6 Langkah Bisa Kita Lakukan Untuk Menjaga Bumi

Posting Komentar

 6 Langkah Bisa Kita Lakukan Untuk Menjaga Bumi

Langkah apa yang anda dan saya bisa lakukan untuk menjaga bumi? Pertanyaan ini bisa menjadi renungan buat kita semua karena selama kita mengontrak di bumi ini apakah yang sudah anda dan saya lakukan untuk menjaga bumi. Jangan sampai “hutang “ kita terhadap bumi mesti dibayar anak cucu kita dengan berbagai bencana alam dan anomali cuaca ekstreem.

Anomali cuaca yang beberapa tahun belakangan ini terjadi di bumi membuat banyak pihak berusaha menjaga agar bumi ini dapat tetap aman dan nyaman untuk dihuni. Kita mendengar dan melihat bagaimana es mulai mencair dikutub utara yang mengkibatkan permukaan air laut naik, bencana alam dan perubahan cuaca mulai sering terjadi diberbagai belahan bumi yang bahkan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang jumlahnya tidak sedikit.

Konsep “green” sering disalahpahami hanya sebagai ruang terbuka hijau yang menyediakan berbagai tanaman hijau. Padahal ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan hunian “Hijau” yang sebenarnya. Apa saja langkah tersebut, langsung saja kita bedah satu persatu :

Menggunakan Air Seperlunya

Slogan hemat air telah didengungkan oleh Perusahaan Air Minum milik BUMN sejak lama, cuma pengaplikasian dilapangan sepertinya masih belum maksimal mengingat masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya air. Anda bisa hidup tanpa air? Jangankan untuk minum, tidak mandi selama seminggu bisa membuat anda gatal-gatal dan gerah luar biasa. Kecuali memang sudah dari sononya malas mandi jangankan seminggu berbulan-bulan pun tidak jadi masalah untuk manusia model begini. (jangan tersinggung ya).

Menurut beberapa sumber, manusia bisa bertahan hidup tanpa makan selama 3-4 minggu (secara umum) tetapi manusia hanya bisa bertahan selama 4-7 hari tanpa minum (tergantung kondisi sekitar). Bayangkan jika air makin berkurang di bumi? Bencana!

Menggunakan Air Seperlunya

Defisit air diperkirakan akan meningkat seiring jumlah penduduk yang makin bertambah dari tahun ketahun, sungguh ironis saat kita mengalami defisit air dibenua yang satu, dibenua yang lain malah menghamburkan air tanpa sengaja. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah lupa mematikan keran air wastafel atau bak air kamar mandi. Hemat air juga bisa dilakukan dengan tidak lagi menggunakan bathub atau bak mandi untuk membersihkan badan. Anda bisa membayangkan air yang terbung saat usai mandi menggunakan bathub? Gunakan shower atau pancuran sebagai salah satu solusi menghemat air.

Mengelola Limbah dan Sampah

Menurut penelitian diperkirakan akan terdapat sekitar 1,3 milliar ton sampah dibumi pada tahun 2040 baik sampah yang ada didarat maupun dilautan, khusus ibukota jakarta saja sampah yang dihasilkan bisa mencapai 7000-8000 ton/hari. Dan hanya sekian persen yang dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai. Apa yang bisa kita perbuat dirumah perihal limbah dan sampah? Minimal mengurangi “sedikit” sampah milik kita sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Mengelola Limbah dan Sampah

Terapkan 3 R (Recycle, Reduce, Reuse) manfaatkan bahan-bahan yang masih bisa dimanfaatkan misalnya mengumpulkan limbah dapur berupa potongan sayur, kulit buah, kulit telur, dan berbagai sumber organik lainnya untuk diolah menjadi pupuk kompos. Barang-barang lain seperti botol air dapat anda sulap menjadi pot-pot cantik yang menarik untuk anda tanami tanaman hias ataupun sayuran.

Gunakan Perangkat Elektronik Hemat Energi

Perangkat elektronik merupakan salah satu kebutuhan yang sulit dipisahkan saat dunia menjadi semakin modern dan berkembang. Tetapi kita diberi pilihan untuk bijaksana dalam memilih perangkat elektronik tersebut. Kita dapat memilih jenis perangkat elektronik hemat energi sebagai salah wujud kepedulian kita terhadap bumi. Contohnya : suhu bumi yang makin memanas membuat penggunaan Air Conditioning juga ikut meningkat terutama di kota-kota besar yang memiliki iklim cenderung panas.

Gunakan Perangkat Elektronik Hemat Energi

Tapi saat ini telah ada teknologi AC yang menggunakan human detector yang secara otomatis akan menurunkan suhu udara pada saat tidak ada orang dalam ruangan sehingga energi listrik dapat berkurang, disamping itu telah tersedia pula AC low watt yang membutuhkan energi lebih sedikit dibandingkan AC standar. Memang sih harganya lebih mahal sedikit tetapi pemakaian jangka panjang akan lebih hemat karena dapat mengurangi tagihan listrik anda setiap bulan.

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah mengganti secara bergilir lampu rusak dirumah anda dengan lampu LED (Light Emiting Diode). Lampu jenis ini termasuk dalam kategori lampu hemat energi, hanya dengan penggunakan lampu 15 watt saja bisa setara dengan 75 watt lampu tabung model dulu. Lampu LED juga mampu menghemat sekitar 60 % dari pemakaian energi listrik dirumah anda khususnya dibidang penerangan.

Pengaturan Jendela dan Tanaman Di Rumah Anda

Saat anda membuat sebuah rumah sebaiknya anda memberikan porsi yang lebih untuk peletakan jendela dirumah anda. Semakin banyak jendela dirumah anda maka otomatis rumah anda semakin terang saat siang hari, itu artinya anda tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari. Rumah yang memiliki jendela yang lebih akan terasa lebih sejuk karena udara dapat bersirkulasi dengan baik sehingga pendingin udara bisa diminimalisir.

Pengaturan Jendela dan Tanaman Di Rumah Anda

Salah satu hal penting yang dapat anda lakukan yaitu memperbanyak tanaman dirumah anda agar rumah anda makin cantik dan sejuk. Anda bisa memilih tanaman sesuai dengan karakter dan kebutuhan anda. Manfaat positif dengan menanam tanaman dirumah anda salah satunya dapat menyerap polusi udara yang tidak terlihat oleh mata kita.

Bersepeda sambil olahraga

Jika anda ingin pergi kesuatu tempat dengan jarak tidak terlalu jauh anda bisa menggunakan alternatif menggunakan sepeda sebagai kendaraan anda. Misalnya kekantor atau sekolah. Mungkin dinegara kita hal ini belum lumrah dilakukan tidak seperti di negara Belanda dan Jepang. Pemandangan bersepeda dengan menggunakan pakaian rapi dapat dengan mudah kita jumpai dikedua negara tersebut.  Selain menyehatkan kita juga dapat membantu mengurangi polusi udara dari emisi kendaraan bermotor.

Bersepeda sambil olahraga

Lokasi Membangun Rumah

Sebelum memulai proses membangun rumah sebaiknya kita perlu mengetahui lokasinya secara tepat dan mengetahui apakah lokasi tersebut bukan berada di areal hijau atau daerah resapan air. Pembangunan yang tidak memperhatikan poin diatas seperti menebar “bom waktu” yang dapat meledak suatu hari dalam bentuk banjir.

Saat membangun rumah pemilik rumah biasanya menebang habis seluruh pohon dalam lokasi yang akan dibangun untuk mempermudah proses pembangunan rumah, sedikit saran dari penulis jika seandainya luas tanah yang anda miliki cukup besar sisakan beberapa pohon yang dianggap tidak mengganggu proses pembangunan rumah. Bayangkan jika anda memotong sebuah pohon berumur puluhan tahun yang dapat menjaga sumber air tanah anda tetap mengalir. Disamping itu pohon tersebut bisa membuat rumah anda makin sejuk dengan daunnya yang rindang. Hargailah alam dan alam akan membalasnya dalam cara yang berbeda.

6 Langkah Bisa Kita Lakukan Untuk Menjaga Bumi ini jika dilakukan dengan komitmen yang tinggi serta berkelanjutan maka manfaatnya akan dirasakan di masa-masa mendatang jadi jika saatnya tiba kita meninggalkan dunia, kita tidak lagi berhutang kepada anak cucu kita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda semua dan memberikan pencerahan.

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Posting Komentar