pergunakan nok pinggiran untuk menutup tepi atap. Lalu sekrup lagi dengan menggunakan sekrup bor. Pemasangan nok pinggiran dari bagian bawah ke atas

Pergunakan nok untuk tahap penyelesaian diantara pertemuan atap bagian ujung dengan dinding

Pergunakan alminium berbentuk z profil untuk mengunci nok dengan dinding. Pergunakan paku atau sekrup untuk memasangnya. Tambahkan sealent anti UV untuk menutup bagian atas Z profil sehingga atap kedap air.

Pastikan reng khusus untuk nok pada jurai luar telah terpasang. Pasanglah nok sebagai penutup akhir pada jurai luar. Pastikan pemasangan dimulai dari bawah ke atas. Sekruplah pertemuan nok dengan ujung pertemuan atap. Pastikan overlap minimal 22 cm. Gunakan benang untuk membantu memasang sekrup bor.

Untuk pertemuan dinding samping, dapat menggunakan aluminium berbentuk z profil. gunakan sealent anti UV

Tips Pemasangan Atap Bitumen Pada Atap

Tips Pemasangan Atap Bitumen Pada Atap Rumah

Setiap produk atap akan terbangun apik apabila didukung oleh teknik pemasangan yang tepat. Hal itu juga berlaku untuk pemasangan atap bitumen. Disarankan untuk langsung mengaplikasikan Bitumen Onduline pada reng baja ringan, tanpa material Plywood/Triplek sebagai media datarnya. Bitumen Onduline sudah dapat menopang dengan kuat tanpa harus menggunakan tripleks.

Tips Pemasangan Atap Bitumen

Jika bitumen akan diaplikasikan pada atap pelana maka yang harus diperhatikan sudut kemiringan atapnya yaitu antara 30o - 35o. Apabila diaplikasikan pada sudut kemiringan 15o ke bawah maka harus dilapisi tripleks.

Semoga artikel  Tips dan Cara Pemasangan Atap Bitumen Penutup Rumah Anda dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome.com.

 

Related Posts

Posting Komentar