6 Cara Membersihkan Rice Cooker Anda Agar Steril

Posting Komentar

 Cara Membersihkan Rice Cooker

Griyahome.com - Rice cooker atau penanak nasi sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari keseharian masyarakat Indonesia. Dengan alat ini, proses menanak nasi menjadi lebih mudah. Tinggal masukkan beras, tambahkan air, pencet tombol, nasi siap tersaji.

Karena fungsinya sebagai alat pembuat makanan, penanak nasi harus selalu dalam bersih. Namun, sering kali uap yang dihasilkan dari proses menanak nasi membuat rice cooker anda menjadi kotor. sebenarnya jika langsung dibersihkan maka kotoran tersebut akan dengan mudah hilang. Namun apabila anda tidak sempat maka kotoran tersebut menjadi noda yang membandel yang sulit dibersihkan. Jangan khawatir noda yang ada di penanak nasi anda akan hilang berkat bantuan pasta gigi. Rice cooker yang kotor bisa menjadi salah satu sebab mengapa nasi cepat basi dalam rice cooker karena kotoran yang mengendap dicelah-celah rice cooker dapat mengundang bakteri. Untuk itu sebaiknya lakukan pembersihan rice cooker secara berkala.

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan Rice Cooker sebagai berikut :

Alat pembersih penanak nasi

Kain lap bersih

Air bersih

Pasta gigi berwarna putih

Ampelas

Langkah-langkah membersihkan rice cooker anda yaitu :

1.  Ambil lap kering, lembabkan dengan air, celupkan lap dalam air

2.  Oleskan pasta gigi berwarna putih diatas lap tersebut

3.  Lap bagian penanak nasi yang kotor dengan menggunakan lap yang sudah dibubuhi pasta gigi. ulangi jika dirasa perlu. Jangan lupa lap juga bagian penutup rice cooker

4.  Ambil lap bersih yang sudah dibasahi air, lalu bersihkan sisa pasta gigi yang menempel di rice cooker. Kemudian lap kembali dengan lap Kering hingga bersih.

5.  Bersihkan pelat besi bagian dalam dengan lap. Jika ada kerak yang susah diangkat, gunakan ampelas halus untuk membersihkannya. Jangan menggerusnya dengan benda tajam seperti pisau dan garpu.

6.  Bersihkan juga bagian tepi penanak nasi dengan lap yang sudah diberi pasta gigi. Juga bersihkan lubang uap dengan lap basah karena jika kotor akan membuat nasi menjadi bau

Hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan rice cooker

Jangan lupa untuk mencabut stop kontak sebelum anda membersihkan penanak nasi

Bersihkan juga panci penanak nasi dengan sabun khusus pencuci piring. sebelum dicuci, rendam panci dengan air dingin dan air hangat. masing-masing selama 15 menit. Perendaman menggunakan air dingin bertujuan merontokkan sisa nasi yang menempel pada panci penanak nasi sedangkan air hangat mengangkat bakteri-bakteri pada panci penanak nasi usai digunakan.

Semoga 6 Cara Membersihkan Rice Cooker Anda Agar Steril dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome.com.  Rice cooker yang bersih akan membuat anda merasa aman dan nyaman dalam mempergunakan rice cooker.

 

Related Posts

Posting Komentar