Membuat Taman Minimalis Di Lahan Sempit

Posting Komentar

 Membuat Taman Minimalis Di Lahan Sempit

Griyahome.com - Bagaimana Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit? Karena kelangkaan sebuah lahan (terutama di kota-kota besar), yang berujung pada sulitnya membuat desain taman yang menarik, membuat para desain taman minimalis melakukan terobosan-terobosan untuk mengatasi masalah taman pada lahan sempit. Simak terus artikel ini untuk menemukan solusi bagi Anda yang memiliki lahan sempit namun ingin mewujudkan mewujudkan taman yang indah.

Di era modern ini, sudut pandang manusia tentang sebuah taman menjadi majemuk. Taman bukan hanya sebuah tanah yang dicover rumput dan diisi dengan bermacam-macam tanaman dan pohon rindang. Namun taman merupakan ruang Anda untuk berhubungan langsung dengan alam. Tempat untuk relaksasi, tempat berkumpul bersama keluarga, bahkan secara tidak langsung taman juga bersifat meditatif. Itulah sebabnya, bagaimana seharusnya desain taman senantiasa dihargai, karena tanpa perancangan yang bijaksana, taman tidak akan menjadi bagian dari jiwa Anda.

Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Taman bukanlah sekumpulan tanaman yang ditempatkan pada suatu wadah diluar rumah. Lebih dari itu, taman merupakan eksistensi dari sebuah rumah. Selain itu, kehadiran taman cukup penting sebab umumnya taman berada pada bagian depan atau belakang rumah sebelum anda memasuki bangunan utama.

Di negara Indonesia, jumlah pertumbuhan penduduk terus meningkat, kebutuhan akan papan secara langsung ikut meningkat, dan lahan pun menjadi semakin terbatas. Maka, definisi taman pada era modern, kian lama kian berkembang dan semakin imajinatif. Taman seharusnya bisa diimplementasikan di lahan terbatas, dengan perawatan yang sederhana, mengingat kesempatan memiliki waktu senggang sangat sedikit. Maka dari itu, konsep gaya taman minimalis menjadi solusi yang tepat menyelesaikan permasalahan di atas.

Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Taman Minimalis depan Rumah

Minimalis? Membayangkan sebuah taman minimalis mungkin terlihat mudah, namun akan cepat membosankan apabila tidak menonjolkan karakter penghuni. Gaya minimalis merupakan tren yang masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Penyebab utama adalah semakin terbatasnya lahan dan konteks manusia diperkotaan yang memiliki mobilitas tinggi, serba cepat-praktis-instan dan ingin memiliki taman yang bersifat low maintenance (perawatan mudah). Rumah dengan karakter minimalis, tentunya akan saling mengisi dan bersinergi bila dipadukan dengan taman minimalis depan rumah.

Taman Minimalis depan Rumah

Taman Belakang Rumah Minimalis

Konsep taman minimalis tak perlu melulu mengandalkan luasan lahan yang besar, namun taman dapat disesuaikan dengan kondisi lahan yang sempit, sehingga seluruh sudutnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Setelah kita melihat desain yang cocok untuk taman depan rumah tentunya tak lengkap jika tidak menyertakan desain taman belakang rumah minimalis yang menarik untuk anda pembaca dirumah.

Taman Belakang Rumah Minimalis

Untuk mengenali karakter taman minimalis yang kita inginkan, pertama-tama kita harus harus mengetahui unsur-unsur yang ada dalam sebuah taman.

Dekorasi Taman Minimalis - Tanaman

Biasanya disebut unsur softscape karena merupakan elemen lunak dan bersifat alami, bersifat sebagai penyeimbang sesuatu yang lebih massif atau kaku (dalam hal ini bisa berupa bangunan ataupun elemen massif yang ada di taman seperti kursi, dinding, dan lantai. Tanaman juga berfungsi sebagai buffer alami penyaring sinar matahari, polusi udara maupun suara.

Dekorasi Taman Minimalis

Tanaman di sebuah taman minimalis biasanya ragamnya terbatas tetapi dengan sedikit kreatifitas kita bisa menggunakan teknik menanam secara vertikal untuk mensiasati lahan yang sempit. Tanaman juga dipilih berdasarkan kemudahan perawatan. Biasanya dipilih yang pertumbuhan lamban dan juga tidak mudah rontok. Dalam penataan sebuah landscape, kita dapat membagi kelompok tanaman ini menjadi beberapa jenis: pohon, perdu, groundcover, rumput, dan tanaman air.

Aksesoris Taman Minimalis Samping Rumah

Aksesoris yang dimaksud di sini adalah elemen hardscape dalam sebuah taman. Usahakan memilih aksesoris bergaya minimalis yang serasi dan memperlihatkan karakter Anda. Diantaranya ada kolam artifisial, gazebo, pergola, pencahayaan, furnitur, dan lain sebagainya. Sepertinya kurang adil jika hanya menampilkan taman depan dan belakangn rumah. Bagaimana dengan taman disamping rumah? Berikut desain yang bisa menjadi inspirasi anda.

Aksesoris Taman Minimalis Samping Rumah

Semoga artikel “Membuat Taman Minimalis Di Lahan Sempit” dapat menginspirasi Anda dalam merencanakan taman yang pas untuk rumah Anda. Kreatifitas yang tinggi merupakan salah satu solusi agar tetap dapat membuat taman meskipun terkendala dengan lahan yang sempit.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email