8 Cara Membuat Rumah Sejuk Alami Tanpa AC

Posting Komentar

 Cara Membuat Rumah Sejuk Alami Tanpa AC

Griyahome.com – Memiliki rumah yang sejuk tentu saja menjadi idaman setiap orang. Semua itu bisa dengan mudah terwujud apabila anda memasang AC (Air Conditioner) dirumah anda bukan? Tapi akankah lebih sehat dan hemat daya apabila anda bisa menjadikan rumah hunian anda menjadi sejuk tanpa AC. Apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat rumah sejuk alami tanpa AC? Simak artikel ini untuk menemukan tips-tips menarik.

Indonesia merupakan negara tropis jadi pada saat musim kemarau tiba kita akan mulai merasakan hawa panas yang cukup menyengat yang akan membuat kita merasa gerah, suhu pada musim kemarau bahkan bisa mencapai sekitar 350C bahkan lebih, yang membuat kita kadang seperti terpanggang. Suhu panas yang menyengat ini tentunya akan sangat terasa pada rumah dengan ukuran sederhana, terlebih lagi jika atap penutup rumah terbuat dari seng. Lengkaplah sudah penderitaan menahan  panas.

Sering terpapar panas berlebihan dapat menyebabkan anda terkena beberapa masalah kesehatan seperti panas dalam, mimisan, dan dehidrasi. Pertanyaannya, apa kita harus pasrah dengan keadaan seperti itu? Ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat rumah menjadi sejuk dan nyaman untuk ditempati.

Beberapa cara membuat rumah sejuk alami tanpa AC antara lain :

1. Buatlah atap yang tinggi pada rumah anda.

Dengan semakin populernya rumah tumbuh, menjadikan atap anda menjadi tinggi tentu tidaklah hal yang sulit, asal anda memiliki dananya. Membuat atap rumah yang tinggi akan membuat sirkulasi dalam rumah menjadi lebih adem dan jarak antara seng dengan lantai cukup jauh sehingga hawa panas yang merambat turun dari seng dapat berkurang.

Buatlah atap yang tinggi pada rumah anda.

2. Buatlah banyak ventilasi diruangan anda.

Ventilasi adalah lubang tempat keluar masuknya udara sehingga menjadi elemen yang vital yang harus ada dan pada posisi yang tepat disetiap ruangan anda. Lubang pada ventilasi juga menjadi tempat masuknya angin pada saat berhembus kencang yang tentunya bisa membuat rumah terasa lebih sejuk.

ventilasi ruangan

3. Pasang kipas angin di atap ruangan tengah anda.

Ruangan tengah tentunya akan mengambil porsi yang lumayan besar didalam rumah anda, sehingga kita harus bisa maksimal dalam sirkulasi udara diruangan tersebut. Pasanglah sebuah kipas besar berada diatap anda sehingga dapat dinyalakan kapan saja ketika suhu udara ruangan mulai terasa panas.

4. Pasang turbine ventilator di kamar tidur ataupun di kamar mandi anda.

Biasanya kamar mandi dan kamar tidur adalah ruangan yang jarang mendapatkan akses langsung dari luar rumah anda, sehingga udara yang masuk pun seringkali terhambat oleh tembok rumah anda. Solusi paling jitu untuk mengakalinya adalah dengan menyedot udara panas dari dalam ruangan anda keluar. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan turbine ventilator. Turbin ventilator tersedia dalam berbagai harga dan ukuran, untuk solusi murahnya anda bisa mencari barang bekasnya ditoko loak dengan harga lebih murah dibandingkan harga barang baru ditoko yang dapat mencapai 600.000 - 900.000 ribu. Harga yang murah bisa anda dapatkan tergantung dari kemampuan anda menawar suatu barang.

turbine ventilator

5. Tanamlah pepohonan yang rindang didepan rumah anda.

Tanaman dan pepohonan akan membuat rumah anda sejuk dan terasa teduh dimata anda. Tanamlah pohon yang rimbun misalnya mangga, pohon srikaya dll sehingga meneduhi rumah anda dari sengatan sinar matahari langsung dan menghasilkan oksigen sehingga rumah akan terasa lebih sejuk. Perhatikan juga perawatannya agar tanaman anda tetap terjaga dan tidak mati kekeringan.

pohon depan rumah

6.  Gunakan Plafon Pada Rumah Anda

Ada banyak jenis bahan plafon yang bisa anda gunakan seperti tripleks, kalsiboard, dan berbagai jenis bahan lainnya. Plafon akan berfungsi untuk menahan hawa panas yang berasal dari atap agar tidak turun kedalam ruangan yang berada di dalam rumah. Anda bahkan bisa menambahkan beberapa insulator penahan panas tepat dibawah seng seperti alumunium foil, bulbble foil, glasswool, dan bahan-bahan yang tersedia dikota anda. Pemasangannya cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga dalam penerapannya.

Plafon Rumah Anda

7. Kurangi / Matikan Lampu

Pada saat cuaca cerah dan sinar matahari bisa menerangi rumah anda melalui jendela dan skylight sebaiknya anda mematikan lampu yang tidak diperlukan. Hampir seluruh jenis lampu mengeluarkan hawa panas walaupun panas yang dihasilkan berbeda-beda dan hal itu tentu saja juga mempengaruhi suhu dalam ruangan terlebih jika dalam suatu ruangan anda menempatkan lampu dalam jumlah cukup banyak.

8. Tutup Gorden Jendela Rumah Anda

Sinar matahari yang berlebihan yang masuk melalui jendela tentunya akan membuat suhu dalam suatu ruangan akan ikut meningkat jadi alangkah baiknya jika pada jendela rumah anda yang menggunakan gorden sebaiknya ditutup saja untuk menghalangi sinar matahari yang berlebihan. Meskipun anda menutupnya ruangan anda masih bisa terlihat  tanpa harus menyalakan lampu.

Gorden Jendela Rumah

Semoga artikel “8 Cara Membuat Rumah Sejuk Alami Tanpa AC” dapat bermanfaat buat anda para pembaca setia griyahome.com yang ingin menjadikan rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman demi keluarga anda tercinta.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email