Menata Taman Agar Sesuai Dengan FengShui

Posting Komentar

 Menata Taman Agar Sesuai Dengan FengShui

Ingin menyeimbangkan Yin dan Yang pada taman dirumah anda?  Bukan cuma rumah anda yang perlu diperhatikan Fengshuinya tapi taman anda juga perlu anda perhatikan sebab taman yang luas dan lapang akan menngumpulkan lebih banyak energi qi yang positif buat para penghuni rumah. Jika anda ingin menata taman anda sesuai dengan fengshui ada beberapa hal perlu anda perhatikan. Penasaran apa saja itu? Teruskan saja baca artikel dibawah ini.

Taman yang baik juga memerlukan keseimbangan yin dan yang. Taman sendiri berlaku sebagai sarana yin dan aksesorinya yang ada dalam sebuah taman adalah yang. Keduanya harus selaras dan harmonis agar dapat menghasilkan qi positif buat sekitarnya. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menata taman agar sesuai dengan aturan fengshui:

Tanaman Berbunga dan Berbuah

Dalam pandangan dan aturan fengshui tanaman berbunga dan tanaman yang menghasilkan buah dipercaya dapat menepis energi negatif dalam bentuk pemandangan yang kurang baik. Taman yang penuh dengan tanaman berbunga akan membuat taman semakin semarak dan ceria.

Tanaman Berbunga dan Berbuah

Kehadiran tanaman berbunga dengan aneka warna yang menarik akan membawa kesegaran pada suasana disekeliling.  Mata akan dimanjakan dengan pemandangan indah. Hal tersebut juga berlaku bagi tanaman berbuah didalam taman anda. Semua pemandangan indah dari tanaman berbunga dan berbuah tersebut akan memberikan qi yang positif kedalam rumah anda dan sekitarnya.

Menanam Pepohonan

Jika anda akan menanam suatu pohon anda perlu memperhatikan lokasi tanaman akan diletakkan.. Anda bisa memilih menanam pohon berseberangan dengan area yang memiliki qi yang buruk seperti rumah sakit dan kuburan. Pohon dapat menghalangi datangnya energi buruk dari luar rumah.

Menanam Pepohonan

Sebaiknya hindari menanam pohon dekat dengan pintu masuk rumah karena dapat menghalangi aliran qi masuk. Hindari juga menanam pohon  yang memiliki akar yang kuat dekat dengan rumah. Akar pohon yang besar dan kuat dapat merusak struktur bangunan.

Elemen Air

Air merupakan salah satu elemen yang penting dalam fengshui. Menempatkan elemen air pada kolam dekat taman dapat menyejukkan lingkungan sekitarnya dan membawa qi positif. Dalam aturan fengshui suara gemercik air disebut sebagai qi suara yang dapat membawa ketenangan siapapun yang mendengarnya. Elemen air dikolam harus dijaga agar selalu mengalir agar qi dapat berkumpul sebelum “diundang” masuk kedalam rumah.

Elemen Air

Pagar Bambu

Pagar bambu dapat meredam suara bising atau qi suara negatif yang berasal dari luar rumah, semakin rapat pohon bambu maka semakin baik meredam suara bising.  Bambu dapat dijadikan sebagai pagar hidup yang memiliki tampilan natural dan artistik. Bambu memiliki nilai filosofi yang tinggi yang menyimbolkan tingkat fleksibilitas dan adaptasi terhadapa naik turunnya grafik kehidupan.

Pagar Bambu

Lonceng / Genta Angin

Lonceng/genta angin bisa terbuat dari berbahan seperti kayu, logam, dan beberapa bahan lainnya. Suara yang dihasilkan oleh lonceng/genta angin dapat menepis energi negatif Sha chi yang berasal dari energi “wu huang” yang dapat menstimulasi malapetaka dan penyakit berat. Lonceng angin dapat diletakkan pada luar rumah seperti teras dan halaman belakang. Bukan cuma lonceng angin anda juga dapat menghadirkan gemercik air dan desir angin lewat tanaman yang rimbun.

Lonceng / Genta Angin

Kicau burung yang terbang secara alami dan bermain diantara pepohonan rumah anda dapat juga menghasilkan qi positif, namun bukan yang berasal dari burung yang dikandangkan. Mengurung burung sama artinya memenjarakan kehidupan makhluk lain dan ini memberikan energi yang kurang baik bagi rumah anda.

Stepping Stone

Stepping stone sering digunakan sebagai bagian taman yang dapat mempercantik tampilan sebuah taman, model stepping stone bisa bermacam-macam ada yang berbentuk persegi, bulat, dll. Elemen taman yang satu ini bersifat keras dan maskulin. Usahakan dalam pembuatannya agar bentuknya tidak kaku. Kita dapat membuat stepping stone dengan alur yang melengkung, sehingga keseimbangan dapat tercipta. Dekorasi stepping stone yang memiliki alur melengkung dapat melembutkan aliran qi yang deras dari arah luar rumah.

Stepping Stone

Menata Taman Agar Sesuai Dengan FengShui memang memerlukan waktu dan biaya agar dapat menciptakan aliran qi yang harmonis didalam dan diluar rumah. Kesimbangan yin dan yang akan membuat anda sebagai pemilik rumah akan medapatkan banyak manfaat positif jika taman anda harmonis dengan alam sekitarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Posting Komentar