Tips Memilih Interior Karpet Agar Sesuai Ruangan

Posting Komentar

 ips Memilih Interior Karpet Agar Sesuai Ruangan

Bagaimana cara yang Tepat dalam memilih interior karpet agar sesuai dengan ruangan dirumah anda ? Jika itu menjadi pertanyaan anda silahkan ikuti beberapa tips dibawah ini agar tidak salah dalam memilih karpet. Karpet dapat membawa nuansa yang berbeda jika diletakkan dengan tepat dalam sebuah ruangan. Tapi ingat kita mesti mengikuti beberapa aturan agar hasilnya dapat memuaskan dan sesuai dengan selera kita.

Dalam desain interior rumah, karpet adalah salah satu elemen penting. Selain karena medianya yang luas juga faktor gaya (corak dan warna) yang bisa mempengaruhi interior suatu rumah/ruangan. Gaya, bentuk dan ukuran karpet dapat mengubah tampilan ruang secara keseluruhan, sehingga anda harus memilih warna dan desain karpet dengan teliti dan hati-hati. Keputusan anda memilih karpet mungkin didasarkan pada selera pribadi, namun ada beberapa hal penting yang layak untuk dipertimbangkan.

Tips Memilih Interior Karpet Agar Sesuai Dengan Ruangan

KONTINYUITAS KARPET

Menggunakan satu gaya karpet di beberapa ruangan berbeda akan menciptakan aliran diantara karpet dan ruangan. Perlu diperhatikan bahwa karpet bisa terlihat berbeda di siang hari dan malam hari. Cahaya natural di siang hari membuat karpet tampak lebih cerah, sebaliknya cahaya buatan seperti lampu membuat karpet terlihat lebih gelap. Perlu diperhatikan pula, dalam memilih karpet perhatikan dekorasi interior ruangan tempat karpet akan diletakkan, jangan sampai berlawanan, usahakan corak karpet bisa membaur dengan dekorasi interior sekitarnya.

KONTINYUITAS KARPET

POLA KARPET

Secara garis besar ada 2 macam pola karpet, bermotif dan polos, masing-masing memiliki manfaat berbeda. Karpet polos akan lebih mudah berpadu dengan desain interior ruangan disekitarnya. Namun karpet polos yang ditepatkan di ruang yang besar akan membuat ruangan tersebut terasa “sepi”. Dalam memilih karpet polos perhatikan juga masalah warna, pilih yang benar-benar bisa blending dengan interior sekitarnya. Sedangkan karpet bermotif bisa menjadi pusat perhatian. Jika interior ruangan sekelilingnya relatif berwarna datar/polos, karpet bermotif bisa menjadi pilihan yang tepat. Disamping itu, karpet bermotif bisa menyembunyikan noda-noda minor seperti tumpahan makanan atau noda kue.

POLA KARPET

TEKSTUR KARPET

Ada beragam tekstur karpet di pasaran. Mulai dari beludru, wool, rumput dan lainnya. Karpet dengan berbagai tekstur tersebut dapat menambah nuansa mewah dilantai anda. Selain itu tekstur yang lembut akan menambah kenyamanan ketika digunakan untuk bersantai diatasnya, cocok untuk ruang keluarga. Karpet ini sangat cocok digunakan diruang TV , Ruang baca, dll.

TEKSTUR KARPET

BENTUK KARPET

Pilihlah karpet sesuai ukuran ruangan dimana karpet akan diletakkan. Terlalu kecil maka akan terihat tidak proporsional dan mengganggu, terlalu besar akan memberi kesan tidak rapi. Ruangan yang melengkung akan cocok untuk dipasang karpet berbentuk persegi, namun semua tergantung tata letak desain interior rumah anda. Usahakan warna karpet dapat harmonis dengan perabotan sekitar.

BENTUK KARPET

Itulah beberapa tips untuk memilih interior karpet agar sesuai ruangan sebagai salah satu elemen penting sebuah interior rumah. Pastikan faktor-faktor diatas anda pertimbangkan sehingga anda akan mendapatkan sebuah kombinasi interior rumah yang pas. Tidak perlu mewah untuk membuat interior rumah tampak bagus. Hanya perlu kejelian dalam menyusunnya.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email