Tanaman Bunga Adenium Untuk Taman Rumah Anda

Posting Komentar

 Tanaman Bunga Adenium Untuk Taman Rumah Anda

Tanaman Bunga adenium untuk taman rumah anda. Berwarna cerah dan cantik, itulah kesan sekilas yang akan kita dapatkan ketika melihat bunga adenium yand ditanam di pot. Bunga yang mirip dengan kamboja ini menjadi primadona di kalangan pencinta bunga hias belakangan ini, karena bentuknya yang unik dan mudah dirawat. Bunga adenium juga sangat cocok ditanam didaerah yang memiliki iklim panas seperti umumnya kota-kota besar di Indonesia. Tanaman adenium juga bisa menghiasi taman rumah anda dengan berbagai jenis warna bunga yang menarik. Anda tertarik menanamnya ?

Adenium, Si Kamboja Jepang

Selain adenium, bunga ini juga dikenal dengan nama Kamboja Jepang di Indonesia menilik dari bentuknya yang sangat menyerupai bunga yang kerap ditanam di kuburan. Kamboja yang sering berada di kuburan memiliki nama latin plumeria.

Sebenarnya, pemberian nama ini cenderung menyesatkan. Kenapa?

Ya, ketika nama daerah diikutsertakan di belakang nama sebuah benda, sebagian besar orang akan mengira daerah tersebut sebagai asal dari si benda, padahal tidak selalu demikian. Pada kenyataannya, bunga adenium bukanlah berasal dari Jepang, habitat aslinya justru berasal dari benua hitam, Afrika dan Arab.

Sedangkan nama adenium sendiri ditengarai berasal dari salah satu daerah yang menjadi habitat asli bunga yang berwarna gradasi merah jambu ini, yaitu ibukota Yaman, Aden.

Terkait dengan pemberian nama Jepang, kemungkinan yang paling masuk akal adalah dari asosiasi yang sudah umum terbentuk di kalangan masyarakat, terutama Indonesia. Jepang kerap dihubungkan dengan sesuatu yang berukuran kecil; sebagaimana orang menyebut rumput Jepang. Tanaman adenium, meskipun mirip dengan kamboja, tetapi pohonnya jauh lebih kecil. Ini dia alasan di balik nama Kamboja Jepang-nya Adenium.

Adenium, Bukan Sekedar Tanaman Hias

Adenium memang lebih dikenal sebagai tanaman hias, sebagaimana layaknya tanaman bunga jenis lainnya. Akan tetapi, di balik keindahan mahkota bunganya, bunga yang disebut sebagai Desert Rose di daerah asalnya ini menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Bunga adenium memiliki beberapa spesies yang berbeda; seperti misalnya Adenium Somalense yang berasal dari Kenya dan Somalia, atau Adenium Arabicum, yang merupakan varietas dominan di Indonesia. Spesies yang bisa digunakan sebagai obat adalah Adenium Multiflorum. Selain sebagai tanaman hias dan obat, akar dari Adenium jenis ini pun bisa dimanfaatkan untuk bahan makan bagi binatang liar.

Bonsai Kamboja

Adenium tidak hanya digemari oleh kalangan ibu-ibu tetapi juga dimninati oleh kaum pria. Mengapa demikian? umumnya pembuatan tanaman menjadi bonsai didominasi oleh kaum pria meskipun ada juga kaum wanita yang gemar membuat bonsai.  Adenium merupakan salah satu tanaman yang memiliki potensi besar untuk dibuat bonsai yang indah. Selain bentuk bonggol yang bisa dibentuk aneka rupa, bunganya yang indah juga mampu menyihir para pencinta tanaman hias dengan bunganya yang bisa muncul serempak hingga hampir menutupi daun membuatnya makin tampil menawan.

Bonsai Kamboja

Cara Menanam adenium dari Biji

Kamboja yang baik untuk dibuat bonsai umumnya berasal dari biji yang disemai dan bukan hasil stek batang. Persilangan yang terus dilakukan baik secara alami maupun oleh tangan-tangan ahli botani menghasilkan warna dan bentuk yang makin beragam. Kesuksesan hasil persilangan adenium ditandai dengan terbentuk sebuah tandan buah berbentuk tanduk pada pucuk adenium yang berisikan puluhan hingga ratusan biji adenium.

Cara Menanam adenium dari Biji

Biji / benih yang baik biasanya memiliki ciri gembung dan bila dijepit dengan jari akan terasa padat dan tidak kosong. Itu artinya biji memiliki benih embrio didalamnya. Hindari memilih biji adenium yang kempes karena kemungkinan untuk tumbuh hampir dikatakan mustahil karena tidak memiliki embrio didalamnya. Biji yang berasal dari tanaman yang baru dipetik memiliki keberhasilan yang tinggi saat disemai dibandingkan biji yang telah disimpan selama berbulan-bulan.

Setelah menyortir biji yang baik anda dapat menanamnya ditray / pot satu persatu.  Jangan menanamnya terlalu dalam cukup benamkan saja secara vertikal kedalam media tanam lalu tutup dengan pasir atau kompos. Siram secara teratur dalam beberapa hari tunas biasanya sudah berkecambah dan mengeluarkan daun berukuran mini. Rawat hingga beberpa bulan kedepan hingga siap dipindahkan ketaman atau pot yang lebih besar.

Cara merawat kamboja jepang agar cepat berbunga

Kamboja Jepang sebenarnya tanaman yang sangat mudah dirawat selama mengetahui caranya. Adenium merupakan tanaman yang berasal dari gurun dan mampu hidup dibawah tekanan panas yang ekstrim. Untuk merawatnya kita cuma perlu meniru habitat aslinya dengan menempatkannya dibawah sinar matahari langsung saat mulai beranjak dewasa dan siap memamerkan pesona bunganya.

Cara merawat kamboja jepang agar cepat berbunga

Secara alami adenium umumnya berbunga saat berusia 8-12 bulan setelah ditanam dari biji, Bahkan beberapa jenis adenium mulai belajar berbunga saat usia 6 bulan, Hal itu tergantung dari cara perawatan dan penempatan tanaman. Jika anda menaruh bibit adenium ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung  adenium cenderung tumbuh memanjang dan batangnya terkulai, sangat berbeda jika ditempatkan dibawah sinar matahari langsung.

Saat tanaman telah beranjak dewasa dan telah siap kita bisa memberikan beberapa perlakuan agar tanaman cepat berbunga diantaranya :

Pemangkasan Tanaman  

Setiap tanaman adenium memiliki karakteristik yang berbeda umumnya tanaman yang dipangkas berat akan mengeluarkan bunga setelah 6-8 minggu. Tanaman yang dipangkas harus memiliki riwayat yang sehat dan kuat agar memiliki energi yang cukup untuk menghasilkan bunga. Jangan lupa lakukan pemupukan secara teratur sebelum melakukan pemangkasan.

Puasa Air

Cara lain yang dapat ditempuh untuk membuat adenium berbunga adalah dengan cara puasa air. Caranya dengan tidak memberi air selama 3 hari kemudian disiram sehari kemudian dipuasakan lagi 3 hari dan cara tersebut diulang selama 2 minggu. Saat melakukan puasa air jangan lupa tempatkan dibawah sinar matahari langsung dan berikan pupuk yang mengandung unsur N yang tinggi. Jika dilakukan secara tepat dan teratur biasanya sekitar 1,5 bulan bunga akan mulai bermunculan pada pucuk tanaman.

Kombinasi kedua cara diatas

Kedua cara diatas bisa dilakukan untuk membuat tanaman berbunga. Pemangkasan dilakukan minimal 2,5 bulan sebelum ingin dibungakan kemudia lakukan puasa air seperti cara diatas. Pemangkasan juga akan membentuk karakter tanaman menjadi lebih baik terlihat. Bunga dan bonggol merupakan kekuatan utama sebuah tanaman adenium, jika anda berhasil menguasai cara membuat adenium berbunga maka dipastikan Taman rumah anda akan semakin semarak dengan warna-warni bunga adenium.

taman adenium rumah

Semoga artikel Tanaman Bunga Adenium Untuk Taman Rumah Anda dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome.com dimanapun anda berada.

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email