6 Fungsi Lampu Taman di Rumah Anda

Posting Komentar

 6 Fungsi Lampu Taman di Rumah Anda

Lampu taman selama ini hanya diketahui sebagian orang hanya untuk menerangi saja. Padahal sistem tata cahaya ditaman memiliki beragam tujuan dan manfaat yang berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan keperluan anda. Nah, sebelum menentukan pilihan sebaiknya kita perlu mengetahui ragam fungsi lampu taman di rumah anda agar lampu yang anda tempatkan nantinya memberi nilai tambah.

Pada praktiknya pembedaan fungsi dan tujuan lampu taman tidak selalu kaku. Terkadang bisa terjadi tumpang tindih. Satu pilihan lampu taman bisa digunakan untuk berbagai fungsi dan tujuan sekaligus. Bisa jadi pilihan kita menggunakan pencahayaan ornamental untuk suatu area sekaligus juga bermanfaat untuk pencahayaan akses, begitupun sebaliknya. Berikut beberapa jenis fungsi lampu taman yang dapat anda pilih sesuai tujuannya:

Pencahayaan Ornamental

Pencahayaan ini digunakan untuk menonjolkan dan mempertontonkan aksesori atau ornamen tertentu dalam sebuah taman agar penampilan visual taman menjadi semakin menawan. Selain menonjolkan focal point dan fitur-fitur taman lewat efek yang dramatis, pencahayaan ornamental merupakan cara praktis menciptakan keindahan suasana taman yang seimbang serta nyaman dimata.

Menonjolkan fitur-fitur yang ada didalam sebuah taman perlu mempertimbangkan dan menentukan dari sudut mana area-area maupun fitur-fitur yang didalam sebuah taman akan dinikmati. Hal ini akan menetukan kompleksitas sistem pencahayaan yang digunakan.

Pencahayaan Ornamental

Pencahayaan taman kecil mungkin sederhana dan tidak memerlukan terlalu banyak bahan dan biaya. Sebagai contoh; taman yang terletak dibelakang ruang tamu yang bisa dinikmati dari jendela belakang dan beranda yang terhubung kerumah. Dengan kondisi seperti itu pemakaian sistem pencahayaan ornamental sirkuit tunggal sudah memadai. Selain bisa dinyalakan secara bersama, semua pencahayaan bisa dinikmati dari sudut pandang manapun baik dari beranda atau dari dalam rumah.

Pencahayaan pada taman yang lebih besar dan dibutuhkan pemikiran dan perencanaan yang matang disamping membutuhkan biaya yang lebih besar. Menetukan sudut pandang untuk masing-masing area dan fitur dari ruang-ruang yang berbeda ditaman akan sangat membantu anda menetukan desain yang tepat untuk pencahayaan.

Lampu Untuk Kenyamanan

Penempatan lampu taman yang tepat akan memudahkan kita dalam melakukan aktivitas dan tentunya akan meningkatkan kenyamanan. Misalnya: saat akan memasukkan kunci kelubang pada pintu pagar, memarkir mobil dihalaman dengan mudah.

Kenyamanan ini tentunya dapati didukung lewat pencahayaan area misalnya pencahayaan kearah bawah dari lampu yang terdapat di kanopi teras, di Pergola ataupun dari bawah pinggiran atap rumah. Selain memiliki fungsi ornamental juga berfungsi untuk menyinari pintu depan tanpa menyilaukan mata tamu yang datang berkunjung sekalligus menerangi jalan menuju rumah atau undakan menuju pintu.

Lampu Untuk Kenyamanan

Lampu Taman Untuk Pencahayaan Area Tertentu

Piranti ini biasanya berfungsi untuk menerangi bagian-bagian tertentu yang terdapat ditaman. Contoh: lampu taman yang dipasang dibagian depan bangunan, diatas tembok atau pilar gerbang atau ditopang tiang. Ada juga yang menggunakan tudung lampu bohlam tungsten, lampu fluorescent kompak atau lampu halogen. Sinarnya dapat menyebar kesekeliling dan kebawah. Sebagian besar desainnya terlindung guna menghindari sorot sinar keatas yang dikhawatirkan dapat mengganggu kenyamanan tetangga.

Lampu Taman Untuk Pencahayaan Area Tertentu

Gaya yang dipilih sebaiknya mencerminkan karakter desain rumah serta selera sang pemilik sebagai identitas. Sebaiknya jangan menggunakan lampu sorot kecuali ditempatkan pada sirkuit terpisah yang hanya dinyalakan saat diperlukan cahaya yang lebih besar dan perlu dibatasi jangan sampai 150 watt per lampu sorot. Lampu sorot cenderung membuat kita merasa kurang nyaman.

Lampu Untuk Aktivitas Taman

Pada siang hari tentunya kita tidak perlu cahaya untuk menerangi tetapi bagaimana dengan malam hari? Tentu saja pada waktu malam kita sangat bergantung pada lampu sebagai pencahayaan. Pastikan lampu pada tanam telah tersedia untuk menerangi kegiatan yang berlangsung ditaman.

Lampu Untuk Aktivitas Taman

Gunakan tombol tahan cuaca yang dipasang tersendiri untuk pencahayaan kegiatan outdoor pada malam hari, misalnya disekitar area barbaque. Sehingga kita bisa mematikan lampu setelah aktivitas ditaman telah berakhir. Perencanaan dari awal dengan menempatkan tombol-tombol pengendali pada posisi yang tepat akan memudahkan kita nantinya.

Lampu Untuk Akses dan Keselamatan

Lampu sebagai sumber pencahayaan berfungsi untuk menerangi orang yang berjalan diarea-area vital seperti jalan setapak, jembatan, undakan, pintu maupun kolam. Tujuannya tentu saja untuk keselamatan. Meski juga dapat berfungsi sebagai ornamental dan kenyamanan. Yang jelas kita dapat memastikan bahwa jalan atau area tersebut tidak berbahaya ketika akan dilewati. Jangan sampai seorang tamu atau anggota keluarga mengalami sesuatu yang tidak diharapkan saat berjalan akibat penempatan lampu spotlight yang tidak tepat . Ini amat berbahaya.

Lampu Untuk Akses dan Keselamatan

Lampu sebagai sumber cahaya juga dapat berfungsi untuk menyinari pintu rumah, nomor rumah dan papan nama seandainya ada. Cobalah beri pencahayaan pada tanaman dan fitur-fitur taman lainnya yang dapat menjamin keselamatan tamu disamping akan membuat taman tampil lebih menarik.

Lampu Untuk Keamanan

Pencahayaan yang baik akan bermanfaat untuk mendeteksi dan mencegah tamu tak diundang yang mencoba menerobos area kediaman kita. Namun seringkali karena cahayanya yang sangat menyilaukan banyak orang justru merasa terganggu. Solusinya memasang sistem lampu sorot yang dilengkapi detector infra merah untuk menyensor panas tubuh. Lampu tersebut akan menyala apabila sumber panas bergerak menuju rumah kita. Biasanya sistem ini hanya diterapkan pada satu zona yang dianggap paling rawan saja sedangkan zona lainnya bisa dilakukan pencahayaan secara manual. Pencahayaan dengan lampu sorot yang lebih terang cocok untuk keperluan pengamanan dan kegiatan olahraga.

Lampu Untuk Keamanan

Semoga artikel 6 fungsi lampu taman dirumah anda dapat dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome, dan anda lebih mengenal dengan baik fungsi dan tujuan pencahayaan dirumah anda.


 

 

 

Related Posts

Posting Komentar