7 Tips Jitu Pangkas Biaya Pembangunan Rumah

Posting Komentar

 7 Tips Jitu Pangkas Biaya Pembangunan Rumah

Griyahome.com - Setelah memutuskan untuk memulai pembangunan rumah baru, hal penting yang perlu diperhatikan adalah biaya, utamanya pengeluaran biaya pembangunan agar anda tidak melewati batasan yang telah anda tentukan, termasuk kemungkinan tergoda oleh ide baru yang muncul di tengah proses pengerjaan. Apakah ada cara atau tips untuk mengurangi biaya pembangunan rumah? Baca terus artikel ini dan temukan tips jitu memangkas biaya pembangunan rumah anda.

Membangun sebuah rumah milik sendiri tentu impian banyak orang tetapi pada saat membangun ada banyak biaya tak terduga dan tidak terpikirkan sebelumnya. Semoga tips dalam artikel ini bisa membantu Anda memangkas biaya pembangunan rumah, sehingga biaya yang dapat disimpan dapat anda gunakan untuk menutup biaya tak terduga yang lebih penting berikut 7 tips tersebut :

1. Pembelian Tanah dan Bahan Material Bangunan

Apabila tanah di tempat Anda membangun rumah bergelombang, maka bangunan harus disesuaikan dengan permukaan yang bergelombang tersebut, karena apabila diabaikan, maka penggalian dan pengangkutan bahan, dapat memimbulkan biaya tambahan. Pada segi yang lain, Anda juga harus mempunyai tempat yang aman untuk menyimpan bahan-bahan material bangunan yang Anda beli. Hal ini penting untuk menjaga persediaan bahan material selalu ada, dan Anda dapat mengelola penggunaannya secara bertahap. Dan sebagai pengingat, ada bahan material yang bisa mendapat harga diskon apabila pembeliannya dalam jumlah banyak.

2. Pemilihan Bahan Material Bangunan

Saat memilih bahan bangunan, yang perlu diperhatikan adalah beberapa material bangunan bisa sangat mahal harganya. Umumnya bahan-bahan kayu, marmer dan pelapis. Cara yang pas untuk memangkas biaya pembelian bahan material adalah dengan cara memilih bahan dari daerah tempat pembangunan dilakukan. Pengambilan bahan dari tempat yang jauh dapat menimbulkan biaya baru secara signifikan. Langkah ini masuk akal dan sangat membantu untuk memangkas biaya, selain itu juga  ramah lingkungan.

3. Memulai Proyek Pembangunan Rumah

Ketika memulai proyek pembangunan rumah, Anda didampingi seorang arsitek atau insinyur, fungsinya untuk membantu mengoptimalkan pekerjaan pembangunan rumah tanpa meninggalkan celah pada perputaran uang, dan juga untuk mengakomodir kepentingan anda dan keluarga anda. Seorang insinyur sipil dan arsitek dapat membantu membuatkan rekomendasi yang tepat mengenai penggunaan dan ukuran ruangan yang rumah anda dibutuhkan, supaya semua pekerjaan dapat mencapai performa terbaik setiap per meter perseginya. Hal yang perlu anda garis bawahi adalah Jangan pernah membuat perubahan pada saat proyek pembangunan tengah berjalan. Setiap detail harus diperhatikan pada tahap perencanaan, dan sebelum pemasangan utilitas rumah seperti instalasi listrik dan pekerjaan pemipaan. Setiap perubahan yang anda lakukan, otomatis menimbulkan biaya baru.

4. Penggunaan Bahan Bangunan Prefabrikasi

Pembangunan rumah dengan sistem prefabrikasi yaitu salah satu pilihan yang baik untuk melakukan penghematan. Pembangunan dengan model ini dapat mempercepat pekerjaan pembangunan, menekan biaya tenaga kerja dan sebagian besar bahannya dibuat di pabrik, yang sudah dapat digunakan tanpa perlu khawatir lagi dengan gangguan cuaca yang dapat melambatkan pekerjaan. Anda hanya mempersiapkan lahannya saja. Ada beberapa macam desain rumah prefabrikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga, ada struktur beton, kayu dan baja, yang semuanya sudah memenuhi persyaratan teknis untuk masalah penyerapan panas. simpelnya, sudah memenuhi semua kriteria yang diperlukan untuk membangun rumah. Ada juga bahan matrial bangunan yang ramah lingkungan. Jadi, tidak banyak berbeda dari bahan-bahan pembangunan yang umumnya ada.

Bahan Bangunan Prefabrikasi
Gambar Bahan Prefabrikasi

Pembangunan dengan cara prafabrikasi mungkin belum begitu populer di Indonesia tapi cara ini telah lazim digunakan dinegara-negara maju dan hasilnya bisa sangat mempercepat pembangunan suatu rumah dan menekan biaya tukang.

5. Instalasi Utilitas Dalam dan Dinding

Untuk melakukan pemangkasan biaya pembangunan rumah, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan bahan-bahan yang terbuat dari logam. Arsitek profesional dapat melakukan penghitungan dan memberikan saran apakah penggunaan bahan-bahan ini akan lebih murah dibandingkan beton. Dana hasil upaya penghematan pun dapat digunakan untuk pemasangan listrik dan sanitasi dengan kualitas yang baik, untuk mengurangi penggunaan pipa-pipa panjang yang tidak baik untuk kesehatan anda. Dan sebagai tambahan, pada beberapa dekorasi Anda dapat menggunakan partisi saja, daripada harus melakukan pelesteran dinding batu.

Gambar Partisi Ruang
Gambar Partisi Ruang

6. Penghematan Pada Pekerjaan Finishing

Ketika masuk tahap penyelesaian, ada bahan material bangunan yang dapat diaplikasikan untuk membantu penghematan, misalnya microcement yang memiliki jaminan daya tahan dan kualitas yang tinggi. Bahan microcement ini dapat digunakan pada lantai dan dinding, tersedia dalam berbagai warna, tahan air, tidak mempunyai pori-pori, pas digunakan di kamar mandi, dapur atau ruangan lainnya.

Gambar Microcement
Gambar Microcement

Untuk tahapan finishing/penyelesaian lantai dan dinding Anda juga dapat menggunakan berbagai jenis kayu. Ada beberapa jenis kayu yang murah namun memiliki fungsi yang baik. Bahkan panel kayu yang terbuat dari beberapa lapisan kayu, juga bisa menjamin hasil yang baik dan memiliki daya tahan yang bagus. Jangan terpaku pada bahan-bahan material yang umum dipakai.

7. Tips Penghematan Lainnya

Ketika melakukan pemilihan perlengkapan kamar mandi, Anda dapat melakukan penghematan ketika memilih jenis atau merek tertentu, tapi jelas bukan mementingkan kualitas. Anda harus memiliki barang terbaik untuk mendapatkan hasil dan ketahanan barang yang terbaik juga. Bahan-bahan pelapis, sarana pencahayaan juga kesehatan semuanya mempunyai harga yang sesuai dengan kualitasnya, apalagi jika barang-barang tersebut tergolong barang-barang modern. Tapi usahakan jangan menghabiskan uang untuk produk modern atau ber-level tinggi, sekedar hanya untuk prestise / dipamerkan.

Demikian artikel ”7 Tips Jitu Pangkas Biaya Pembangunan Rumah” semoga menambah wawasan anda dan bermanfaat buat anda semua yang sedang mempersiapkan tahap pembangunan rumah impian.

Related Posts

Posting Komentar