7 Kesalahan Dalam Instalasi Listrik Rumah Anda

Posting Komentar

 Instalasi Listrik Rumah

Griyahome.com - Ada 7 kesalahan umum yang biasanya ditemukan ketika melakukan instalasi listrik rumah. Meskipun hanya berupa kesalahan kecil tapi ternyata bisa berakibat fatal. Korsleting listrik dan kebakaran adalah beberapa contoh kecelakaan di dalam rumah akibat kelalaian ketika proses pemasangan listrik. Tentunya anda pasti tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Listrik merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah tanpa adanya listrik berbagai alat elektronik seperti lampu, kulkas, AC, televisi, komputer, dll tidak bisa menyala. Agar listrik dirumah anda bisa menyala tentu diperlukan instalasi listrik yang baik. Apabila anda memiliki kemampuan untuk memasang sendiri instalasi listrik dirumah tentunya itu akan menghemat biaya namun jika anda kurang paham bagaimana memasang instalasi listrik yang baik sebaiknya serahkan saja kepada ahlinya.  Namun dalam memasang instalasi listrik rumah tangga terkadang ada beberapa kesalahan yang dilakukan. Nah berikut setidaknya ada 7 kesalahan umum saat instalasi listrik rumah dikerjakan :

1.  Sakelar dan MCB (Mini Circuit Breaker) tidak memenuhi SNI

Sebanyak 99% kebakaran akibat  listrik terjadi karena peralatan listrik yang tidak sesuai standar dan arus yang melebihi batas. Peralatan listrik yang utama adalah kabel dan MCB.

Gambar Instalasi Listrik Rumah

Gambar Instalasi Listrik Rumah

2.  Memasang kabel palsu dan kabel audio

Pada kabel palsu, rating yang tertera tidak sesuai dengan kemampuan hantar arusnya. Misal tetera 2,5 mm tetapi di dalamnya hanya 1,5mm. Pastikan kabel yang digunakan adalah kabel untuk listrik bukan untuk audio. disarankan menggunakan kabel tunggal bukan serabut.

3.  Pemakaian Daya melebihi Kapasitas MCB

Gunakanlah pemakaian listrik sesuai daya yang terpasang. misalnya untuk daya listrik 300 VA maka semua daya peralatan listrik maksimal 1.300 VA atau kurang. Tidak boleh mengganti MCB diatas batas daya langganan anda. misalnya kita memiliki daya langganan 1.300VA (6A), MCBnya diganti dengan kapasitas 2.200VA (10A)

4.  Cara menyambung kabel yang tidak tepat

Diantara kita mungkin pernah membetulkan kabel yang terputus, beberapa kesalahan yang umum dilakukan adalah letak sambungan antara 2 (dua) buah kabel negatif dan positif yang berdekatan, kurang kuatnya sambungan dan tidak terpasangnya islolasi khusus listrik. Kesalahan ini dapat menyebabkan korsleting, tersengat listrik hingga kebakaran. Sebaiknya penyambungan alat-alat listrik.serta perbaikannya dilakukan oleh tenaga ahli kelistrikan yang sudah mempunyai sertifikat keahlian resmi.

Cara menyambung kabel

5.  Ukuran kabel listrik rumah sesuai standar

Hindari penggunaan kabel non SNI. Gunakan kabel SNI dan sesuaikan  dengan kapasitas beban, misal kabel ukuran 1,5 mm max 4A/900W, kabel ukuran 2,5 mm max 10A/2.200W, 4 mm max 16A/3.500W dst.. Setiap kabel memiliki arti yang berbeda beda misalnya terdapat tulisan 2 x 1,5 mm max 500W artinya adalah kabel tersebut dapat dipakai untuk pemakaian maksimal 500W. Sebaiknya dalam memasang instalasi listrik rumah yang baik ummnya mengikuti ukuran kabel listrik rumah standar PLN.

Ukuran kabel listrik rumah

6.           Tidak membagi instalasi listrik secara group

Saat memasang instalasi listrik rumah terkadang kita tidak membaginya secara group melainkan menggabungkan dalam satu rangkaian listrik sehingga saat terjadi kerusakan maka seisi rumah juga ikut padam. Pembagian group juga akan memudahkan kita dalam mengontrol dan mendeteksi jika terjadinya kerusakan pada instalasi rumah. Salah satu contoh yang paling sering dilakukan adalah pembagian antara jaringan listrik AC rumah sehingga pada saat terjadi kerusakan pada AC seluruh listrik dalam rumah juga ikut padam, maka sebaiknya saat membeli AC gunakan MCB tersendiri khusus untuk AC.

7.          Diagram listrik rumah

Saat membangun kita umumnya tidak membuat suatu diagram atau peta dimana saja letak sambungan listrik. Padahal umunya instalasi tersebut tertutup oleh plafon atau dibenamkan kedalam dinding tembok sehingga pada saat akan merubah instalasi atau menambahkan jaringan instalasi baru kita harus menerka nerka posisi kabel dan terkadang bahkan harus membongkar plafon untuk memastikan posisi instalasi kabel. 

Semoga artikel 7 Kesalahan Dalam Instalasi Listrik Rumah Anda dapat membantu anda dalam mengelola jaringan listrik dirumah secara tepat sehingga menghindari bahaya yang dapat terjadi dikemudian hari.

 

Related Posts

Posting Komentar