Tips Membuat Struktur Bangunan Yang Tahan Gempa

Posting Komentar

 Tips Membuat Struktur Bangunan Yang Tahan Gempa

Tips membuat struktur bangunan yang tahan gempa yang akan diberikan Griyahome.com ini bertujuan agar anda yang bertempat tinggal di daerah yang rawan gempa bumi dapat membuat bangunan yang dapat meminimalisir kerusakan saat gempa bumi terjadi. Kita tidak tahu kapan bumi ini bergejolak. Kadang dengan tiba-tiba bumi ini menunjukkan kekuatannya dengan adanya bencana seperti gempa bumi. Kita tidak akan bisa mencegah fenomena alam ini, tapi mari kita lihat apakah ada cara untuk meminimalkan kerusakan rumah ketika terjadi gempa bumi.

Bangunan Tahan Gempa Bumi

Hampir 2.600 gempa bumi terjadi setiap hari di seluruh dunia dan sebagian besar dari gempa yang terjadi, tidak kita rasakan karena terjadi di belahan bumi yang lain. Struktur bangunan yang lemah membuat kerusakan yang signifikan saat gempa bumi terjadi. Hal ini seharusnya tidak terjadi jika membuat bangunan dengan struktur yang kuat dan pastinya dapat meminimalisir kerusakan saat gempa bumi terjadi.

Bangunan Tahan Gempa Bumi

Tips membuat struktur bangunan yang tahan gempa ini mungkin sangat berguna bagi anda. Silahkan menyimak semua tips dibawah:

Pertama-tama, anda harus tahu rencana arsitektur bangunan yang akan anda bangun. Ketika anda membangun rumah di daerah gempa, bangunan harus bisa menyesuaikan dengan keadaan alam sekitar.

Fondasi rumah harus dibikin rata dengan tanah.

Perlu diingat bahwa bentuk bangunan yang standar jauh lebih stabil daripada bentuk bangunan yang tidak biasa.

Bahan yang digunakan harus beton dan serat kaca karena bahan-bahan ini adalah bahan yang terbaik di bidang konstruksi.

Bangunan keseluruhan harus stabil. Ini berarti bahwa pusat gravitasi harus berada di titik lokasi yang sama persis dengan bangunan anda. Untuk membuat seperti itu, anda dapat berkonsultasi dengan arsitek profesional.

Kantilever seharusnya tidak lebih dari 3-4 meter panjangnya atau harus dihindari sama sekali.

Kolom yang sangat berbahaya dan mudah runtuh dapat menyebabkan banyak kerugian sehingga jarak antara mereka harus sekecil mungkin.

Hindari kebakaran yang terjadi saat gempa karena instalasi elektrifikasi yang buruk dengan memasang saklar yang dapat memutus rangkaian utama.

Hati-hati menggunakan tangki air yang ditempatkan di atas bangunan karena tangki itu mempengaruhi stabilitas bangunan. Sangat disarankan agar anda menggunakan tangki air yang ditempatkan di lokasi berbeda dengan bangunan agar tidak mempengaruhi gravitasi bangunan.

Semoga “Tips Membuat Struktur Bangunan Yang Tahan Gempa” diatas dapat bermanfaat buat anda semua. Gempa memang peristiwa alam yang tidak bisa diduga kapan datangnya tapi dengan mengantisipasi berbagai hal kita bisa meminimalisir resiko.

 

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email