Lotus Tanaman Air Pengisi Kolam Dirumah Anda

Posting Komentar

 Lotus Tanaman Air Pengisi Kolam Dirumah Anda

Lagi bingung mencari tanaman air untuk kolam di taman rumah anda? Mengapa tidak mencoba menanam lotus. Bunganya yang cantik bisa memperindah tampilan taman kolam dirumah anda.  Selain itu tanaman lotus juga bisa berfungsi sebagai tanaman obat. Apa saja yang perlu anda ketahui tentang tanaman lotus? Simak artikel ini untuk menemukan cara menanam lotus didalam kolam taman anda .

Tanaman air berbunga cantik ini banyak digunakan sebagai simbol kesuciaan. Selain itu bijinya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Di habitat asalnya lotus dapat kita temukan didaerah rawa-rawa dan sungai yang berair bersih dan berarus tenang. Akar lotus berbentuk serabut dan batangnya tidak berkayu. Lotus bisa ditanam didalam kolam atau didalam tempayan.

Perbedaan Lotus dan Teratai

Masyarakat sering salah mengidentifikasi tentang mana lotus dan mana teratai. Kadang keduanya dianggap sama padahal sejatinya mereka berdua memiliki perbedaan. Persamaannya hanya keduanya merupakan tanaman air. Tanaman lotus termasuk dalam keluarga Nelumbo sedangkan tanaman teratai termasuk dalam genus Nymphea. Jadi secara genus keduanya telah memiliki perbedaan.

Perbedaan lain dapat kita lihat dari bentuk tanamannya. Bunga serta daun tanaman lotus memiliki tangkai panjang, berdiri tegak diatas permukaan air. Sedangkan teratai memiliki daun yang mengapung diatas permukaan air. Bunga tanaman lotus dibagian tengah memiliki kantung biji berukuran besar sedangkan bunga teratai tidak memiliki kantung biji seperti lotus.

Perbedaan Lotus dan Teratai

Cara perawatan tanaman lotus termasuk mudah. Tanaman ini hanya membutuhkan media tanam berupa lumpur yang selalu tergenang air disamping itu tanaman ini menyukai sinar matahari langsung. Lotus yang kekurangan sinar matahari umumnya memiliki ukuran daun yang kecil. Tangkai daun tidak bisa berdiri tegak dan terkulai dan jumlah daunnya pun hanya berjumlah sedikit.

Cara Memperbanyak Tanaman Lotus

Tanaman lotus sering dijajakan oleh penjual tanaman sebagai penghias taman. Umumnya jenis lotus yang diperjualbelikan adalah lotus yang berbunga pink atau putih namun apabila kita telah memiliki induk tanaman lotus kita juga bisa memperbanyak sendiri tanaman tersebut.

Lotus bisa diperbanyak dengan cara vegetatif dengan menggunakan rimpang. Namun kita juga bisa menggunakan biji. Biji yang akan digunakan sebagai bibit harus dalam keadaan segar dan kondisi kering.  Biji terbaik dapat kita peroleh dari tanaman lotus yang sudah berbuah dan matang.

Cara Memperbanyak Tanaman Lotus

Biji-biji yang dipanen lalu ditabur diatas media tanam yang lembap. Media tanam tersebut bisa diramu dengan bahan tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Sekitar 1-2 minggu setelai semai biji biasanya telah mengeluarkan tunas baru. Bibit yang telah memiliki beberapa daun bisa dipindahkan menuju tempat penanaman yang permanen. Pemidahan sebaiknya dilakukan pada saat sore hari.

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk memperbanyak tanaman lotus adalah dengan menggunakan rimpang. Caranya dengan mengeluarkan tanaman lotus dari pot. Kemudian pilih rimpang yang berukuran besar dan sehat. Potong dan pisahkan rimpang dari induk tanaman, jangan lupa gunakan pisau yang tajam dan steril. Bibit lotus dari hasil pemotongan tersebut bisa langsung ditanam dalam media tanan yang terbuat dari campuran pupuk kandang dan lumpur. Perbandingannya 1:2. Setelah itu tempatkan tanaman ditempat yang teduh selama seminggu agar bisa beradaptasi dengan media tanam baru. Setelah tanaman terlihat mulai segar, bibit lotus bisa dikeluarkan menuju lokasi yang terkena sinar matahari langsung.

Lotus Tanaman Tahan Banting

Lotus merupakan tanaman tahan banting artinya jika semua kebutuhan hidupnya terpenuhi lotus jarang terkena penyakit. Namun jika tanaman lotus ditaruh ditempat teduh yang kurang mendapat cahaya tanaman ini rentan diserang oleh kutu daun. Hama ini dapat menghabiskan daun dan batang tanaman yang akhirnya membuat tanaman mengering. Jika serangannya parah daun tanaman bisa habis hanya dalam 1 minggu.

Serangan kutu daun dapat dicegah dengan manaruh lotus ditempat yang terkena sinar matahari langsung. Penyemprotan pestisida bisa diterapkan apabila kutu menyerang dalam jumlah banyak terutama saat musim hujan tiba.

Pemupukan Tanaman Lotus

Agar tanaman tumbuh optimal tanaman sebaiknya dipupuk. Pemupukan lotus bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk cair maupun NPK. Pupuk cair bisa dilarutkan terlebih dahulu kedalam air lalu disiramkan kemedia tanam. Bisa juga diaplikasikan dengan menyemprot daun tanaman. Sementara untuk pupuk NPK butiran bisa diaplikasikan dengan jalan mencampurkan kedalam media tanam. Dosisnya cukup 1 sendok teh untuk setiap pot.

Perawatan lain yang perlu dilakukan adalah repotting atau penggantian media tanam. Penggantian media tanam dilakukan ketika rumpun lotus yang berada didalam pot sudah mulai berdesakan. Repotting bisa sekaligus untuk memperbanyak koleksi tanaman lotus anda.

Tips Griya Home

Tanaman air rentang digunakan sebagai tempat bertelur nyamuk yang dapat membahayakan seisi rumah. Agar jentik nyamuk tidak bisa berkembang didalam pot atau kolam, anda bisa menaburkan bubuk abate kedalam media tanam untuk membunuh jentik nyamuk. Cara lain yang bisa ditempuh adalah meletakkan ikan yang gemar menyantap jentik nyamuk seperti ikan cupang, molly, guppy atau ikan pedang ke dalam media tanam lotus.

Semoga artikel “Lotus Tanaman Air Pengisi Kolam Dirumah Anda” dapat memberikan inspirasi buat anda saat akan mempercantik kolam taman dirumah ataupun ingin menggunakan tanaman lotus untuk mempercantik tampilan taman dengan menaruhnya ditempayan.

 

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email