Tips Menyiram dan Memupuk Tanaman Dalam Pot

Posting Komentar

 ips Menyiram dan Memupuk Tanaman Dalam Pot

Menyiram dan memupuk tanaman dalam pot  merupakan salah satu rutinitas yang harus kita lakukan apabila memelihara tanaman, terkadang kita melewatkan beberapa hal sehingga pada saat menyiram tanaman kita cenderung menggunakan air biasa padahal ada beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam menyiram tanaman sekaligus memupuknya, berikut beberapa tips yang bisa anda coba terapkan dirumah :

Menyiram Efektif sekaligus Memupuk Tanaman

Selama nasi menjadi makanan pokok dirumah anda artinya setiap hari anda pasti mencuci beras sebelum memasaknya. Air bekas cucian beras atau rendaman kentang jangan lantas dibuang. Anda bisa menggunakannya untuk menyiram tanaman anda dirumah karena kandungan didalam air beras dapat menyuburkan tanaman walaupun tidak seefektif menggunakan pupuk kimia.

Untuk menjaga kebersihan aquarium atau kolam dirumah biasanya kita akan menguras isinya minimal 20-50 % agar terjadi pergantian air dan membuat air didalam aquarium atau kolam anda menjadi bening kembali. Air kurasan umumnya langsung anda buang disaluran air, namun mulai sekarang anda bisa memanfaatkannya untuk menyiram berbagai tanaman anda dirumah. Anda bisa memperoleh 2 manfaat sekaligus yaitu aquarium anda menjadi bersih dan tanaman anda semakin subur.

Jika anda adalah penggemar kopi asli dan bukan kopi sachet tentunya setiap pagi anda akan meminumnya sambil baca Koran, setelah meminumnya biasanya terdapat ampas kopi pada dasar gelas anda. Anda bisa menggunakannya untuk menyiram tanaman dengan cara menambahkan sedikit air lalu menyiramnya ke tanaman. Lakukan secara bergantian ke beberapa tanaman  dirumah.

Begitupun dengan teh yang anda minum setiap saat .jika a menggunakan teh sachet anda bisa membuangnya langsung ditanaman beserta bungkusnya saat telah menyeduhnya, jika anda mau sedikit repot  bisa membuka teh yang berada dalam sachet tersebut dan menuangkann ampasnya kedalam pot.

Air bekas rebusan telur juga bisa anda manfaatkan untuk menyiram tanaman, caranya dengan mendiamkan air rebusan telur hingga dingin sebelum menyiramkannya ketanaman anda.Air rebusan telur banyak mengandung mineral yang dapat membantu pertumbuhan tanaman.

Anda sering mengalami masalah saat menyiram tanaman gantung yang posisinya diatas kepala  kita ? Tidak perlu khawatir dan bingung. Coba lakukan metode yang berbeda saat menyiram tanaman. Caranya dengan menaruh beberapa potong es batu kedalam pot, niscaya air siraman tidak akan langsung mengucur kebawah dan mengotori lantai. Mudah dan praktis bukan ?

Anda ingin bepergian selama beberapa hari namun memikirkan siapa yang akan menyiram tanaman dirumah sementara tidak ada orang lain yang merawatnya ? cara mengatasinya cukup mudah. Taruhlah wadah bersi air ditempat yang lebih tinggi dari pot tanaman anda.

Taruh sumbu kompor dari wadah air sampai menyentuh media tanam dalam pot. Sumbu kompor akan menyerap air lalu meneteskannya setiap saat kemedia tanam anda sehingga akan selalu basah. Sesuaikan wadah air dengan berapa lama anda akan meninggalkan tanaman anda. Jika tidak terlalu lama anda bisa menggunakan wadah air yang sedang tetapi jika cukup lama anda bisa menggantinya dengan ukuran yang lebih besar.

Menjaga Kesegaran Bunga

Apakah anda pernah mengalami saat membeli bunga-bunga segar yang dibawa/dibeli dari daerah sejuk kemudian menjadi layu akibat perubahan cuaca ? Saya rasa anda tidak sendiri, banyak orang pernah mengalami hal yang sama. Bahkan cenderung kapok membeli tananam dari daerah berhawa sejuk. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mencelupkan tangkai bunga kedalam air panas selama beberapa saat setelah itu anda bisa melihat bunga anda akan segar kembali.

Bunga potong anggrek akan lebih awet segar bila ditaruh dalam jambangan berisi air hangat.

Jika anda akan membawa bunga potong dalam perjalanan sebaiknya bungkuslah ujung tangkainya dengan tisu basah setelah itu bungkus lagi dengan aluminum foil.

Agar bunga potong dalam vas tidak cepat layu, jangan ditaruh dekat buah-buahan segar, karena buah matang tersebut mengeluarkan gas yang menyebabkan bunga cepat layu.

Bunga krisan akan lebih awet bila ujung tangkainya dibakar sedikit sebelum ditaruh dalam pot hias.

Jangan buru-buru membuang bunga potong yang agak layu. Potonglah tangkainya sekitar 2 cm dan taruh di air panas. Diamkan sampai airnya dingin. Bunga anda akan segar kembali.

Semoga Tips Menyiram dan Memupuk Tanaman Dalam Pot dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia griyahome. Hobi berkebun akan membuat anda dapat menyalurkan hobi anda apalagi saat merawatnya dan tumbuh subur .

Related Posts

Posting Komentar