Desain Rumah Minimalis Gaya Jepang

Posting Komentar

 Desain Rumah Minimalis Gaya Jepang

Penasaran apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat desain rumah minimalis Gaya Jepang? Baca artikel ini dan temukan berbagai hal penting yang perlu anda perhatikan dalam membuat rumah bergaya Jepang yang sesuai dengan keinginan anda.

Interior rumah minimalis gaya oriental saat ini mulai banyak diminati publik, dan gaya Jepang adalah salah satu yang paling banyak disukai. Ini karena rumah minimalis gaya Jepang mampu memberikan kesan tradisional, bersih, rapi dan tentu saja simpel, sehingga cocok untuk diaplikasikan untuk gaya rumah minimalis. Dalam membangun interior rumah minimalis gaya Jepang, ada beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan sehingga rumah minimalis anda terlihat bagus, berikut beberapa tips yang dapat anda jadikan patokan dalam desain rumah bergaya Jepang :

Munculkan Unsur Alam

Rumah bergaya Jepang terkenal dengan nuansa alam di dalamnya, anda dapat membangun taman dengan kolam minimalis di bagian belakang rumah anda, sehingga ruangan tersebut terlihat dari ruang keluarga dan ruang makan, anda juga dapat menghiasi tembok anda dengan dinding batu dengan aliran air dari atas sehingga menambah kesan sejuk di rumah anda.

Munculkan Unsur Alam

Kombinasi antara berbagai ornamen taman, kolam, lampu taman akan mengahadirkan suasana harmonis yang menyatu dengan alam. Unsur alam seperti air (kolam), tanah (tanaman), api (lampu) yang harmonis akan menghasilkan energi positif yang baik untuk pemilik rumah.

Bathtub Di Kamar Mandi / Ofuro

Selain nuansa alam, anda juga dapat memberikan bathtub di kamar mandi anda, benda ini juga dapat menjadi ciri rumah bergaya Jepang.  Walaupun saat ini telah banyak model bathtup yang modern dengan desain yang cantik dan unik tapi desain kamar mandi bergaya Jepang tetap memiliki penggemar tersendiri. Gaya klasik modern dapat diterapkan seperti pada desain dibawah ini.

Bathtub Di Kamar Mandi / Ofuro

Selain mandi seperti biasa, Jepang juga memiliki tradisi unik yang sering dilakukan oleh warga Jepang yaitu berendam. Ada banyak tempat wisata alam di Jepang  yang menawarkan para wisatawan untuk berendam.

Pintu Geser Gaya Jepang / Shoji

Jika umumnya pintu yang berada diIndonesia didorong kedalam atau keluar, hal ini sedikit berbeda dengan pintu di Jepang. Pintu disana umumnya digeser kesamping. Pintu geser juga menjadi ciri rumah bergaya Jepang, pintu tersebut biasanya hanya berbahan kayu ringan, atau bahkan kayu hanya sebagai tulang, lainnya dari kertas, sebagai pintu kamar atau ruang keluarga. Pintu geser ini bahkan banyak diterapkan negara lain seperti direstoran dan  spa.

Pintu Geser Gaya Jepang / Shoji

Penggunaan Elemen Kayu Dan Bambu

Rumah gaya Jepang juga terkenal dengan kombinasi kayu dan bambu, Anda dapat mengkombinasikannya dengan dinding rumah anda. Lantai bermotif kayu juga baik untuk menambah kesan natural di ruangan anda. Gunakan warna yang lembut dan alami sehingga menghasilkan kesan alami yang kuat.

Penggunaan Elemen Kayu Dan Bambu

Penggunaan kayu dan bahan alami memang mendominasi desain rumah dengan gaya tradisional Jepang, kita dapat menemukan diberbagai bagian rumah ornamen dan perabotan yang menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya seperti lemari, pintu geser, meja dan berbagai perabotan lainnya.

Lorong Masuk

Lorong masuk pada rumah gaya Jepang juga dapat anda buat dengan tangga sederhana, anda dapat memanfaatkan lorong ini sebagai tempat menyimpan benda anda seperti sepatu, payung, dll. Lorong masuk dengan lantai kayu akan menambah eksotisme rumah anda. Desain model dibawah ini sering diterapkan pada rumah gaya jepang klasik.

Lorong Masuk

Furniture Yang Rendah

Pilih furniture yang tidak begitu tinggi, karena rumah gaya Jepang biasanya mengguankan furniture yang rendah atau meja jenis lesehan. Furniture dengan model rendah ini hampir dapat kita jumpai diberbagai tempat baik rumah warga, restoran, dan berbagai tempat lainnya. Untuk yang belum terbiasa mungkin diawal menggunakan konsep ini akan merasakan kesemutan (kram) jika terlalu lama duduk bersila tapi hal itu akan hilang dengan sendirinya setelah tubuh mulai beradaptasi.

Furniture Yang Rendah

Ventilasi Udara Dan Cahaya Alami Langsung Masuk Keruangan

Anda juga dapat membuat ruang terbuka dengan pencahayaan alami di rumah anda, ruangan ini bisa anda buat dengan menggunakan kaca sebagai dinding rumah anda dan menaruh kaca pada bagian atas plafon anda. Rumah ini akan mengurangi pemakaian energi listrik pada siang hari dan saat malam hari anda bahkan melihat bintang dari dalam ruang santai anda.

Ventilasi Udara Dan Cahaya Alami

Penggunaan Warna Tradisional

Gunakan warna-warna khas Jepang seperti putih, warna kayu, coklat soft. Gaya Jepang tidak pas jika anda terlalu memainkan warna yang ramai (nge-jreng). Warna-warna Jepang cenderung kepada warna alam yang berkesan natural.

Penggunaan Warna Tradisional

Demikian beberapa tips membangun desain rumah minimalis gaya Jepang, semoga bermanfaat. Namun ingat, kondisi geografi dan cuaca di Indonesia belum tentu cocok untuk adaptasi sepenuhnya rumah gaya Jepang, perlu penyesuaian di sana-sini untuk menemukan hasil yang terbaik, sehingga tidak hanya style saja yang dapat, namun juga fungsional.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email