5 Bahan Atap Carport Paling Umum Digunakan

Posting Komentar

5 Bahan Atap Carport Paling Umum Digunakan

Griyahome.com - Saat ini fungsi carport tidak hanya sebagai tempat penyimpanan kendaraan anda. Carport saat ini merupakan salah satu elemen pembentuk nilai estetika suatu hunian atau rumah. Namun banyak orang yang masih awam tentang membuat carport kokoh dan tahan lama. Carport bisa menjadi pilihan terbaik jika anda tidak berencana membuat sebuah garasi.

Material pendukung pembuatan carport antara lain material lantai dan material atap. Pemilihan yang tepat untuk kombinasi material lantai dan atap yang dapat memperkokoh carport dan membuat carport tidak mudah rusak.

Apa Itu Carport?

Carport adalah tempat menyimpan mobil yang dilengkapi dengan atap untuk melindungi mobil dari air hujan, panas matahari, dan benda-benda asing yang bisa menimpa kendaraan anda. Carport berbeda dari garasi. Garasi umumnya merupakan tempat menyimpan mobil yang tertutup dan terkadang menyatu dengan bagian rumah sedangkan carport hanya berfungsi sebagai penutup untuk melindungi kendaraan. Luas yang dibutuhkan carport lebih sedikit dibandingkan jika anda membuat sebuah garasi, pembuatan carport pun jauh lebih cepat dibandingkan sebuah garasi.

Model carport bisa terdiri atas berbagai bentuk begitu pula dengan bahan baku pembuatan carport dapat disesuaikan dengan keinginan sang pemilik rumah. Ada berbagai pilihan bahan pembuatan atap carport seperti kaca, vinyl, policarbonat, fiberglass,dll. Untuk kerangka carport anda bisa memilih jenis bahan sesuai kemampuan anda, apakah ingin menggunakan kayu, stainless steel, besi, dll.

Material Lantai

Ada 3 (tiga) syarat umum yang cocok untuk material lantai carport yaitu material tidak licin, daya sokong yang kuat untuk menahan beban kendaraan dan harus tahan terhadap berbagai cuaca.

Material lantai bisa berupa material beton dan material keramik. Untuk lantai beton maka aplikasikan lantai beton ekspos, koral sikat atau paving block. Sedangkan untuk lantai keramik, usahakan aplikasikan keramik yang permukaannya rata tapi tidak mengilap (unpolished) dan tidak licin.

Lantai beton ringan dapat dibuat dari campuran semen, pasir dan koral dengan perbandingan 1:3:5. Kemudian semua bahan tersebut ditambah air dan dituangkan pada cetakan beton di carport.

Material Atap

Material atap biasanya dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu transparan / terbuka dan tertutup. Bila tertutup gunakan atap dari asbes atau bahan lain, sedangkan untuk yang memilih transparan dapat memilih bahan dasar seperti polikarbonat, vinil, fiberglass, kaca, shade sail. Berikut penjelasan mengenai bahan dasar atap transparan

Polikarbonat

Bahan dasar ini merupakan bahan yang mampu tahan terhadap cuaca sinar matahari yang mengandung sinar UV. Ragam warnanya bervariasi. Kelebihannya adalah material ini dapat dibentuk dan dilengkungkan. Harga polikarbonat ditentukan oleh ketebalan, ukuran dan merk. Kisaran harganya Rp.1.450.000 s/d Rp.8.000.000

Polikarbonat

Vinyl

Material ini penampakannya seperti serat sintetis, pemasangannya relatif mudah serta bahan ini bobotnya ringan. Warna yang ditawarkan juga beragam. Harga dipengaruhi oleh motif dan merk. kisaran harganya sekitar 5 jutaan.

Vinyl

Kaca

Material jenisnya beragam, ada yang mampu menolak sinar UV, ada yang telah dilapisi dengan film yang membuat rumah terkesan dingin. Harganya bervariasi tergantung ketebalan kaca yang digunakan. Saat ini juga sering digunakan kaca jenis tempered glass yang lebih kuat dan tidak  mudah pecah.

Kaca

Fiber Glass

Material ini dapat meredam panas. harga fiberglas dibandingkan dengan polikarbonat dan vinyl lebih ekonomis. Pilihan bentuknya ada yang bergelombang dan ada yang datar.

Fiber Glass

Shade Sail

Bentuk bahan ini termasuk unik. sekilas seperti terpal yang direntangkan.dan dipasang dengan struktur tarik sehingga memerlukan tempat bertumpu. Kemampuannya meredam sinar matahari sangat baik tetapi kurang kuat jika terkena hujan. ada beberapa masam warna yang disediakan, biru tua, biru muda, oranye, hijau dll. Kisaran harganya Rp.350.000 s.d Rp.500.000/m2

Shade Sail

Semoga artikel 5 Bahan Atap Carport Paling Umum Digunakan dapat bermanfaat buat anda para pembaca setia griyahome.com Design carport diatas dapat anda terapkan untuk rumah maupun kantor anda.

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email