Membangun Tembok Pagar Rumah

Posting Komentar

 Membangun Tembok Pagar Rumah

Griyahome.com - Sebagai salah satu hal penting yang harus dipikirkan jika Anda mempunyai rumah yang cukup luas adalah sudah amankah rumah tersebut? Terlepas dari kondisi aman atau tidak aman, umumnya sebuah rumah harus memiliki pagar yang mengelilinginya, baik pagar yang berasal dari tembok atau jenis pagar lainnya. Pagar bukan hanya berfungsi sebagai pembatas /pelindung tapi juga berfungsi memperindah rumah.  Apa saja yang perlu diperhatikan saat membangun tembok pagar rumah? Simak artikel ini sebelum anda membangun tembok pagar dirumah anda.

Pagar tembok merupakan salah satu bagian penting dalam pembangunan rumah. Pagar tembok yang kokoh tentunya akan memberikan rasa aman  dari berbagai hal yang membahayakan dan mengganggu para penghuni rumah seperti pencurian, masuknya hewan buas kedalam rumah terutama yang tinggal didekat sungai maupun pinggir hutan, hewan-hewan liar yang mengacak-acak kebun, dll. Artikel dibawah akan memberikan gambaran apa saja yang perlu anda perhatikan saat akan membangun tembok pagar rumah.

Kebetulan disini saya akan memberi contoh salah satu desain tembok untuk sebuah rumah, dimana tembok tersebut berbentuk dinding batu bata, layaknya tembok rumah pada umumnya. Ukuran pagar tembok disini cukup panjang, dengan tinggi berkisar antara 1.5 m-2 m. Disini bentuk tembok yang kami tampilkan hanya polos tanpa ada profil atau ukiran pada dinding tembok tersebut.

Tembok pagar minimalis

Agar tampil lebih elegan, tembok yang kami jadikan contoh disini dipadukan dengan pintu kecil terbuat dari kayu. Tujuannya adalah untuk mendukung bentuk tembok yang sangat sederhana agar diperoleh konsep minimalis di dalamnya. Demikian juga keberadaan tanaman dan batu kerikil pada dinding tembok tersebut, serta rerumputan pada bagian depannya, terlihat berkesan minimalis bukan?

Desain tembok yang sesuai

Sebenarnya, dalam memilih desain tembok untuk pagar rumah memang terlebih dahulu kita menentukan, desain pagar tembok apa yang akan kita bangun. Jika kebetulan Anda minat untuk membangun tembok pagar minimalis, maka sudah tentu harus memperhatikan dekorasi lain disekeliling pagar tersebut, seperti yang baru saja kami paparkan diatas, seperti jenis pintu, dekorasi taman, warna tembok, dan lain lain. Kesemua aksesoris tersebut sangat menentukan bentuk pagar tembok nantinya.

Desain tembok yang sesuai

Panjang keseluruhan pagar tembok

Sebelum membangun pagar tembok untuk rumah Anda, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah berapa panjang pagar yang akan dibuat, apakah mengelilingi seluruh rumah atau hanya bagian depan saja. Jika kebetulan Anda tinggal di komplek perumahan yang saling berhimpitan, maka pagar tembok otomatis hanya bagian depan rumah saja, sedangkan jika kebetulan rumah Anda bukan di daerah perumahan, seperti model perkampungan yang jarak antar rumah cukup berjauhan, maka pagar tembok bisa disesuaikan, apakah ingin mengelilingi seluruh rumah atau tidak.

pagar rumah

Biaya Bangun Pagar Rumah

Biaya membangun tembok pagar rumah ditentukan oleh beberapa faktor seperti luas tembok pagar yang akan dibangun, desain tembok, bahan yang digunakan (besi, kayu, bata, dll) dan tingkat kerumitan desain tembok pagar anda. Bahan berkualitas tentunya memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan bahan berkualitas lebih rendah. Penggunaan bahan berkualitas tinggi akan menjamin pemakaian tembok pagar lebih lama.

Semoga artikel “Membangun tembok pagar rumah” diatas dapat bermanfaat buat anda saat akan berencana membangun tembok pagar, perencanaan yang matang dan tepat akan menentukan hasil akhir dari pagar tembok dirumah anda.

Related Posts

Posting Komentar