5 Tips Merawat Bantal Sofa Agar Bersih Dan Higenis

Posting Komentar

 Bantal Sofa

Griyahome.com - Bantal sofa atau bantal duduk di rumah memang tidak memiliki fungsi yang cukup siginifikan seperti halnya bantal tidur. Akan tetapi kehadirannya mampu menambah estetika rumah yang Anda tempati. Selain itu juga menambah kenyamanan untuk dijadikan sandaran ketika duduk. Meski ukurannya yang cenderung kecil, bukan berarti bantal sofa diabaikan begitu saja perawatannya. Anda tidak mau, kan, tamu Anda merasa terganggu dengan bantal sofa yang mengeluarkan bau tak sedap? Yuk, simak cara merawatnya!

Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Bersihkan minimal seminggu sekali bantal sofa Anda dengan vacuum cleaner. Selain menggunakan menggunakan vacuum cleaner, untuk menyingkirkan debu, Anda juga bisa memukulkannya dengan sapu lidi bersih atau pemukul kasur. Penggunaan vacuum cleaner amat praktis dan higenis karena debu dan kotoran yang  menempel pada bantal sofa akan langsung tersedot kedalam kantung/ruang khusus pada vacuum cleaner sehingga aman buat saluran pernafasan.

Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Mengganti Sarung Bantal

Sebagai pelapis, sarung bantal tentu lebih mudah dan cepat kotor dibanding bantalnya. Ganti dan cuci sarung bantal minimal dua minggu sekali. Cuci secara rutin, apalagai saat ini tersedia berbagai sarung bantal sofa dengan desain unik dan cantik jadi anda pasti tidak sabar untuk selalu mengganti sarung bantal sofa agar tampil beda setiap minggunya sekaligus membersihkan sarung bantal yang lama.

Mengganti Sarung Bantal

Mencuci Bantal Sofa Secara Berkala

Meski bantal selalu dibungkus dengan sarung bantal, cuci bantal sofa secara rutin, minimal sebulan sekali. Anda bisa mencucinya ke binatu atau mencuci sendiri di rumah dengan mesin cuci. Jika bantal Anda berwarna putih dan menampilkan warna agak kekuningan, tambahkan pemutih ketika mencucinya. Untuk noda yang cukup bandel seperti tumpahan makanan, rendam dan kucek bantal terlebih dulu dan gunakan air panas ketika mencuci.

Keringkan dengan Maksimal

Setelah dicuci, agar tidak bau apek, segera keringkan bantal. Jika bantal Anda dikeringkan dengan mesin cuci, biasanya masih ada sisa lembab yang perlu dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari. Agar lembab tidak bersarang cukup lama dan dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap, jemur ketika panas matahari sedang maksimal yaitu di antara pukul 10 pagi hingga jam 1 siang.

Menjemur Bantal Sofa  Dibawah Sinar Matahari

Meski tidak habis dicuci, jemur bantal secara rutin. Selain untuk membantu menyingkirkan aroma tak sedap dan kuman yang menempel, menjemur juga bisa mengantisipasi bantal mengempis. Proses penjemuran membantu menjaga elastisitas dan kelenturan bantal. Perawatan secara berkala juga akan mencegah anda dan keluarga dari bahaya penyakit kulit yang disebabkan beberapa bakteri yang bisa bersarang di bantal jika jarang dibersihkan dan dijemur.

Semoga “5 Tips Merawat Bantal Sofa Agar Bersih dan Higenis” dapat bermanfaat bagi anda semua. Perawatan yang baik dan benar akan membuat bantal sofa akan selalu siap kapan saja akan digunakan baik jika kedatangan tamu ataupun digunakan oleh anggota keluarga.

 

 

Related Posts

Posting Komentar