Solusi Mengatasi Retak atau Crack pada Dak Beton

Posting Komentar

 Solusi Mengatasi Retak  pada Dak Beton

Griyahome.com - Poin penting yang perlu digarisbawahi adalah ketahui penyebab dak retak terlebih dahulu, setelah itu pahami cara tepat untuk mengatasinya. Saat musim penghujan datang, segala masalah yang terjadi karena panasnya musim kemarau akan bermunculan. Salah satunya adalah seringnya atap dak beton yang mengalami keretakan, sehingga atap tersebut rawan terjadi kebocoran saat musim penghujan.

Ada 2(dua) hal yang sering menjadi faktor penyebab retaknya atap dak beton yaitu faktor cuaca dan kesalahan pengerjaan walaupun ada hal lainnya yang menjadi faktor penyebab retaknya atap dak cor.

Di wilayah tropis seperti Indonesia sebenarnya tidak terlalu cocok untuk penggunaan atap dak beton. Sinar panas matahari langsung mengenai atap dak beton secara terus menerus rawan untuk mengalami keretakan. Apalagi musim di Indonesia kadang tidak menentu. hari ini hujan besoknya panas menyengat, atap dak beton yang diterpa panas dan hujan secara terus menerus lama-lama akan terkikis ketebalannya dan akhirnya mengalami keretakan.

Yang menarik, kelemahan ini kenyataannya tidak mempengaruhi banyak orang untuk menggunakan atap dak beton. Tren rumah dengan konsep minimalis membuat orang suka memakai atap dak beton. Jika permasalahan dak beton retak dikaitkan dengan cuaca memang sulit diukur harus dibuat seperti apa dak betonnya agar tidak retak. Tetapi saat bicara mengenai bangunan tinggi hampir semuanya menggunakan dak beton sebagai atapnya. ini berarti atap dak beton harusnya tidak mengalami masalah jika diterapkan pada bangunan rumah. Bisa jadi, Titik kritisnya karena proses pengerjaannya saja yang tidak pas atau kurang sempurna.

Penyebab-penyebab dak beton mengalami keretakan selain karena faktor cuaca dan kesalahan dalam pengerjaan sebagai berikut:

Salah Pilih Material

Pastikan material pembuat dak beton anda berkualitas misalnya dari plat beton. Jangan mudah tertarik dengan harga yang murah tetapi kualitasnya tidak terjamin. Pelat beton yang tidak berkualitas akan mudah rusak jika terkena panas dan hujan secara bergantian dan terus menerus, perlahan tapi pasti dak beton dengan kualitas rendah akan menimbulkan masalah.

Ada Pergerakan Pondasi atau Struktur Bangunan

Tanpa kita sadari bahwa bumi selalu mengalami pergerakan di dalam tanah dan menjalar hingga ke bangunan. Struktur bangunan yang tidak terlalu kokoh akan menyebabkan atap mengalami keretakan. Jadi untuk struktur bangunan harus menjadi perhatian lebih dalam pengerjaannya

Perawatan Yang Kurang Benar

Maintenance / perawatan juga penting untuk mencegah dak beton rusak. Idealnya setelah dak beton dicor, harus digenangi dulu dengan air selama 7 hari atau dikenak dengan couring coumpound. Hal ini dilakukan agar beton tidak retak akibat kehilangan kadar air yang banyak karena proses pengeringan.

Bagaimana jika saat ini dak beton sudah mengalami keretakan? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu :

Tambal Dengan Tepat

Jika retaknya besar maka bisa ditutup dengan semen, agar lebih kuat, campurkan semen dengan dengan cairan aditif yang bisa dibeli di toko bangunan atau supermarket.

Jika retaknya kecil maka bisa dilakukan penambalan dengan adukan semen bardaya rekat tinggi. sebelum pengaplikasian semen, retakan hendaknya dilakukan pembobokan terlebih dahulu sehingga retakan agak lebih besar ini dilakukan agar hasilnya lebih rapi, dan jangan lupa berikan cairan aditif sebagai penguat.

solusi mengatasi retak pada dak beton

Aplikasikan Waterproof pada retakan yang sudah diperbaiki

Sesudah dilakukan penambalan, langkah selanjutnya lapisi penambalan dengan melapisi retakan dengan serat fiber kemudian tutup dengan bahan waterproof. Hal ini akan membuat atap dak beton lebih tahan terhadap gangguan cuaca terutama oleh panas sinar matahari yang menyengat. Aplikasikan waterproofing secara berulang-ulang untuk menutup lubang-lubang kecil. Setelah selesai maka untuk finishing aplikasikan cat tembok diatas waterproofing.

waterproofing pada dak beton

Metode Injeksi

Keretakan dak Beton dapat diatasi dengan cara injeksi yaitu menggunakan alat berupa tabung yang akan menyuntikkan campuran material ke dalam retakan. Biasanya sebelum penyuntikan ke dalam retakan dilakukan pembobokan agar hasilnya lebih halus.

metode injeksi dak beton

Semoga Solusi Mengatasi Retak atau Crack Pada Dak Beton dapat bermanfaat dan membantu anda memperbaiki atap dak beton rumah anda yang bermasalah terutama saat musim penghujan tiba.

 

Related Posts

Posting Komentar