Taman Tropis Gaya Bali, Suasana Bali di Rumah Anda

Posting Komentar

 Taman Tropis Gaya Bali, Suasana Bali di Rumah Anda

Pernah berlibur ke Pulau Bali? Rindu ingin menghadirkan suasana layaknya di Pulau Dewata dihalaman rumah anda? Taman tropis bergaya Bali memang banyak dinikmati oleh berbagai kalangan, suasana yang nyaman dan sejuk membuat kita seolah-olah menyatu dengan alam membuat kita makin kerasan tinggal dirumah. Apa saja yang menjadi ciri dari sebuah taman tropis gaya Bali? Ingin tahu lebih jauh cara menghadirkan suasana taman bergaya bali? Simak terus artikel ini.

Bali memang menjadi magnet yang yang kuat bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. Keindahan alam, budaya, keramahaan warga lokal membuat wisatawan yang berkunjung ingin selalu.. dan selalu ingin kembali. Salah satu hal menarik dari Bali adalah desain tamannnya. Taman bernuansa tropis ini sering kita jumpai dihotel dan resort-resort yang terdapat di Pulau Dewata. Apakah anda tertarik memiliki taman tropis ala bali ini? Berikut cara menghadirkan suasana taman tropis gaya Bali di rumah anda :

Tanaman Tropis Bali

Tanaman merupakan salah satu unsur penting dalam taman tropis bergaya Bali. Semakin besar dan rimbun suatu tanaman maka karakter taman Bali semakin kuat terasa. Beberapa jenis tanaman yang sering kita temukan pada taman Bali antara lain :

Plumeria atau lebih dikenal sebagai kamboja.

Pakis dan tanduk rusa

Bambu kuning

Rumpur gajah, swiss, jepang, dll.

Ananas

Philodendron, dan beberapa jenis tanaman eye catching.

Tanaman Tropis Bali

Kolam Tropis Gaya Bali

Air merupakan salah satu unsur yang biasanya ada dalam taman ala Bali. Kolam ikan bisa menjadi salah satu pilihan yang baik tetapi jika anda memiliki budget lebih, anda bisa membuat kolam renang dengan model persegi lengkap dengan  patung khas Bali. Kolam dengan stepping stone ditengah kolam dan tanaman air seperti teratai dan lotus bisa menjadi pilihan tanaman air yang sangat cocok dengan konsep taman tadisional Bali. Taman dan kolam merupakan perpaduan yang sangat menarik dan mampu menghadirkan suasana yang sejuk dan tenang. Tambahkan sedikit bunyi gemercik air dari arah kolam, pasti suasana alam makin terasa dekat.

Kolam Tropis Gaya Bali

Pintu Gerbang  / Angkul – Angkul Bali

Pintu gerbang kecil ini biasanya kita dapatkan sebelum masuk atau keluar dari pekarangan taman dirumah bertema Bali. Oleh masyarakat Bali biasa disebut dengan angkul-angkul.  Saat ini kita bisa menemukan berbagai model angkul-ankul yang diperjualbelikan, bahkan kita bisa memesan model khusus sesuai dengan keinginan kita. Gaya tradisonal dan modern semakin memberi anda banyak pilihan dan dapat menyesuaikan dengan bentuk dari rumah anda.

Pintu Gerbang  / Angkul – Angkul Bali

Patung Bali dan Gerabah dari Tanah Liat

Sepertinya tidak lengkap suatu taman ala Bali jika tidak menyertakan patung dan gerabah pada sudut-sudut taman Bali di rumah anda. Kita dapat menempatkan patung dan gerabah di kolam ikan anda ataupun diantara rimbunnya tanaman tropis yang anda pelihara. Patung yang anda pilih dapat berupa sosok dewa, tokoh pewayangan, patung bidadari, patung wanita desa, dan berbagai bentuk yang dapat anda pesan pada para pengrajin.

Patung Bali dan Gerabah dari Tanah Liat

Unsur kayu dan Batu Alam

Kombinasi antara batu alam dan unsur kayu akan semakin menghadirkan nuansa tropis Bali yang makin kental. Kita bisa membuat jalan setapak dan dinding kolam yang terbuat dari batu alam. Kursi dan meja yang terbuat dari kayu dapat menghadirkan suasana yang lebih natural.

Unsur kayu dan Batu Alam

Gazebo Gaya Bali

Jika anda memiliki lahan yang cukup luas anda bisa mempertimbangkan membuat gazebo di taman tropis gaya Bali dirumah anda. Gazebo dapat menjadi sarana untuk berkumpul bersama keluarga atau menikmati ketenangan untuk mencari sumber inspirasi. Gazebo berbahan baku kayu dan arsitektur tradisional akan menyatu dengan konsep taman gaya Bali dirumah anda.

Gazebo Gaya Bali

Lampu dan Pencahayaan Khas Bali

Lampu ini biasanya ditempatkan disepanjang jalan dari rumah menuju ke taman atau bangunan lainnya. Lampu ini biasanya memiliki pencahayaan yang lembut seperti kuning dan kadang “dibungkus” dengan suatu bahan yang dapat terbuat dari kayu atau batu alam untuk menambah kesan eksotis. Ada beberapa yang menggunakan bambu yang diberi sumbu untuk menyalakan api agar berkesan lebih natural.

Lampu dan Pencahayaan Khas Bali

Taman tropis gaya Bali dapat anda sesuaikan dengan lahan yang tersedia dirumah anda. Anda bisa menempatkannnya pada halaman belakang rumah, samping rumah, dan taman depan rumah anda. Berbagai inspirasi sumber dan desain taman dapat anda peroleh dari berbagai sumber baik media cetak maupun elektronik.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Memiliki taman tropis gaya Bali tentunya akan membuat suasana rumah anda seolah-olah berada di Bali jadi jika tidak sempat berkunjung ke Bali anda cukup melangkahkan kaki ke belakang rumah anda dan… akhirnya suasana Bali ada dirumah anda sekarang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar