FengShui Rumah Tinggal dan Tips Hoki

Posting Komentar

 FengShui Rumah Tinggal dan Tips Hoki

Fengshui rumah tinggal adalah ilmu metafisika kuno dari Tiongkok yang mempercayai bagaimana keharmonisan antara manusia, surga, astronomi, juga bumi, untuk memperbaiki hidup dengan cara yang lebih positif. Perhitungan pada ilmu fengshui dapat diterapkan pada beberapa hal, diantaranya adalah pada pembuatan desain rumah agar menjadi lebih baik. Ingin mengetahui bagamana fengshui rumah tinggal yang baik dan tips agar hoki? Simak artikel ini dan terapkan pada rumah anda dan akan merasakan keberuntungan mengikuti anda.

Dalam fengshui kita sering mendengar istilah yin yang. Prinsip keseimbangan yin yang bukan hal baru bahkan telah dipakai sejak ribuan tahun yang lalu oleh bangsa Cina dan berkembang keseluruh dunia. Dua kekuatan ini saling bertolak belakang namun saling melengkapi. Keseimbangan inilah yang merupakan bagian dari fengshui.

Yin disimbolkan sebagai air yang memiliki sifat pasif, dingin, lembut, halus dan sifat lain yang tenang sebaliknya yang disimbolkan sebagai api yang bersifat panas, aktif, agresif dan lebih bergejolak. Kedua elemen yang saling berlawananan ini mencakup segala aspek dalam kehidupan manusia termasuk dalam desain rumah tinggal dan tugas kita adalah memadukan kedua unsur tersebut agar bersinergi untuk menghasilkan chi positif kedalam rumah kita.

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pembuatan desain rumah yang baik menurut fengshui rumah, aspek-aspek tersebut diantaranya:

Menentukan Lokasi Penempatan Ruangan Agar Tepat Sesuai Fengshui

Salah satu caranya adalah dengan menempatkan rumah pada posisi yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup artinya tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan. Kemudian perhatikanlah pula tingkat keamanan dari lingkungan rumah tersebut, karena fengshui rumah juga menganjurkan selain rumah harus ditempatkan pada lingkungan yang cukup cahaya agar sirkulasi udara yang dimilikinya bagus, rumah tersebut juga harus terjaga dari segi kebersihan dan lain sebaginya. Selain itu perhatikan pula untuk pemilihan warna dan bentuk rumah, karena hal ini juga turut mempengaruhi fengshui rumah anda.

Lingkungan Yang Harus Dihindari Dalam Penempatan Rumah Menurut Fengshui

Apabila penjelasan di atas, berkaitan dengan lokasi yang harus dicari untuk menempatkan suatu rumah yang baik menurut fengshui rumah, maka beberapa hal selanjutnya ini adalah beberapa lingkungan yang harus dihindari, karena dapat membawa hal negatif pada penempatan rumah. Seperti diantaranya lokasi yang dekat dengan kuburan, rumah sakit, tempat penjagalan hewan, jalan tol, rel kereta api, menara listrik dan juga telekomunikasi. Hal tersebut selain harus dihindari karena cukup membahayakan tetapi juga dapat membawa pengaruh atau hawa negatif, seperti halnya terlalu banyak melihat orang menangis, dan lain sebagainya menurut fengshui rumah .

Ruangan Dengan Perhatian Khusus Fengshui

Dalam fengshui rumah ini juga terdapat beberapa ruangan khusus yang pada nantinya juga harus mendapatkan perhatian khusus dalam perawatan dan juga tata letak yang akan dilakukan oleh pemiliknya. Tempat ataupun ruangan khusus tersebut diantaranya adalah ruang tidur utama, dapur, bagian lokasi tangga, dan juga ruang keluarga.

Menetralkan Ruang Dapur

Qi berelemen api dari kompor memiliki sifat selalu naik dan agresif yang membuat suasana ruang jadi terasa panas. Untuk anda menyukai memasak didapur qi ini akan membuat anda makin bersemangat. Namun energi yang berlebihan tanpa penangkal juga tidak baik untuk anda.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredam qi berelemen api yaitu dengan mengaplikasikan unsur tanah, kayu, dan logam. Unsur tanah dapat diwakilkan dengan kehadiran beberapa pot bunga berukuran kecil yang diletakkan di sudut dapur.

Unsur kayu dan logam dapat dipadukan pada finishing kitchen set yang menggunakan unsur kayu pada cabinet dan stainless stell pada back panel. Selain mendinginkan ruangan unsur logam berupa stainless steel akan memudahkan anda membersihkan area dapur anda.

Dominasi Unsur Yin Dalam Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan tempat untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. Interior pada kamar tidur sebaiknya didominasi unsur yin yang bersifat tenang, dingin dan pasif. Unsur yin ini dapat dihadirkan dengan menerapkan warna lembut pada dinding kamar dan plafon kamar seperti biru muda atau beige (abu-abu kecoklatan) yang dilengkapi cahaya tidak langsung yang membuat suasana kamar tidur temaram.

Untuk menyeimbangkan unsur yin agar lebih dinamis kita dapat mengkombinasikan dengan berbagai aksesori penghias ruangan seperti bedcover, karpet atau bingkai foto.

Fengshui Anak Tangga Rumah

Tangga menjadi salah satu elemen menarik didalam rumah selain menghubungkan antara lantai yang berbeda tangga juga berfungsi sebagai sirkulasi udara. Unsur yang didapatkan dari anak tangga yang terbuat dari beton dan dinding sehingga kita perlu menyeimbangkannya dengan unsur yin. Kita dapat menambahkan unsur kayu sebagai pegangan tangga ataupun sebagai pengaman tangga. Permainan warna juga bisa menjadi penyeimbang. Warna gelap pada unsur kayu dapat menimbulkan kesan berat dan harus diseimbangkan dengan warna putih atau warna lembut pada dinding disisi tangga.

Lukisan Fengshui Ruang Keluarga

Aplikasi unsur yin dan yang juga dapat diterapkan pada elemen dekoratif rumah. Ada banyak benda fengshui penarik rejeki yang dipercaya membawa keberuntungan kepada pemiliki rumah salah satunya adalah lukisan. Kita sering menemukan diberbagai rumah dan kantor lukisan yang berisikan lukisan ikan koi ataupun lukisan kuda yang sedang berlari. Kedua lukisan tersebut memiliki makna yang dalam dan dipercaya memiliki chi positif untuk rezeki. 

Lukisan-lukisan tersebut dapat dipajang diruang dengan nilai qi yang baik agar nilai estetika ruang juga ikut meningkat salah satunya adalah diruang tamu atau ruang keluarga. Ruangan yang membawa aura positif akan membuat anda nyaman menghabiskan waktu diruangan tersebut.

Gradasi Warna Yang Seimbang

Perpaduan warna merupakan kunci dalam desain ini. Perpaduan yin dapat terwujud pada pemilihan warna tanah, air atau logam yang bersifat dingin dan menyejukkan misalnya biru dan coklat.

Anda dapat mengkombinasikan warna terang (yang) dengan warna lembut (yin) pada dinding dan aksesoris dirumah anda. Selain warna kita juga bisa bermain dengan tekstur, material kayu yang memiliki energi hangat sangat cocok diterapkan diruang keluarga dan ruang baca. Agar suasana tidak membosankan anda dapat mengkombinasikan kayu dengan dinding yang di finishing cat dekoratif atau berbalut marmer warna cokelat muda.

Demikianlah informasi mengenai aspek-aspek yang terdapat dalam pembuatan desain rumah yang baik menurut fengshui rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan dan juga memperhatikan posisi rumah anda kedepannya, dan jangan lupa untuk mengaplikasikan ilmu metafiska kuno dari fengshui ini.

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email