Tips Memilih Tanaman Untuk Taman Agar Tidak Menyesal

Posting Komentar

 Tips Memilih Tanaman Untuk Taman Agar Tidak Menyesal

Tips Memilih Tanaman Untuk Taman? Apakah perlu?  Sepintas nampak sepele namun ternyata memilih pohon atau tanaman untuk taman ternyata perlu mempertimbangkan banyak hal. Bukan cuma kesesuaian taman dengan bentuk dan jenis tanaman tetapi kita juga perlu mengetahui apakah tanaman itu beracun atau tidak. Salah memilih jenis tanaman bukan hanya menguras kantung anda tetapi taman yang anda harapkan nantinya tidak sesuai ekspektasi anda. Simak artikel ini agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

Taman bukan semata luas tanah yang harus berukuran besar atau hanya berupa sepetak lahan kecil yang strategis. Namun pemilihan jenis tanaman dan cara kita mendesain akan membuat hasil yang berbeda meskipun dengan luas lahan yang sama. Setidaknya dari berbagai alasan ada 3 hal pokok yang wajib anda pertimbangkan dalam memilih jenis tanaman:

Besar dan Tinggi Tanaman

Sebelum membeli sebuah bibit tanaman terutama tanaman berbuah, kita perlu mengetahui terlebih dahulu sampai seberapa besar dan tinggi bibit pohon tersebut akan tumbuh. Jangan sampai bibit tanaman yang hanya setengah meter saat dibeli tiba-tiba tanpa terasa oleh waktu tumbuh menjadi pohon besar yang melebihi tempat yang ada bahkan akar-akarnya mulai merusak pondasi bangunan rumah. Anda pasti akan kerepotan bahkan hanya untuk memangkas batangnya yang sebesar betis anda harus berjuang mengeluarkan energi yang cukup besar dan melelahkan.

Besar dan Tinggi Tanaman

Bentuk Tanaman dan Daun

Bentuk  tanaman dan jenis tanaman amat berpengaruh terhadap desain taman yang akan diterapkan. Misalnya kita akan menerapkan taman tropis gaya Bali maka kita akan cenderung menggunakan kamboja dan tanaman rimbun untuk menciptakan keserasian. Begitupun jika kita akan membangun taman kering maka tanaman yang digunakan umumnya tanaman sukulen yang mampu beradapatsi dan memiliki daya tahan terhadap cuaca panas seperti kaktus, agave, sansevieria, dll.

Bentuk Tanaman dan Daun

Bentuk pohon/ tanaman yang berbentuk bulat akan dapat mengimbangi elemen-elemen vertikal lain pada desain taman sedangkan tanaman/pohon yang bentuknya langsing dan tinggi dapat digunakan sebagai center point atau titik pandang sementara pohon dengan daun yang rimbun dapat berfungsi sebagai pelindung tanaman lain yang tidak menyukai sinar matahari langsung seperti pada keluarga Araceae (aglaonema, philodendron, anthurium, dll).

Kekurangan Dan Keamanan

Meskipun tanaman yang memiliki fungsi beragam yang positif ternyata tanaman juga mengandung resiko yang cukup mengkhawatirkan. Kita sebaiknya mengenal berbagai jenis tanaman/pohon yang berbahaya. Misalnya beberapa pohon dikenal memiliki akar yang dapat menjalar kemana-mana dan dapat bersifat merusak. Akarnya yang besar dapat merusak kolam ikan ditaman anda, pagar yang semula berdiri kokoh tiba-tiba mulai bergeser dari posisi semula akibat terdesak akar pohon dari dalam tanah. Pondasi dan keramik teras yang terdekat dengan posisi tanaman mulai retak dan terangkat akibat akar yang mulai membengkak dan mulai menonjolkan akarnya dari sela-sela lantai. Bahkan bukan cuma itu cabang maupun akar sebuah pohon juga bisa memasuki area tetangga dan bisa bersifat destruktif (merusak). Anda tidak pengen kan ribut sama tetangga cuma gara-gara akar pohon?

akar pohon

Anda sebaiknya tidak terkecoh dengan berbagai bentuk dan warna tanaman yang memikat dan colorfull. Berbagai jenis tanaman ternyata menyimpan racun berbahaya dibalik kecantikannya. Racun tersebut bukan hanya berbahaya bagi satwa dirumah tetapi juga mengancam keselamatan seisi rumah terutama bagi “sikecil” yang belum terlalu mengerti tentang bahaya. Beberapa racun tanaman sifatnya bermacam-macam, ada yang hanya membuat iritasi jika terkena getahnya, ada yang bisa membuat rasa terbakar jika tertelan dan yang paling berbahaya bisa mengakibatkan kematian jika tidak segera mendapat pertolongan. Salah satu contoh adalah Digitalis purpurea yang sangat berbahaya.

Digitalis purpurea yang sangat berbahaya.

Tips Memadukan Tanaman Agar serasi dan Bermanfaat

Selain digunakan sebagai tips dalam memilih jenis tanaman ketiga alasan diatas juga jadi bahan pertimbangan ketika kita akan memadupadankan tanaman. Dalam perpaduan tanaman kita harus memperhatikan agar tanaman tersebut saling menguntungkan. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa saling melengkapi dan membuat ekosistem yang baik dalam sebuah taman :

Ada berbagai tanaman yang ternyata memiliki akar, batang dan daun yang bisa mengeluarkan aroma khas yang mampu mengusir serangga yang mendekati tanaman dan biasanya digunakan sebagai repellant/pengusir serangga. Seperti mint, selasih, lavender, zodia, dan beberapa tanaman atsiri lainnya.

Beberapa jenis tanaman lain justru mengundang para penyerbukan alam seperti lebah untuk membantu penyerbukan secara alami umumnya tanaman berbunga dengan warna bunga yang colorfull.

Jenis tanaman tertentu memiliki akar yang kuat dan dapat menembus lapisan tanah yang keras sehingga tanaman yang berada didekatnya bisa memanfaatkan nutrisi tanah untuk menyuburkan diri. Tanaman ini umumnya merupakan tanaman buah yang memiliki perakaran kuat.     

Perpaduan yang serasi dapat membuat tanaman tumbuh dan berkembang semakin baik tetapi beberapa tanaman juga memiliki dampak negatif jika dipadupadankan seperti buncis-bawang merah, brokoli-strawberry, tomat-strawberry karena akan menyebabkan tanaman yang tumbuh didekatnya akan menjadi layu atau sulit tumbuh.

Semoga artikel tips memilih tanaman diatas memberikan anda pengetahuan mengenai berbagai hal tentang tanaman yang tepat sehingga kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang membuat penyesalan dikemudian hari.

 

Related Posts

Posting Komentar