Bagaimana Membuat Desain Atap Home Theater Yang Bagus?

Posting Komentar

 desain atap home theater

Griyahome.com – Bagi para penggemar film tentunya menghadirkan home theater dirumah merupakan salah satu impian. Nonton di bioskop mungkin mengasyikkan tapi sedikit privasi, berbeda jika nonton film dirumah dengan home theater pastinya kita bisa lebih bebas. Waktu nonton bisa diatur sesuai keinginan dan tentu saja kita bebas nonton dengan gaya apa saja, mau duduk, tiarap atau apa saja. Tapi ternyata membuat home theater ternyata mendapat tantangan  pada desain atap terutama saat musim hujan tiba. Bagaimana membuat desain atap home theater yang bagus? Simak artikel ini dan temukan informasi yang mungkin berguna buat anda.

Plafon Home Theater

Desain atap home theater memang berbeda dengan plafon rumah pada umumnya. Perbedaan tersebut terletak pada fungsinya. Jika atap atau plafon rumah hanya berfungsi sebagai pelindung atau dekorasi, sedangkan atap atau plafon pada ruangan home theater berfungsi sebagai peredam bunyi yang berasal dari atas yang berpotensi mengganggu aktivitas saat menonton. Disamping itu ruangan pada home theater telah di setting sedemikian rupa agar berfungsi dengan maksimal.

Plafon Home Theater

Pada bagian tertentu ruang home theater terdapat beberapa buah lampu dengan intensitas pencahayaan yang sudah diatur. Sedangkan pada bagian samping biasanya terdapat beberapa audio speaker yang berfungsi untuk menghasilkan tata suara yang diinginkan. Bentuk plafon / atap home theater bisa diatur dan dibentuk sesuai keinginan sang pemilik.

Bagaimana membuat atap home theater?

Melihat fungsinya yang begitu komplek untuk mendukung tata suara yang bagus, maka diperlukan ketelitian tersendiri pada saat mendesain bagian atas ruangan home theater tersebut.

Panduan mengenai bagaimana cara membuat atap interior home theater, sudah banyak dibahas di forum audio. Disini saya hanya ingin mengulas sedikit mengenai hal hal pokok dalam menghasilkan tata suara home theater yang maksimal dengan komposisi atap yang mendukung.

Jenis atap yang ingin digunakan

Terdapat beberapa karakteristik atap untuk home theater, seperti misalnya atap dengan layout lurus, bertingkat, oval, atau terbuka. Pada gambar diatas, kebetulan konsep atap home theater yang digunakan adalah plafon home theater dengan model bertingkat, dimana pada lipatan atap tersebut berfungsi untuk menaruh audio speaker dan lampu khusus untuk menghasilkan efek tersendiri pada interior home theater tersebut.

Penggunaan material kedap suara pada interiornya

Biasanya, selain jenis atap yang digunakan, material yang diperlukan juga khusus. Untuk beberapa jenis atap, kombinasi material kedap suara sangat diperlukan. Hal ini bertujuan agar efek audio yang dihasilkan tidak keluar ruangan dan bisa menghasilkan kombinasi suara yang stereo. Tidak ada salahnya Anda melengkapi bagian atap tersebut dengan material kedap suara seperti yang digunakan pada bagian dinding home theater. Material ini umumnya digunakan adalah kayu MDF, HPL atau papan gypsum.

Material tambahan home theater

Untuk material tambahan biasanya hanya bersifat dekoratif saja dan berfungsi sebagai pelengkap. Contoh material tambahan adalah lampu hias pada bagian sudut atap tersebut dan juga lukisan dengan corak awan atau desain unik lainnya. Setiap material yang berfungsi sebagai tambahan bisa saja Anda abaikan, sepanjang konsep utama dalam membangun sebuah atap home theater sudah tercapai.

Semoga artikel “Bagaimana membuat desain atap home theater yang bagus” dapat bermanfaat buat anda yang sedang berencana membangun home theater dirumah, jadi kalau telah siap anda tinggal menyiapkan popcorn dan minuman dingin tidak perlu lagi membeli tiket seperti di bioskop, jangan lupa ajak teman dan keluarga nonton rame-rame biar seru.

 

 

Related Posts

Posting Komentar