Ciptakan Taman Minimalis Dengan Menanam Bunga Dalam Pot

Posting Komentar

 Taman Minimalis

Griyahome.com - Sebagai penggemar tanaman bunga, anda tentunya ingin membuat sebuah taman yang sangat indah di depan atau di belakang rumah anda. Namun, ketika anda tidak memiliki lahan untuk bertanam, maka anda tidak perlu khawatir, karena anda juga bisa menciptakan taman minimalis yang sangat indah dan menarik dengan cara menanam tanaman bunga di dalam pot. Bahkan motif pot yang indah bisa menambah keindahan taman minimalis anda. Nah...untuk hal ini, anda perlu mengetahui cara  menanam bunga dalam pot, yaitu:

Pilihlah jenis pot sesuai keinginan anda, yang memiliki lubang drainase yang cukup, serta sesuaikan ukuran pot dengan tanaman bunga yang akan anda tanam.

Isi dasar pot dengan beberapa pecahan genting atau bata merah untuk pengikat air dan memberikan rongga udara yang cukup.

Selanjutnya isikan media tanam diatasnya dengan tanah dan campuran bahan lain seperti bahan pakis, serbuk kayu, sabut kelapa, arang kayu dan lainnya, dan jangan lupa masukkan pupuk kandang, kompas atau pupuk urea ke dalamnya.

Tanam bibit atau tanaman bunga kedalam tanah dengan menyisakan 2-3 cm pada bibir pot, sehingga tanah tidak terlalu menumpuk.

Lakukan penyiraman pada tanaman sesuai kebutuhan baik secara langsung atau dengan menggunakan semprotan, dan gunakan air yang bersih.

Jangan lupa melakukan penyemprotan hama dengan pestisida sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit dan tidak diganggu serangga atau hama lainnya.

Lakukan pemotongan bagi tanaman perdu yang memiliki cabang atau ranting yang mulai rusak, sehingga tidak mengganggu pertumbuhan tanaman bunga.

Setelah tanaman berbunga, jika anda ingin memetik bunga, maka gunakan gunting kebun untuk memotongnya.

Usahakan agar selalu mengganti media tanam sehingga tidak terjadi kerusakan pada struktur tanah, atau mengganti pot baru ketika akar tanaman mulai membesar atau memanjang.

Cara menanamnya mudah bukan!, Nah, selanjutnya anda perlu merawat semua jenis tanaman bunga yang anda tanam, yaitu dengan penyiraman, pemupukan, dan penyemprotan hama secara rutin. Selain itu, menanam dalam pot juga membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Maka bagi tanaman yang ditaruh di dalam ruangan, agar dikeluarkan untuk 2-3 jam sehingga dapat menyerap cahaya matahari yang cukup, dan lakukan penyiraman di luar rumah agar air tidak membasahi ruangan, dan selanjutnya bersihkan pot terlebih dahulu sebelum dimasukkan kembali ke dalam ruangan.

pot bunga susun

Agar terciptanya taman minimalis yang indah, maka anda perlu memilih jenis pot yang cocok untuk jenis tanaman bunga  dan diletakkan secara tersusun atau dengan susunan sekreatif mungkin baik di teras rumah, belakang rumah, atau dalam ruangan khusus.

Semoga artikel Ciptakan Taman Minimalis Dengan Menanam Bunga Dalam Pot dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome.com.

 

 

Related Posts

Posting Komentar