Mezzanine Rumah Kecil : Solusi Buat Rumah Mungil

Posting Komentar

Mezzanine Rumah Kecil

Griyahome.com –  Rumah tingkat Mezzanine merupakan salah satu solusi jika anda memiliki ukuran rumah tidak terlalu besar. Desain rumah yang baik akan membuat rumah kelihatan lebih luas dan fungsional. Ingin tahu lebih banyak tentang rumah mezzanine? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik buat rumah mungil anda.

Mezzanine Rumah Mungil

Mungkin istilah mezzanine kurang begitu populer dan bagi sebagian orang mungkin baru kali ini mendengarnya. Apa itu mezzanine rumah? Mezzanine artinya sebuah lantai atau ruangan yang berada pada bagian tengah rumah diantara lantai bawah dan plafon rumah, umumnya dibuat hanya dibeberapa bagian kecil rumah untuk memaksimalkan fungsi ruang yang tersedia atau boleh dikatakan lantai tambahan sebuah rumah yang berada didalam bangunan/ruang rumah.

Gambar dibawah mungkin akan memperjelas pengertian diatas bahwa mezzanine berbeda dengan cor rumah pada saat akan meningkatkan bangunan utama menjadi dua lantai atau lebih.

Mezzanine Rumah Mungil

Mezzanine Rumah Mungil

Anda merasa dinding rumah anda tinggi dan ingin dibuatkan mezzanine? Pertama, anda harus mengukur secara pasti tinggi dinding rumah. Idealnya jarak lantai dasar ke mezzanine ± 2,5 meter. Selain itu, ukur juga jarak antar permukaan atas mezzanine dengan bagian atasnya (bisa lantai 2, plafond atau atap). Contoh, titik atasnya adalah atap maka jarak antara mezzanine dengan atap minimal 2,5 meter sehingga jarak antara lantai dasar dengan atap ± 5 meter

Lantai Mezzanine Rumah Tinggal

Yang menarik, membuat lantai mezzanine berbeda dengan merancang lantai 2. Anda tidak perlu mengecek struktur bangunan karena mezzanine dapat dibuatkan struktur tersendiri. Lantainya bisa dibuat permanen bisa dibuat non permanen. Material permanen mezzanine dari Dak Cor. Mezzanine menggunakan dak beton memang rawan mengalami keretakan, sedangkan material mezzanine non permanen berasal rangkanya dari kayu atau baja ringan. Serta lantainya menggunakan kayu solid, multipleks atau kalsiplank.

Mezzanine dari bahan non beton pengerjaannya lebih simple, anda bisa mengerjakan pembuatan mezzanine saat musim hujan. Anda tidak perlu mengungsi dari rumah karena rumah tidak akan sekotor saat mengerjakan mezzanine dari dak beton

Konstruksi Mezzanine Baja Ringan / Kayu :

Tahap Persiapan

Ukur tinggi dan luas bidang yang akan dibuatkan mezzanine

Harus dilakukan perancangan akses menuju mezzanine baik dari sisi model maupun lokasi

Pikirkan tempat pemindahan furniture sementara di ruangan yang akan dipasang mezzanine bila rumah sudah ada furniturenya

Lakukan pengecekan penghawaan dan pencahayaan di area yang akan dipasang mezzanine

Tahap Pengerjaan

Lakukan sterilisasi ruang yang akan ditambahkan mezzanine. Jika ada barang-barang di lokasi tersebut harus dilakukan pemindahan dan jangan lupa ditutup plastik atau terpal untuk menghindari debu jika barang tersebut tetap di area yang akan dibangun mezzanine

Buat rangka terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan rangka kayu atau rangka baja ringan

Buatlah tangga untuk akses jalan menuju mezzanine

Pasang penutup lantai

Pastikan kekokohannya dan lakukan finishing jika diperlukan

Yang tidak kalah penting adalah pemilihan material yang digunakan untuk pembuatan mezzanine. Bahan material tersebut antara lain :

Kalsiplank, Anda dapat memilih kalsiplank polos atau finishing kayu jati. Perkiraan harga ± Rp.58.000 (ukuran 0,08m x 0,3 m x 3 m)

Kayu solid, ada beberapa material papan kayu yang biasa digunakan untuk mezzanine, seperti kayu jati, bengkirai, mahoni, kamper, kayu pinus. Perkiraan harga ± Rp. 70.000/lembar (kayu kamper ukuran 0,03m x0,3 m x 4 m)

Multipleks, pilihlah multipleks dengan ketabalan minimal 9 mm, jika lebih dari itu tidak apa-apa tetapi jika kurang dari ukuran itu jangan karena dikhawatirkan lantai akan melendut. Perkiraan harga ± Rp. 104.000/lembar (ukuran 0,09 mm x 1,22m x2,44 m)

Rangka Kayu, Ada beberapa material papan kayu yang biasa digunakan untuk mezzanine, seperti kayu jati, bengkirai, mahoni, kamper, kayu pinus. Perkiraan harga ± Rp. 160.000/ batang (kayu kamper ukuran 0,05 m x 0,1 m x 4 m)

Rangka baja / baja ringan, pilihlah material yang bergaransi dan berasal dari produsen ternama. Perkiraan harga : menyesuaikan kualitas baja dan luasan mezzanine.

Semoga artikel Mezzanine Rumah Kecil : Solusi Buat Rumah Mungil dapat memberi manfaat buat anda serta menjadi solusi memaksimalkan ruang yang ada dirumah dan menjadi lebih fungsional.

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email