Tips Melubangi Kayu Secara Tepat

Posting Komentar

 Tips Melubangi Kayu Secara Tepat

Mata bor anda sering meleset saat melubangi kayu dengan bor? Jika itu yang kerap terjadi saat anda sedang membuat suatu lubang pada media kayu anda bisa mencoba menerapkan tips melubangi kayu secara tepat didalam artikel ini. Kayu merupakan media yang paling banyak digunakan dalam suatu rumah meskipun beberapa bagian rumah mulai dapat disubsitusi bahan lain seperti baja ringan, besi hollow, kusen alimunium, dll.

Kayu merupakan salah satu bahan pembentuk suatu rumah yang masih banyak dipergunakan hingga kini walaupun memiliki berbagai kekurangan dan kelebihan. Masih banyak pemilik rumah yang menyenangi penggunaan kayu dibandingkan bahan lain seperti alumunium dan besi sebagai bahan baku pembuatan rumah. Tampilan rumah yang natural dan eksotik menjadi salah satu penyebab masih seringnya kayu digunakan.

Kita terkadang ingin bekerja sendiri untuk menghemat biaya, apalagi pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu berat seperti memasang engsel pintu atau lemari. Tapi terkadang saat ingin melubangi kayu, mata bor kita meleset dan akhirnya merusak bagian kayu, syukurlah jika kerusakan yang diakibatkan ketelodoran kita tidak besar tapi jika rusaknya cukup parah akhirnya kita harus mengganti dengan bahan baku yang baru. Ingin berhemat akhirnya malah lebih mahal.

Melubangi kayu dengan bor memang kelihatannya mudah dan enteng bagi yang berpengalaman, bagi kaum awam yang melihatnya kadang memandang remeh tapi pada saat mengerjakannya sendiri hasilnya bisa diluar ekspektasi. Material kayu memang memiliki tekstur yang lebih lunak dibandingkan beton, dinding plesteran rumah, ataupun besi. Namun untuk menghasilkan lubang bor yang sempurna tentu ada tata cara dan trik yang mesti anda ketahui. Berikut beberapa tips melubangi kayu yang tepat :

Mengenali Mata Bor dan Fungsinya

Pada dasarnya mata bor untuk kayu umumnya memiliki rongga antara pisau dan badan bor. Rongga tersebut berfungsi sebagai jalur keluar masuk serat kayu saat sedang melakukan pengeboran. Seiring perkembangan zaman yang meningkat fungsi dan jenis dari mata bor kayu juga ikut makin bervariasi. Kita dapat memilih mata bor sesuai dengan peruntukannya. Ada jenis twist bits dengan diameter 4mm-12 mm, spur bits 6 mm-15 mm, dan juga hole saw bits yang berbentuk seperti gergaji putar.

Mata bor twist bits merupakan mata bor yang paling banyak digunakan oleh para pengrajin kayu. Mata bor ini dapat diterapkan pada mesin bor tangan maupun mesin bor duduk. Mata bor twist dapat digunakan untuk melubangi kayu , plastik, dan logam. Ukurannya dapat anda pilih mulai dari 4 mm sampai 12 mm.

Mata bor twist bits
Gambar Mata Bor Twist Bits

Mata bor Spur bits memiliki ujung mata bor runcing dan pada bagian keliling mata bor terdapat pisau pengiris. Ujung runcing pada mata bor berfungsi agar mata bor tetap lurus dan hasil lubang dapat presisi. Mata bor ini tersedia mulai ukuran 6 mm sampai 15 mm.

Mata bor Spur bits
Gambar Mata Bor Spur Bits

Mata bor Hole Saw Bits merupakan mata bor yang berfungsi untuk melubangi media kayu dengan diameter lebih besar dan bentuknya sedikit penambahan dibanding mata bor kayu biasa. Mata bor ini tersedia mulai ukuran 25 mm-60 mm. Mata bor ini kerap juga digunakan oleh para praktisi hidroponik untuk melubangi pipa paralon sebagai lubang tanam.

Mata bor Hole Saw Bits
Gambar Mata Bor Hole Saw Bits

Kecepatan Mata Bor

Kita sering beranggapan bahwa makin cepat putaran maka semakin cepat lubang yang dibuat, namun ada hal penting yang perlu diperhatikan agar mata bor tidak cepat patah. Kita perlu mengatur kecepatan putar yang tepat. Sebagai patokan standar kita dapat memakai putaran 2500 rpm hingga 4000 rpm untuk diameter lubang yang kecil. Dan kecepatan dibawah 1000 rpm untuk diameter lebar. Jangan lupa untuk selalu mengontrol tekanan tangan saat mengebor agar mata bor tidak mudah patah.

Memberi Tanda

Agar akurat kita perlu memberi tanda terlebih dahulu pada kayu yang akan dilubangi. Tanda tersebut dapat berupa titik yang dibuat dengan spidol atau pensil kayu atau bisa juga dengan melubangi sedikit menggunakan paku atau sekrup untuk memudahkan jalur mata bor. Jika diameter lubang yang akan dibuat lebar maka perlu menggambar garis lingkar terlebih dahulu dengan spidol atau pensil. Saat melakukan pengeboran posisikan bor agar tegak lurus dengan bidang kayu agar hasilnya lebih rapi dan presisi.

Posisi Badan Yang Tepat

Posisikan kaki kiri di depan dan kaki kanan berada dibelakang

Posisikan tangan kanan pada gagang bor bagian belakang sambil menekan tombol power sedangkan tangan kiri memegang gagang bor bagian depan

Jika bor hanya mempunyai satu gagang tempatkan tangan kiri diatas bor

Lakukan pengeboran dengan menggunakan dua tangan agar lubang yang dibuat tepat sasaran dan stabil.

Posisi Badan Yang Tepat

Sekarang anda dapat mengebor kayu dengan nyaman. Jaga agar badan dan tangan anda tetap stabil saat mengebor. Eits.. jangan lupa menggunakan kacamata pelindung dan sarung tangan agar lebih safety.

Semoga “Tips Melubangi Kayu Secara Tepat” dapat membantu anda menyelesaikan pekerjaan anda dirumah dengan cepat dan hasilnya memuaskan.

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email