Revolusi Hijau Taman Atap Pada Desain Rumah Anda

Posting Komentar

 Revolusi Hijau Taman Atap Pada Desain Rumah Anda

Griyahome.com - Pemanasan global dan polusi yang semakin tinggi membuat setiap orang perlu untuk berkontribusi membuat dunia ini menjadi tempat yang bersih dan sehat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan ekologis yang ramah lingkungan saat membangun rumah anda. Apakah anda pernah mendengar istilah green roof atau taman atap?  Jika belum, simak terus artikel ini untuk mengenal lebih jauh green roof sebagai solusi atap yang menawarkan berbagai manfaat untuk anda dan bumi.

Pengertian Green Roof / Taman Atap Hijau

Green roof merupakan salah satu solusi para arsitek dunia untuk menciptakan dan memanfaatkan atap bangunan rumah sebagai ruang terbuka hijau yang dipenuhi tanaman mengingat semakin terbatasnya tanah yang digunakan sebagai taman. Green roof memiliki makna yang hampir mirip dengan roof garden.

Sejarahnya, atap hijau dikembangkan pertama kali pada tahun 1960 di Jerman, dan telah menjadi sangat populer di banyak negara-negara Eropa. Dan pada satu dekade ini teknologi atap hijau telah mulai menjadi populer di Amerika serta Asia.

Membangun Taman Atap Rumah

Salah satu hal yang bisa dilakukan saat membangun hunian anda adalah pembuatan sebuah atap hijau, yaitu atap yang ditutupi dengan vegetasi atau bisa dikatakan taman pada atap. Atap hijau sangat baik untuk perumahan di kota yang sering kekurangan ruang hijau seperti halaman. Penambahan atap hijau dapat memberikan ruang berekspresi bagi kreativitas seseorang, serta membawa nuansa alam kembali ke kota. Bahkan, dengan menanam tanaman-tanaman serta bunga, anda dapat mengundang serangga, burung, dan kupu-kupu datang ke area tempat tinggal Anda.

Membangun Taman Atap Rumah

Manfaat Dan Fungsi Green Roof atau Atap Hijau

Manfaat dari sisi lingkungan adalah pengurangan genangan air pada atap, yang seringkali mengakibatkan pencemaran air bahkan banjir. Kehadiran atap hijau, dapat menyerap hingga 75% dari air hujan yang jatuh serta mempermudah terjadinya proses kondensasi. Selain itu, atap hijau juga dapat mengurangi keberadaan racun di lingkungan. Polutan di udara dan air, serta karbondioksida diserap oleh tanaman hidup serta menghasilkan banyak oksigen bagi area tempat tinggal.

Atap hijau juga dapat secara signifikan mengurangi pemanasan suhu tempat tinggal. Berkurangnya suhu udara yang panas pada rumah bisa mencapai 26% yang secara tidak langsung mengurangi pemakaian alat pendingin seperti AC pada tempat tinggal Anda. Suhu udara di kota jauh lebih tinggi daripada di daerah sekitarnya karena ada prevalensi seperti bangunan di daerah kecil. Bangunan-bangunan yang dibuat dengan bahan material tradisional lebih mampu menyerap panas.

Atap hijau bisa digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan menyalurkan hobi bercocok tanam disamping mengajarkan anak-anak untuk lebih mencintai lingkungan dan bumi sebagai tempat tingal kita di planet ini.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Atap Hijau

Jika anda memutuskan untuk membangun atap hijau, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Pertama : gaya desain taman pada atap yang ditanami tanaman besar atau rumput, memerlukan banyak perawatan untuk menjaga taman dalam kondisi baik.

Kedua :  yaitu luas area pada atap, semakin sedikit area yang disediakan maka otomatis semakin sedikit perhatian serta tanah yang diperlukan untuk merawatnya.

Ketiga : Perlunya konstruksi atap yang lebih kuat mengingat nantinya pada bagian atas atap akan ditanami berbagai jenis tanaman dengan ukuran tanaman yang bervariasi.

Perkembangan teknologi atap hijau dinegara-negara maju semakin berkembang dan semakin gencar dilaksanakan mengingat isu lingkungan yang semakin hangat.

Semoga artikel Revolusi Hijau Taman Atap Pada Desain Rumah Anda dapat bermanfaat buat anda semua dan kita makin mencintai lingkungan untuk anak cucu kita dimasa mendatang.

 

 

 

Related Posts

Posting Komentar