6 Tips Sukses Merawat Indoor Plant

Posting Komentar

Tips Sukses Merawat Indoor Plant

Griyahome.com - Tidak semua tanaman sukses ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman yang akan ditempatkan di dalam ruang memerlukan beberapa seleksi dan proses adaptasi. Tanaman harus menyesuaikan dengan lingkungan mikro di dalam ruangan karena mengalami perubahan temperatur, kelembapan udara, dan cahaya alami.

Agar sukses merawat indoor plant ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar tanaman tumbuh optimal :

Pilih jenis tanaman yang menyukai hidup di tempat teduh.

Jenis  tanaman tropis yang memiliki daun lebar, hijau, dan sedikit tebal adalah yang disarankan karena kandungan airnya banyak. Anturium, Philodendron, Scindapsus dan palem paling sering dianjurkan. Demikian pula tanaman desert yang memiliki ketahanan terhadap kondisi kering seperti kaktus, sukulen dan Sanseviera.

Pilih jenis tanaman

Gunakan Media tanam yang tepat.

Anda dapat menggunakan media tanah yang gembur untuk menjaga kelembapan media, seperti kompos organik.  Hindari pemakaian tanah kebun karena berat dan keras. Hindari pula penggunaan pupuk kandang karena akan menimbulkan bau. Anda bisa gunakan beberapa alternatif lain sebagai media tanam seperti hydroton, sekam bakar, perlit, dll yang memiliki bobot lebih ringan.

Gunakan Media tanam yang tepat.

Jaga kebersihan tanaman.

Jaga kebersihan fisik tanaman dengan cara membuat daun bersih dan mengkilap serta bersihkan ranting-rantingnya. Selain itu, buang daun-daun yang sudah tua. Gunakan pot cantik untuk menutup pot plastik, anda juga bisa menggunakan pot yang terbuat dari rotan atau bahan alami lain sebagai pot bagian luar untuk mempercantik tampilan.

pot rotan

Jaga kelembapan udara.

Kelembapan udara diluar ruangan normal mencapai 80%, sedangkan di dalam ruang ber-AC hanya 20% – 60% saja. Dalam kondisi seperti ini, tanaman akan kering dan mati. Untuk menjaga kelembapan udara, bisa dilakukan penyemprotan rutin di sekitar tanaman atau meletakkan pot di tatakan yang diisi air. Tanaman didalam ruangan tidak memerlukan penyiraman yang berlebihan mengingat penguapan tidak terlalu banyak terjadi karena penempatannya tidak terkena sinar matahari langsung.

Lakukan rotasi tanaman.

Secara rutin tanaman di dalam ruang perlu ditukar dengan tanaman lainnya setiap 1 – 2 minggu. Rotasi diperlukan agar tanaman tersebut kembali bugar karena mendapat udara segar dan cahaya alami. Khusus untuk tanaman berbunga, sebaiknya diletakkan di dalam ruang hanya ketika berbunga saja.

Letakkan Tanaman Dekat Jendela.

Tanaman tetap membutuhkan matahari untuk melakukan proses fotosintesis, jika memungkinkan sebaiknya tanaman indoor diletakkan dekat dengan jendela untuk menerima sinar matahari untuk mendukung pertumbuhannya. Tanaman yang terkena sinar matahari akan lebih kokoh dan memiliki batang yang kuat serta daun yang selalu berwarna hijau.

Letakkan Tanaman Dekat Jendela.

Semoga 6 Tips Sukses Merawat Indoor Plant dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome.com disaat akan menempatkan tanaman didalam ruangan untuk merubah tampilan ruang agar lebih segar.

 

 

Related Posts

Posting Komentar