5 Aspek Yang Harus Dilakukan Bila Terlanjur Beli Rumah Dekat Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET)

Posting Komentar

 Rumah Dekat Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET)

Griyahome.com – Apakah anda ingin atau sudah membeli rumah yang berada dekat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET)?  Jika anda terlanjur membeli rumah dekat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dan anda khawatir akan risiko kesehatan yang timbul akibat gelombang elektromagnetik yang dihasilkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara-cara ini sebenarnya hanya bersifat mengurangi risiko. Sebab bagaimana pun bila rumah berada sangat dekat atau masuk ke dalam area terlarang, rumah di sekitar SUTET sebaiknya dihindari

Apa Itu Sutet ?

Sutet singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi. Saluran listrik ini dibangun untuk mendistribusikan listrik ke tempat yang berbeda yang memiliki jarak cukup jauh. Saluran ini terdiri dari beberapa menara atau tiang yang mungkin kita lihat dipinggir jalan namun kurang diperhatikan saat melintas dijalan raya. Saluran listrik udara dianggap metode termurah didalam mendistribusikan listrik dalam volume yang cukup besar.

Saluran Listrik Udara

Saluran Listrik Udara

Saluran listrik udara berdasarkan tegangannya dibagi atas beberapa jenis kategori :

1.           Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) - Kategori ini jika listrik yang dialirkan kurang dari 1000 volt dan biasanya digunakan pada kawasan permukiman.

2.           Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) - Kategori ini untuk listrik antara  1kV – 69 kV dan biasanya dialirkan antar kawasan

3.           Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) - Kategori ini untuk listrik antara 70 kV – 150 kV dan umumnya digunakan untuk mendistribusikan listrik antar wilayah.

4.           Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) - Kategori untuk listrik antara 70 kV – 150 kV dan distribusikan untuk listrik jarak jauh.

5.           Saluran Udara Tegangan Ultra Tinggi (SUTUT) - Kategori untuk listrik yang lebih dari 800 kV. SUTUT memiliki keunggulan karena bisa menghantarkan listrik enam kali lebih jauh.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. dr. Anies, M.Kes., PKK, dari Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro pada tahun 2007, ada 5 (lima) aspek yang bisa dibenahi dan dilakukan untuk menekan risiko gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) berupa sakit kepala, pening dan kelelahan.

 

1. Plafon dan atap Rumah

Anda harus memastikan rumah memiliki plafon untuk mengurangi dampak radiasi elektromagnetik dari Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET). Sedangkan untuk material atap, jangan menggunakan bahan logam karena bahan ini termasuk konduktor listrik / penghantar listrik. Sebaiknya gunakan genting keramik, asbes, atau sirap yang non logam. Meletakkan antena dan talang yang terbuat dari logam atau seng juga sebaiknya tidak dilakukan

2. Hindari Menggunakan Bahan Logam

Jika ada bahan logam pada jemuran sebaiknya diganti dengan material lain yang lebih aman. Pilih bahan dari tali dan kayu yang tidak bisa menghantarkan listrik. Jika terpaksa tetap menggunakan jemuran berbahan logam, letakkan bahan logam dibawah pohon untuk mengurangi risiko radiasi.

3. Gunakan Sistem Grounding Tanah

Jika penggunaan atap berbahan logam dan penggunaan antena di atap tidak terhindarkan, maka perlu dibuat sistem ground tanah. Secara simpelnya, sistem ground tanah dibuat dengan menambahkan kabel masuk ke dalam tanah. Hal ini bertujuan untuk menetralkan kembali gelombang dari SUTET yang bisa dihantarkan benda logam dengan media tanah.

4. Penghijauan Rumah

Lakukan penanaman tanaman hijau terutama yang berupa pohon di sekitar rumah dekat SUTET. Tanaman ini akan membantu mengurangi risiko radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET).

5. Hindari melakukan aktivitas di malam hari

Sebisa mungkin hindari keluar rumah pada malam hari karena saat malam aliran listrik yang mengalir pada kawat Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) mengalir lebih tinggi dibandingkan pada saat siang hari.

Meskipun menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pengaruh medan listrik 20 kV – 100 kV hanya memiliki sedikit efek pada uji klinis yang dilakukan tapi sebaiknya jika ada alternatif lain sebaiknya kita menghindari membeli rumah dibawah SUTET.

Semoga artikel 5 Aspek Yang Harus Dilakukan Bila Terlanjur Beli Rumah Dekat Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome.com.

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email