8 Tips Untuk Menjaga Keamanan Rumah Ketika Ditinggal Pergi Berlibur

Posting Komentar

 8 Tips Untuk Menjaga Keamanan Rumah Ketika Ditinggal Pergi Berlibur

Griyahome.com - Dalam satu tahun, setidaknya setiap orang di Indonesia akan mengalami dua kali musim liburan, bahkan bisa lebih jika ditambahkan dengan cuti dan liburan sekolah. Keadaan seperti ini banyak dimanfaatkan para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan pencurian spesialis rumah kosong. Apa yang sebaiknya anda lakukan saat akan pergi berlibur? Simak artikel ini untuk menemukan tips menarik yang bisa mencegah para pelaku tindak kejahatan.

Selama musim liburan, terapkanlah saran-saran berikut ini untuk melindungi rumah Anda serta membuatnya tampak sibuk sehingga mencegah terjadinya pencurian dan perampokan.

1.          Alat Keamanan Rumah Dari Maling

Pasangilah kunci pintu serta jendela yang berkualitas, memang benar bahwa hanya dengan memasang kunci peluang terjadinya pencurian tetap ada tapi setidaknya dengan kunci pengaman yang lebih berkualitas, akan mempersulit pelaku pencurian untuk menerobos kedalam tempat tinggal Anda.

2.          Sensor Keamanan Rumah

Lengkapilah hunian Anda dengan detektor gerak serta kamera keamanan di eksterior rumah Anda. Gunakan timer otomatis pada lampu dalam rumah dan terapkan timer untuk lampu ini seminggu sebelum Anda pergi, sehingga Anda masih memiliki waktu untuk menyesuaikan jika dirasakan kurang cocok. Begitu pula untuk peralatan elektronik seperti televisi dan radio, pasangi timer yang sesuai.

3.           Keamanan Rumah Dari Maling

Jangan meninggalkan barang berharga di tempat yang mudah diamati dari luar. Peralatan seperti kamera video, tv stereo, koleksi senjata, dan lainnya sebisa mungkin disimpan di gudang atau lemari. Lengkapi lemari penyimpanan atau brankas dengan kunci gembok tentunya juga akan membuat lemari penyimpanan lebih aman. Tambahkan lapisan kain putih (sheers) pada gorden sehingga saat pagi hari cahaya tetap dapat masuk ke dalam interior hunian dan ketika malam hari akan membantu menyamarkan kondisi di dalam ruangan sehingga menyulitkan orang dari luar untuk melihat ke dalam isi tempat tinggal Anda.

4.          Menyalakan Lampu Rumah

Rumah yang semua lampunya dimatikan akan menjadi indikator yang sangat jelas bagi orang yang melintas bahwa rumah tersebut sedang dalam keadaan kosong.  Rumah dalam keadaan seperti ini akan menjadi sasaran empuk para pencuri spesialis rumah kosong. Biarkan pintu kamar mandi terbuka dan sengaja lampu kamar mandi dibiarkan menyala sehingga menimbulkan kesan adanya orang. Tutup dan kunci pintu garasi Anda dengan kunci pengaman tambahan. Ingat bahwa garasi yang tidak terkunci memberikan kesempatan bagi pencuri untuk masuk melalui garasi.

Menyalakan Lampu Rumah

Tutup garasi Anda untuk mencegah orang luar melihat bagian dalam garasi Anda dan melihat ada tidaknya mobil Anda. Periksa polis asuransi rumah Anda, berikan perlindungan terhadap aksi perampokan terhadap properti Anda. Serta jangan sebarkan rencana liburan Anda kepada orang-orang yang bukan sahabat atau keluarga Anda.

5.          Mencabut Aliran Gas dan Listrik Yang Tidak Perlu

Rumah yang akan ditinggal berlibur tentunya tidak akan menggunakan alat-alat listrik seperti kulkas, televisi, rice cooker, microwave, dll. Agar anda merasa lebih nyaman dan tenang saat pergi sebaiknya alat-alat listrik tersebut untuk sementara waktu dimatikan saja. Sisakan lampu penerangan rumah untuk dinyalakan sebagai kamuflase bahwa rumah berpenghuni.

6.          Menyalakan Alarm dan CCTV

Saat ini teknologi telah berkembang pesat. Sistem keamanan rumah semakin canggih anda bisa mengawasi rumah anda dari layar hp meskipun jaraknya sangat jauh dengan menggunakan CCTV yang terkoneksi dengan jaringan internet.  Jika anda telah menggunakan alarm dan CCTV sebagai alat keamanan rumah anda jangan lupa untuk mengaktifkannya saat akan berlibur.

Menyalakan Alarm dan CCTV

7.          Tinggalkan Cara Lama Menyembunyikan Kunci di Tempat “Rahasia”

Rahasia? Bagaimana mau dikatakan rahasia kalau cara ini sudah menjadi rahasia umum yang diketahui orang. Meninggalkan kunci dibawah pot, didalam sepatu, dibawah keset,  diatas pintu masuk, dan sebagainya pada bagian teras rumah bukan lagi rahasia anda. Tinggalkan cara kuno tersebut sebelum menyesal! Saat rumah dalam keadaan kosong melompong pencuri akan sangat leluasa membongkar bagian-bagian “rahasia” di teras rumah anda, apalagi jika pelakunya lebih dari satu orang tentu kegiatan mencari kunci rumah anda lebih cepat dilakukan.

kunci rahasia

8.  Titipkan Nomor Anda Yang Aktif dan Bisa Dihubungi   Sewaktu-waktu

Jika anda akan pergi berlibur dan ternyata pembantu anda masih ada cobalah untuk memberi arahan kepada pembantu Anda serta meminta bantuan tetangga dekat Anda, bisa juga dengan memberikan nomor-nomor darurat kepada tetangga tersebut jikalau terjadi hal-hal yang tidak diduga begitupun jika anda tidak memiliki pembantu lakukan hal yang sama untuk menitip nomor yang bisa dihubungi. Jika anda merasa sangat yakin terhadap tetangga anda tidak ada salahnya menitipkan kunci serep rumah untuk berjaga-jaga.

Semoga Tips untuk menjaga keamanan rumah ketika ditinggal pergi berlibur dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia Griyahome.com. Selamat Berlibur!

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email