Cara Mengenali Kondisi Fisik Lahan Sebelum Menjadi Taman

Posting Komentar

 Cara Mengenali Kondisi Fisik Lahan Sebelum Menjadi Taman

Griyahome.com - Mengolah lahan atau halaman menjadi taman yang indah adalah idaman kita semua bukan? Tapi sebelum mewujudkan semua itu, alangkah baiknya jika kita mengenali terlebih dahulu kondisi fisik dari lahan yang akan kita jadikan taman yang indah, nyaman, dan sejuk. Setiap daerah biasanya memiliki kondisi lahan yang berbeda-beda. Apa saja poin-poin yang perlu diperhatikan saat membuat taman? Simak terus artikel ini untuk menemukan tips-tips menarik.

Sebelum membuat sebuah taman kita perlu memperhatikan kondisi suatu lahan agar taman yang kita buat menjadi makin cantik. Nah berikut ini beberapa poin yang wajib kita kenali sebelum membuat taman :

Posisi Lahan

Sebagai pemilik rumah dan lahan atau halaman yang belum dibangun, tentunya harus mempertimbangkan dimana posisi ideal dari sebuah taman. Kecuali jika kita membeli pada suatu kavling perumahan, tentu kita sudah tahu dimana letak taman yang akan kita bangun. Posisi taman bisa di depan, samping, belakang, bahkan di dalam rumah.

Taman belakang ideal sebagai ruang bersantai

Taman depan sangat ideal sebagai area penerima tamu atau keluarga yang berkunjung. Area samping ideal sebagai area transisi antara area satu dengan lainnya. Sedangkan area belakang sangat ideal bagi pembangunan taman, sebab area ini sangat berguna bagi aktifitas keseharian seluruh anggota keluarga, sebagai wadah aktifitas bersantai dan bermain bagi anak-anak kita.

Taman belakang ideal sebagai ruang bersantai

Bentuk dan Luas Lahan

Kenali bentuk dan luas lahannya. Apakah lahan itu segitiga, persegi panjang,  atau tidak beraturan. Mengenali kondisi bentuk dan luas lahan akan sangat berpengaruh dengan tata letak aksesoris taman dan tanaman yang akan kita tanam.

Topografi Tanah

Tanah berkuntur juga bisa dioptimalkan sebagai taman jika kita tahu caranya. Tentu bagi kita yang memiliki topografi tanah yang cenderung rata sangat mudah untuk langsung mendesainnya. Namun bagaimana dengan kondisi lahan yang bertopografi terjal atau berkontur? Alangkah baiknya jika kita tidak terburu-buru untuk mengurug dengan tanah dan tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit. Lahan yang memiliki kontur berpotensi besar untuk diolah menjadi taman yang indah tinggal bagaimana kreatifitas kita mencari desain yang tepat.

Topografi Tanah

Fungsi Ruang Yang Berdekatan Dengan Taman

Apa perlu memperhatikan ruang yang bersebelahan dengan taman? Tentu saja, karena sebuah fungsi ruang sangat berpengaruh dalam tata letak ruang sebuah taman. Contohnya, jika kita memiliki area taman yang berdekatan dengan ruang makan, tentu penataannya memiliki kesan bersih dan rapi. Sedangkan bila berdekatan dengan area teras atau tempat duduk dan bersantai, pemilihan tanaman seharusnya tidak terlalu tinggi, karena dapat menghalangi pandangan pada area taman lainnya.

Fungsi Ruang taman

Ketersediaan Cahaya Matahari

Kenali area mana saja yang cenderung terkena sinar matahari langsung dan tidak langsung. Untuk area yang terkena sinar matahari langsung, pilihlah tanaman yang cocok dengan kondisi tersebut. Sebaliknya untuk area yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung, kita juga harus memilih tanaman indoor dimana tanaman tersebut cocok untuk kondisi ini. Salah memilih jenis tanaman akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Ketersediaan Cahaya Matahari

Semoga artikel “Cara Mengenali Kondisi Fisik Lahan Sebelum Menjadi Taman” dapat bermanfaat buat anda semua yang sedang berencana membuat sebuah taman dirumah.

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email