Tips Menggunakan Tiang gazebo Dari Kayu Agar Tahan Lama

Posting Komentar

 Tiang gazebo

Griyahome.com - Banyak hal-hal unik yang bisa Anda aplikasikan pada saat membuat sebuah gazebo, salah satunya adalah desain tiang yang berasal dari batang kayu. Gazebo dengan desain yang unik memang mempunyai nilai seni tersendiri. Gazebo banyak dibuat dihalaman rumah sebagai tempat berkumpul atau bersantai setelah seharian bekerja.

Biasanya desain yang ada pada gazebo dengan kombinasi tiang kayu semacam ini cocok digunakan untuk ruangan terbuka, seperti taman atau kebun diluar rumah. Konsep ini juga sudah banyak diadopsi untuk hiasan interior di dalam taman tersebut.

Ukuran Tiang Gazebo

Mengingat beban yang cukup berat pada bagian atap gazebo, maka secara otomatis diperlukan tiang yang berasal dari kayu dengan ukuran tersendiri. Misalnya kayu berdiameter 20cm atau lebih, disesuaikan dengan kondisi dan ukuran gazebo tersebut. Semakin besar ukuran gazebo yang akan dibuat tentunya jumlah tiang yang diperlukan semakin banyak. Luas standar minimal gazebo minimal 2x2 meter dan bisa menampung 2-4 orang jadi jika anda ingin membuat gazebo yang bisa menampung jumlah orang lebih banyak tinggal kalikan dengan luas minimal diatas.

Jenis kayu yang digunakan untuk tiang gazebo

Terdapat beberapa jenis kayu yang cukup baik untuk tiang, seperti kayu jati dan kayu mahoni. Kedua jenis kayu ini, selain kuat, tahan kondisi alam, dan penting adalah bentuknya yang lurus. Pilihlah jenis kayu yang sudah cukup tua dan berdiameter memadai. Bentuknya sendiri tidak perlu Anda haluskan, dimana inilah letak seninya. Pada gambar diatas merupakan contoh yang bisa ditiru untuk gazebo dengan tiang dari kayu. Saat ini juga tersedia tiang gazebo yang berasal dari kayu kelapa tetapi dibandingkan kayu jati dan mahoni kualitas kayu kelapa masih dibawah kedua jenis kayu tersebut. Sesuaikan dengan dana anda karena semakin berkualitas bahan yang anda gunakan maka harganya tentu semakin mahal

Perawatan tiang Gazebo

Dalam hal perawatan tiang gazebo, tentu hal yang paling mudah adalah sebisa mungkin menghindarkan tiang tersebut dari serbuan rayap atau terlalu sering kena air. Meskipun terletak diluar rumah, namun jika Anda mampu membuat desain yang sesuai persyaratan, maka tiang tersebut akan bertahan lama. Namun sebelum memasang tiang tersebut, ada baiknya Anda lapisi terlebih dahulu kayu tersebut dengan cairan pembasmi hama yang banyak dijual dipasaran.

Sebelum memasangnya ada baiknya anda membuat landasan yang terbuat dari semen cor agar kaki gazebo tidak langsung menempel ditanah. Hingga apabila musim hujan kaki gazebo tidak tergenang air yang dapat membuat kaki gazebo menjadi rusak dan mudah didatangi rayap untuk bersarang.

Semoga tips “Menggunakan Tiang Gazebo Dari Kayu Agar Tahan Lama” dapat bermanfaat buat anda semua yang akan merencanakan membuat suatu tempat berkumpul bersama keluarga dan kerabat dihalaman rumah. Jangan lupa untuk memasang lampu pada gazebo anda sebagai penerangan, model dan jenis lampu dapat disesuaikan dengan imajinasi anda.

 

Related Posts

Posting Komentar