Manfaat Berkebun Di Rumah Bagi Keluarga

Posting Komentar

 Manfaat Berkebun Di Rumah Bagi Keluarga

Griyahome.com - Cara menghargai dan merawat alam tidaklah cukup hanya diajarkan melalui teori, ada kalanya sebuah pelajaran beraktivitas juga akan sangat berguna untuk anak Anda. Masih banyak orang yang saat ini kurang menghargai alam dan tidak benar-benar menyediakan waktu luangnya sekadar merawat apalagi mengajari anak mereka untuk berkebun. Kenyataan ini merupakan satu hal yang menyedihkan. Padahal jika disadari, berkebun dapat menjadi liburan dan hobi tersendiri yang menyenangkan untuk Anda sekeluarga, disamping ikut menjaga alam dengan membentuk taman yang indah di halaman belakang rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat aktivitas berkebun yang sangat cocok dilakukan bersama anak-anak Anda tercinta :

1. Relaksasi

Hasil survei sebuah universitas di Eropa menunjukkan bahwa kegiatan berkebun dapat mengurangi stres karena menimbulkan efek relaksasi. Dan ini berlaku untuk semua kelompok umur. Selain sebagai relaksasi dapat juga membantu menjaga kesehatan panca indera Anda terutama mata. Percaya atau tidak, aktivitas berkebun dapat juga digunakan sebagai terapi untuk anak-anak yang berasal dari keluarga berantakan karena akan membantu membangun rasa percaya diri seseorang.

2. Waktu berkualitas dengan keluarga

Anda bisa lupa tentang pekerjaan serta stres Anda untuk sementara waktu dan ditenangkan oleh suasana indah di kebun. Anda dapat bermain dan menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda. Anda dapat ngobrol sambil menyiram tanaman atau Anda dapat bekerja dengan tenang di dekat anak-anak Anda. Intinya adalah, selalu lakukan apa yang harus Anda kerjakan bersama-sama dengan anak-anak Anda. Anda mungkin akan menemukan banyak hal baru tentang anak Anda saat berinteraksi dengan mereka di tempat ini.

3. Manfaat Berkebun untuk Anak

Dengan aktivitas berkebun, anak-anak secara tidak langsung diajarkan keajaiban ilmu pengetahuan seperti siklus hidup tanaman dan bagaimana intervensi manusia dapat merusak atau membentuk sebuah lingkungan di sekitarnya. Mereka dapat memiliki pengalaman yang sangat berharga ketika belajar menanam benih-benih tanaman. Pengalaman baru tentunya akan membuat anak-anak Anda merasa senang. Alam akan mengajarkan langsung bagaimana proses kehidupan berlangsung mulai tahap biji, tanaman muda hingga tanaman yang siap dipanen. Jika anak anda belajar pelajaran Biologi disekolah maka kebun merupakan laboratorium alam yang tersedia gratis untuk anak anda belajar.

Manfaat Berkebun untuk Anak

4. Kehidupan

Mengamati benih tumbuh menjadi pohon sama seperti belajar dan mengagumi bagaimana manusia lahir dan tumbuh menjadi seorang anak kecil. Dengan menanamkan sejak dini pada anak-anak Anda tentang berkebun maka secara tidak langsung Anda pun mengajarkan pada mereka bagaimana mencintai dan menjaga lingkungan mereka kelak. Berkebun dapat membantu mensimulasikan bagaimana lingkungan hidup harus diperlakukan yaitu harus dengan lembut penuh kasih sayang.

5. Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Pada saat berkebun tentunya anda akan menanam berbagai jenis tanaman baik tanaman hias, buah, maupun sayur-sayuran. Tanaman sayuran memerlukan waktu lebih singkat untuk dapat dipanen bersama keluarga. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 dan telah diterbitkan dalam Journal Of the Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa anak-anak yang membantu orangtua berkebun cenderung akan makan lebih banyak buah dan sayuran. Anda pasti tahu berbagai manfaat sayur dan buah yang telah diuji oleh berbagai peneliti  menunjukkan manfaat yang positif terhadap kesehatan. Orang-orang yang gemar makan sayur dan buah akan memiliki berat badan ideal dan terhindar dari obesitas.

Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

6. Manfaat Berkebun Bagi Lingkungan

Tentunya anda mendengar tentang isu lingkungan bagaimana pemanasan global mulai terjadi beberapa tahun belakangan ini. Es di kutub utara yang dulunya menjulang tinggi bak gunung kini mulai mencair membuat naiknya permukaan laut membuat beberapa anomali cuaca mulai terjadi dialam. Berkebun tanpa ada sadari akan sangat membantu bumi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Sekecil apapun kontribusi anda akan sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan. Anda bisa bayangkan jika diseluruh dunia orang-orang mulai berkebun, berapa milliar tanaman yang bisa turut menjaga alam?

7. Berkebun Sambil Olahraga

American Society for Horticultural Science menerbit sebuah jurnal pada tahun 2014 dimana dalam jurnal tersebut menyebutkan bahwa dengan berkebun kita seperti sedang berolahrga tetapi membuat kita fun and happy. Saat melakukan aktivitas dikebun seperti membersihkan gulma, memanen sayur, menyiapkan media tanam, memangkas pohon akan membuat tubuh kita berkeringat dan membuat organ tubuh terus bergerak. Tapi jika anda hobi berkebun aktivitas ini malah akan menyita waktu anda jauh lebih lama dibandingkan saat anda betul-betul berolahraga, tanpa ada sadari waktu terus berjalan.

8. Berkebun Bisa Menghilangkan Stress

Jika selama ini anda sering sakit kepala tanpa sebab, mungkin saja tanpa anda sadari anda sedang stress, salah satu solusi yang bisa anda lakukan yaitu dengan menyalurkan hobi anda. Dan mungkin salah satunya adalah dengan berkebun. Saat anda fokus berkebun dan menikmati taman dan kebun sayur-sayuran anda umumnya anda akan melupakan banyak aktivitas yang selama ini butuh perhatian anda, seperti pekerjaan kantor, mengurus anak dan suami, dll.

9.  Menghemat Biaya Pengeluaran Rutin Anda

Tentu saja dengan berkebun anda akan menikmati hasilnya terutama jika anda menanam tanaman sayur seperti sawi, tomat, cabai, selada dan berbagai jenis sayur dan buah lainnya. Anda akan mengurangi biaya pengeluaran belanja rutin anda dengan mengkomsumsi hasil kebun anda sendiri yang pastinya jauh lebih sehat dan segar karena jika anda memerlukannya cukup melangkahkan kaki ke kebun rumah anda.

Menghemat Biaya Pengeluaran Rutin Anda

Biarkan anak-anak Anda belajar mengenali lingkungan mereka sejak dini, sementara Anda sebagai orang tuanya pun dapat belajar mengenali karakter anak-anak Anda lebih dekat terutama ketika berinteraksi bersama mereka di taman belakang rumah Anda ini. Ternyata liburan yang menyenangkan dan berkualitas, tidak selalu harus memerlukan biaya yang besar dan jarak yang jauh kan? Cukup ada di halaman tempat tinggal Anda.

Semoga artikel tentang “Manfaat Berkebun Di Rumah Bagi Keluarga” dapat bermanfaat buat keluarga anda tercinta, berkebun merupakan hiburan paling murah, aman dan bisa dilakukan kapan saja anda suka. Jadi tunggu apalagi segera berkebun!

 

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email