Solusi Mengatasi Cat Rumah Mengelupas

Posting Komentar

 Solusi Mengatasi Cat Rumah Mengelupas

Griyahome.com - Dinding rumah mengelupas karena lembap bikin pusing karena akan menjadikan tampilan dinding meninggalkan bercak seperti ompol dan terdapat blentong-blentong alias gelembung. Jangan dibiarkan! Karena dinding yang bermasalah karena lembap tidak hanya merusak tampilan, tetapi dapat juga mengundang penyakit. Ingin tahu bagaimana solusi mengatasi cat mengelupas? Simak artikel ini dan temukan solusi dalam mengatasi masalah tersebut.

Saat memilih cat interior, sebagian besar orang hanya fokus mencari warna favorit dan mampu mempercantik tampilan interior. Padahal ada hal yang penting yang juga tidak boleh dilupakan saat memilih cat interior. Cat yang dipilih harus mampu menjadi solusi dari dinding yang bermasalah karena lembap. Dinding lembap merupakan masalah yang sering menimpa banyak rumah.

Penyebab Dinding Rumah Selalu Lembap

Dinding lembap bisa disebabkan karena banyak faktor. Pertama, karena dinding belum kering tetapi sudah dilakukan pengecatan. Alhasil, air yang ada di dalam dinding sulit menguap dan tertahan di dalam dinding. Seiring berjalannya waktu, dinding semakin lembap dan terlihat blentong blentong atau gelembung ompol. Kedua, pengaruh lingkungan yang membuat dinding rentan terkena lembap. Ketiga, karena pencahayaan dan hawa yang minim di dalam ruang sehingga dinding cepat lembap dan jamuran. Keempat, ada masalah di pertemuan antar dinding yang menyebabkan adanya aliran air masuk ke dalam dinding hingga membuat dinding basah.

Jangan memaksakan menggunakan cat biasa yang tidak mengandung waterproofing atau karena ingin praktis anda langsung mencat permukaan dinding yang lembap dirumah anda. Mungkin cara itu akan menutupi dinding yang terkelupas dan lembap tesebut tapi yang pasti hal itu tidak berlangsung lama. Hanya dalam beberapa bulan kedepan dinding tersebut akan kembali terkelupas sebab penyebab utamanya belum teratasi.

Dinding Rumah Bagian Luar Belum Diplester

Beberapa rumah juga kerap mengalami cat dinding yang terkelupas bagian dalam disebabkan pada dinding bagian luar belum diplester secara keseluruhan sehingga pada saat musim penghujan tiba rembesan air masuk melalui pori-pori pasangan bata dan semen. Hal ini jika berlangsung dalam jangka waktu lama akan menyebabkan lumut tumbuh pada dinding dan jika dibiarkan malah akan berisiko merusak dinding rumah anda. Solusinya tentu saja anda harus melalukan plester secara menyeluruh dinding rumah bagian luar lalu mengecat dengan cat khusus outdoor yang melindungi dari panas, hujan dan cuaca yang tidak bersahabat.

Dinding Rumah Bagian Luar Belum Diplester

Solusi Mengatasi Cat Dinding Rumah Terkelupas

Dinding yang lembap sangat sulit untuk dicat. Keberadaan air di dalam dindinglah yang membuat cat sulit menempel sempurna dengan dinding. Tetapi saat ini ada cat yang waterproofing yang bisa mengatasi problem tersebut. Berikut cara melakukan pengecatan untuk dinding lembap:

Kerok permukaan dinding hingga cat dan dempul yang menempel di dinding mengelupas

Lap dinding hingga bersih dan pastikan tidak ada debu atau cat yang menempel di dinding

Aduk cat waterproofing secara merata sebelum digunakan

Encerkan cat dengan thinner OS-200 sebanyak 5%-10% jika diperlukan

Lakukan pengecatan dinding pertama, anda harus menggunakan roll khusus solvent base, jangan menggunakan roll universal. Karena roll khusus ini akan menghasilkan dinding yang maksimal

Diamkan cat 1-2 jam hingga mengering

Lakukan proses pengecatan dinding kedua untuk menghasilkan hasil yang maksimal

solusi cat rumah

Semoga artikel “Solusi Mengatasi Cat Rumah Mengelupas” dapat membantu anda mengatasi masalah cat dinding dirumah anda sehingga memperbaiki tampilan rumah anda.

 

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email