6 Tips desain Taman Minimalis Di Lahan Sempit

Posting Komentar

 6 Tips desain Taman  Minimalis Di Lahan Sempit

Rumah yang sempit sudah tentu memerlukan desain taman minimalis. Tetapi kebanyakan orang belum mengetahui bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghias taman belakang atau pun taman depan rumahnya yang memang sempit. Sebenarnya, sesempit apapun lahan pada taman tersebut dapat dihias dan juga dirawat dengan sebaik-baiknya apabila pemilik rumah mengerti dengan desain taman minimalis.

Rumah yang memiliki lahan yang tidak terlalu luas bukan menjadi halangan untuk menciptakan taman yang asri. Kita bisa mengkombinasikan anatara tanaman dengan beberapa ornament taman yang menarik untuk menciptakan taman minimalis.   berikut ini terdapat beberapa tips untuk membuat desain taman minimalis :

Menata Taman Depan Rumah Sederhana Dengan Tanaman Mini

Untuk taman dengan lahan yang kecil biasakanlah untuk menggunakan tanaman yang berukuran kecil sebagai desain taman minimalisnya. Penggunaan tanaman yang kecil tersebut selain berfungsi untuk menghias taman yang minimalis, ia juga dapat menjadi variasi dengan beberapa tanaman kecil yang berbeda jenis lainnya.

Menata Taman Depan Rumah Sederhana Dengan Tanaman Mini

Pilihlah tanaman daun atau bunga yang memiliki warna daun cerah dan bunga yang colorfull untuk menciptakan taman kecil yang semarak. Beberapa tanaman daun yang memiliki warna menarik antara lain :aglaonema,bromelia. Keladi,dll.

Arahkan Tanaman pada Cahaya Matahari

Dalam desain taman minimalis, ingatlah untuk selalu mengarahkan posisi tanaman-tanaman yang kecil tadi terhadap cahaya matahari. Hal ini berguna untuk proses fotosintesis pada tanaman tersebut, dan juga menjaga kesegaran pada desain taman minimalis. Kita bisa menaruh beberapa ornament penghias taman untuk membuat taman memiliki tampilan yang unik. Jangan lupa memilih jenis tanaman yang tahan terhadap sinar matahari langsung.

Arahkan Tanaman pada Cahaya Matahari

Jika taman anda berada tepat dihalaman dengan sinar matahari yang terik anda bisa mencoba menanam beberapa jenis tanaman berbunga seperti Adenium, bougenville, asoka, dll. Tampilan taman anda akan semakin semarak saat tanaman ditaman mulai memamerkan keindahan bunganya.

Serapan Air dan Kondisi Tanah

Perhatikanlah kondisi dari serapan air pada desain taman minimalis, karena hal ini sangat penting bagi kondisi taman minimalis anda. Terutama pada arah aliran air keluar, hal ini berfungsi agar ketika hujan turun desain taman minimalis yang anda miliki tidak terganggu oleh genangan air. Genangan air dapat membuat akar tanaman menjadi busuk jika berlangsung lama disamping itu juga akan membuat taman menjadi kotor akibat lumpur yang menggenangi taman.

Serapan Air dan Kondisi Tanah

Stepping Stone

Bagi taman yang nantinya akan sering digunakan sebagai tempat berlalu lalangnya orang-orang, gunakanlah stepping stone , karena hal ini dapat membantu desain taman minimalis anda tampak lebih menarik dan multi-fungsi, artinya kita tetap bisa berlalu-lalang di taman tanpa merusak tanaman atau rumput yang ada di taman tersebut. Beberapa jenis rumput taman tidak cocok untuk selalu terinjak sebab dapat membuat rumput mudah mati. Saat ini telah tersedia model stepping stone yang bisa anda buat sendiri diumah dan memiliki bentuk yang unik, anda cukup membeli cetakannya yang bisa anda cari di toko online.

Stepping Stone

Pagar Alami / Pagar Hidup

Untuk desain taman minimalis, agar terlihat lebih luas tanpa adanya penghalang, gunakanlah pagar penghalang alami  yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, sehingga kesan tanpa sekat, dan leluasa pun dapat ditimbulkan. Beberapa jenis tanaman yang yang bisa anda gunakan diantaranya tanaman bambu, Asoka, cemara, bougenville dan tanaman lain yang memiliki pertumbuhan rapat dan mudah dipangkas. Pagar hidup akan membuat rumah akan terasa natural dan asri dengan tampilan daun berwarna hijau.

Pagar Alami / Pagar Hidup

Penyesuaian Desain dengan Luas Lahan

Hal terakhir yang perlu diingat, dalam membuat desain taman minimalis adalah menyesuaikan desain-desain yang akan dilakukan dengan luas lahan yang tersedia dari taman tersebut. Bahkan lahan yang sempit pun bisa anda sulap menjadi taman yang asri dan menyejukkan. Kuncinya adalah perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Gunakan imajinasi anda dengan melihat berbagai gambar dari dunia maya dan temukan warna taman yang sesuai dengan karakter anda.

Penyesuaian Desain dengan Luas Lahan

Itulah beberapa informasi mengenai tips untuk mendesain taman rumah minimalis, semoga kedepannya, tips tersebut dapat berguna bagi anda yang hendak membuat desain taman minimalis, dan selamat menerapkan contoh-contoh taman diatas sesuai space, kondisi dan posisi lahan yang anda miliki. Good luck!.

Related Posts

Posting Komentar