5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Posting Komentar

 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur

Griyahome.com - Tidur adalah kondisi istirahat yang paling baik untuk mengembalikan stamina yang terkuras setelah seharian beraktivitas. Jika tidur kita nyenyak maka tubuh yang lelah pun akan kembali segar dan suasana hati lebih baik. Tapi sering kali kita temukan ada banyak orang yang mengalami masalah tidur, sering terbangun tengah malam dan tidak bisa tidur kembali, susah memejamkan mata untuk tidur dan berbagai keluhan lain menyangkut pola tidur. Apakah solusi atau tips yang bisa meningkatkan kualitas tidur? Simak artikel ini dan temukan informasi yang mungkin cocok dengan kondisi anda.

Kualitas tidur yang baik adalah kondisi tidur tidak kurang dari 7 – 8 jam pada waktu malam hari. Oleh sebab itu sebisa mungkin kita harus memenuhi kebutuhan jam tidur tersebut setiap harinya agar badan selalu segar dan prima.

Tak hanya waktu tidur saja yang harus dipenuhi, untuk mendukung kualitas tidur kita maka faktor kenyamanan kamar tidur juga perlu diperhatikan. Berikut ini 5 tips untuk membuat kamar tidur menjadi nyaman.

1.    Pemilihan Warna Cat Yang Pas

Warna pada kamar tidur memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas tidur seseorang. Dilansir dari laman Travelodge.com kamar yang menggunakan cat warna biru ternyata bisa membuat kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik. ini dikarenakan warna biru memiliki sifat yang menenangkan yang bisa menimbulkan rasa rileks pada peghuni kamar tidur.

Selain warna biru, warna lain yang bisa menjadi pilihan di aplikasikan di kamar tidur adalah warna hijau. Warna hijau akan memberikan perasaan santai dan semangat. Warna hijau akan membawa kesegaran sehingga mata menjadi lebih rileks dan tidurpun akan menjadi lebih nyenyak.

Pemilihan Warna Cat Yang Pas

2.    Pemilihan Bantal Yang Sesuai

Elemen utama dari sebuah kamar tidur adalah kasur dan bantal. Pemilihan kedua benda ini sangat penting jika ingin memperbaiki kualitas tidur. Untuk bantal pilihlah bantal dengan isian yang pas. Terdapat berbagai bahan jenis isian seperti bantal isi busa, bulu, kapas, wol, hingga bahan sintetis.

Bantal busa cocok untuk menghindari pegal pada leher dan bantal berisi bulu yang dikenal nyaman karena lebih hangat. Oleh sebab itu, bantal bulu disukai di negara-negara bersuhu dingin seperti Amerika dan Eropa.

Bantal berisi kapas atau wol merupakan bantal yang terbuat dari bahan hyppoalergenic alami yang aman untuk kulit sensitif. Pilihan lainnya adalah bantal isian sintetis yang terbuat dari bahan polyester. Bahan ini biasa dibuat sedemikian rupa sehingga bantal menjadi lembut dan sangat nyaman untuk tidur

Melakukan perawatan pada bantal juga penting. Pastikan kebersihan bantal serta ganti bantal minimal 2 (dua) tahun sekali, karena bantal bisa menjadi sarang debu, tungau, jamur hingga sel-sel kulit mati. 

3.    Setting Lampu Yang Tepat

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa tidur dengan mematikan lampu lebih baik daripada tidur dengan lampu menyala. Hal ini disebabkan selama lampu menyala maka produksi hormon melatonin akan terhambat. Padahal hormon ini sangat penting dalam mengatur siklus tidur seseorang. Jika hormon melatonin terhambat maka sistem tubuh akan terus bekerja. Padahal, tubuh seharusnya mendapatkan jam istirahat paling tidak sepertiga waktu dalam satu hari

Setting Lampu Yang Tepat

4.    Setting Suhu Ruangan yang Pas

Suhu udara menjadi bagian penting lainnya. Jika kamar tidur menggunakan pendingin udara maka suhu terbaik untuk tidur antara 20oC - 21oC. Meski begitu, bukan berarti kamar yang menggunakan pendingin udara lebih baik dibanding kamar yang tidak menggunakan pendingin udara AC.

Sirkulasi udara penting, kamar yang terpasang AC harus mendapatkan pertuakaran udara yang baik dengan membuka jendela saat siang hari.

5.   Memindah Barang elektronik Yang Ada Di Kamar Tidur

Dilansir dari laman Washington Post.com, barang elektronik bisa mempengaruhi kualitas tidur akibat sinar yang dipancarkan layar barang elektronik terutama gadget. Sinar dari layar tersebut memiliki spectrum berwarna-warni, yang berbahaya dan bisa mengganggu tidur anda. Sebaiknya, jauhkan gadget dan alat elektronik lainnya agar tidur lebih nyenyak dan tubuh kembali bugar keesokan harinya.

Semoga 5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Anda dapat bermanfaat buat anda yang mengalami masalah sulit tidur dan menerapkan tips diatas untuk mendapatkan waktu tidur yang pulas dan berkualitas.

 

 

Related Posts

Posting Komentar