6 Tips Membuat Taman Vertikal Garden Minimalis

Posting Komentar

 Taman Vertikal Garden Minimalis

6 Tips Membuat Taman Vertikal Garden Minimalis  - Lahan perkotaan yang makin sempit dari hari ke hari membuat kita harus memutar otak jika ingin membuat suatu taman dengan lahan yang terbatas. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat vertical garden. Apa kelebihan dari vertical garden dan bagaimana penerapannya dirumah? Simak terus artikel ini untuk menemukan ide-ide menarik dalam pembuatan vertical garden.

Pengertian Taman Vertical

Apa yang dimaksud dengan vertical garden atau taman vertikal? Mungkin selama ini anda menanam secara konvensional dengan langsung menanam tanaman ditanah atau pot hal ini tidak jauh berbeda dengan membuat vertical garden perbedaan terbesar terletak pada penyusunan tanaman yang disusun secara vertical atau keatas sebagai salah satu cara mendayagunakan lahan yang terbatas.

Jika kita melihat secara seksama, keberadaan sebuah taman vertikal sederhana minimalis memiliki keunikan tersendiri. Keunikan ini terlihat dari penataan yang sedemikian rupa, sehingga menghasilkan warna-warni yang sangat jarang sekali dilihat oleh mata pada sebuah taman. Disamping masalah keunikan, membuat sebuah taman vertikal ini juga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya kok.

Desain taman vertikal sederhana ini akan sangat banyak kita temui di daerah perkotaan yang mana kebanyakan masyarakatnya tidak memiliki lahan yang luas untuk mendirikan taman rumah dengan ukuran yang besar. Sehingga taman vertikal ini menjadi salah satu solusi nyata dari keterbatasan lahan tersebut.

Vertical Garden Rumah

Memiliki sebuah rumah dengan konsep hijau dan sejuk adalah impian dari banyak orang yang berada hidup di dunia ini. Tentunya dengan keadaan rumah yang sejuk, maka ketika kita mendiami rumah tersebut, maka rasa nyaman  akan selalu tercipta dari hari ke hari. Bukan hanya itu saja, dengan keberadaan sebuah taman di area pekarangan rumah, maka bisa kami pastikan, keindahan rumah minimalis tampak depan akan selalu terjaga.

Tentunya untuk menciptakan keadaan seperti yang kami terangkan diatas, maka anda harus menyiapkan budget, sehingga kedepannya anda bisa mendesain sebuah taman vertikal sederhana dengan beberapa bunga yang cantik di beberapa sudut atau tanaman sayur. Untuk mendapatkan keindahan yang lebih, maka kami rasa anda juga harus menyiapkan beberapa aksesoris pendukung taman vertikal tersebut. 

Disamping berfungsi sebagai pemercantik sebuah bagian sudut rumah, keberadaan taman vertikal depan rumah minimalis juga bisa berfungsi sebagai peredam kebisingan, menahan panasnya matahari disaat siang serta menahan berat air hujan yang turun dari langit. Dari beberapa manfaat diatas menjadi penyebab mengapa taman dengan konsep vertikal menjadi salah satu favorit kalangan penduduk kota besar. Selain masalah keindahan, taman ini juga tidak memerlukan kerumitan dalam perawatannya. Cukup dengan menyiram setiap hari, maka taman ini bisa tumbuh dengan subur dan ketika terdapat bunga yang mekar, maka keindahan akan tetap bisa anda nikmati sepanjang hari.

Gambar Taman Vertical Garden
Gambar Taman Vertical Garden

Pada artikel kali ini, kami juga menyertakan beberapa gambar yang kami rasa bisa anda jadikan sebuah referensi dalam mendirikan taman minimalis baik di belakang, samping maupun depan rumah. Dengan adanya gambar taman vertikal sederhana ini kami berharap anda mendapatkan gambaran yang nyata bagaimana menentukan sebuah desain atau konsep taman secara maksimal. Baik masalah penempatan bunga, peletakan pot serta dekorasi yang ada.

Pembuatan Vertikal Garden

Nah bagaimana, tertarik bukan dengan taman vertikal tersebut? Sebelum anda memulai membuat, maka kami rasa anda harus mempersiapkan beberapa hal yang ada dibawah ini dalam membangun taman vertical garden.

1. Vertikal Garden Paralon

Tentu anda semuanya sudah tau apa fungsi dari pot bukan? Yups sangat benar sekali, pot kita gunakan sebagai barang yang akan kita letakkan bunga dan tanah didalamnya. Untuk pot, anda tidak perlu membeli yang mahal kok. Cukup dengan pot berukuran kecil dan murah saja, anda bisa menciptakan kreasi sebuah taman yang sangat indah. atau jika anda kreatif, maka anda bisa menggunakan barang bekas seperti botol minuman atau juga paralon pipa berukuran sedang.

Vertikal Garden Paralon

2. Rak untuk Peletakan Pot Bunga

Untuk bahan rak, anda bisa menggunakan logam, sehingga keawetan serta kekuatan akan selalu terjaga dari waktu ke waktu. Namun juga tidak memungkinkan bila anda lebih menyukai nuansa yang alami. Kami rasa rak dari bambu atau kayu akan lebih menjadi pilihan utama untuk dekorasi sebuah taman vertikal sederhana dalam rumah.

Langkah selanjutnya, untuk penempatan masalah rak, maka hal yang harus anda perhatikan adalah, beri jarak antara rak taman vertikal dengan dinding kurang lebih 10 cm saja. Pada proses penanaman sebuah bunga atau tanaman lain, maka alangkah baiknya jika anda tidak langsung menanam secara vertikal.

Anda bisa memulai dengan menanam horizontal terlebih dahulu pada area papan yang telah anda sediakan. Kemudian setelah umur tanaman kira-kira 3 bulan, maka anda bisa memiringkan kurang lebih 45 derajat, sehingga tanaman tersebut dapat menjuntai dengan indahnya. Untuk tahapan yang terakhir kalinya, anda bisa menempatkan tanaman tersebut pada rak yang telah anda letakkan di area taman vertikal sederhana.

Rak untuk Peletakan Pot Bunga

3. Papan untuk Penyangga

Untuk papan penyangga, maka alangkah baiknya jika anda menggunakan bahan yang terbuat dari PVC, bila tidak ada maka anda juga bisa menggunakan penyangga dari bahan Fiberglass yang sangat mudah bisa kita temukan di toko bahan bangunan terdekat di kota anda.

Papan untuk Penyangga

4. Media Tanam Untuk Vertikal Garden

Untuk menentukan media tanam pada sebuah taman minimalis depan dan belakang rumah sederhana, maka anda bisa menggunakan media tanam organik maupun anorganik. Sebab dari kedua bahan tersebut memiliki keistimewaan masing-masing. Adapun bahan organik yang bisa anda gunakan antara lain; sabut kelapa, humus, arang, kompos atau bahan-bahan lain sejenisnya.

Adapun bila anda menyukai media tanam dari bahan anorganik, maka anda bisa menggunakan tanah, pasir, pecahan kerikil serta bahan-bahan lain semacamnya. Sehingga dari beberapa bahan diatas kita bisa menciptakan sebuah desain taman vertikal yang menakjubkan dengan beberapa konsep tanaman yang tentunya berbeda-beda pula jenisnya.

5. Tanaman Hias Vertikal Garden

Tanaman hias terdiri atas ribuan jenis dan untuk itu kita perlu memilih beberapa jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden. Pemilihan tanaman untuk vertical garden yang tepat akan membuat tanaman akan tumbuh secara optimal dan sesuai dengan konsep yang ingin dibuat sang pemilik rumah. Beberapa jenis tanaman hias vertical garden yang umum digunakan antara lain : Anggrek, lili paris, tanduk rusa, tilandisa, pakis, begonia, sirih gading dan beberapa tanaman lain yang memiliki akar tidak terlalu besar.

6. Tembok Tanaman Vertikal

Didalam mendesain sebuah taman vertikal, maka ada baiknya juga bila anda memperhatikan kualitas dari dinding bangunan/tembok yang dekat dengan taman tersebut. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dinding akan selalu terkena cipratan air untuk waktu yang cukup lama, dan hampir setiap hari terkena air. Maka untuk kemungkinan menjadi dinding yang berlumut dan lembap sangatlah besar. Untuk itulah pada area dinding bisa anda lapisi dengan cat anti air seperti waterproffing dan bahan lain sejenis yang dapat melindungi dinding.

Artikel tentang cara membuat taman vertikal sederhana ini bisa anda tiru sebagian atau bisa juga anda tiru seluruhnya. Tergantung dari kebutuhan yang anda inginkan saat ini. keutamaan dari taman vertikal ini juga selain mudah dan murah, serta dapat diaplikasikan pada ruangan dan tempat manapun, baik di area terbuka seperti depan dan belakang rumah minimalis sederhana, maupun juga di area samping dan taman di bagian dalam rumah.

Yang lebih penting lagi adalah anda harus dituntut secara kreatif dalam membangun sebuah taman yang hijau dan cantik nantinya. Sehingga baik di dalam dan diluar rumah, dengan keberadaaa taman vertical garden minimalis ini bisa memberikan dampak yang positif bagi anda dan keluarga anda sebagai penghuni dari rumah bertaman vertikal tersebut. Semoga bermanfaat dan artikel ini bisa anda ambil inspirasi yang nyata untuk mempercantik tampilan dari keseluruhan rumah anda.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email