9 Desain Interior Kamar Mandi Ukuran Kecil

Posting Komentar

 9 Desain Interior Kamar Mandi Ukuran Kecil

Ingin merubah desain interior kamar mandi ukuran kecil dirumah anda? Kamar mandi merupakan salah satu area privat didalam rumah anda. Terkadang setelah membangun ataupun membeli suatu rumah kita merasa kurang sreg dengan desain kamar mandi yang sudah terlanjur jadi ingin merubah penampilan dari kamar mandi kita agar lebih menarik dan terkesan lebih luas.

Dalam melakukan desain interior rumah, ada beberapa area yang cukup menantang untuk dieksplorasi, salah satunya adalah area kamar mandi. Kamar mandi pada dasarnya lebih diutamakan fungsionalitasnya, yaitu sebagai tempat mandi dan sebagai toilet. Tetapi jangan salah, dengan desain interior yang tepat, kamar mandi akan menghadirkan suasana yang menyenangkan. Salah satu tantangan dalam mendesain interior ruangan kamar mandi adalah ukuran ruangan yang biasanya kecil serta beberapa benda yang tempatnya sudah fixed seperti bak, closet, wastafel dan sebagainya (kecuali perencanaan desain dibuat dari nol/ membangun). Disini kita fokus untuk melakukan makeover pada area kamar mandi yang sudah jadi dan ukurannya relatif kecil. Berikut beberapa inspirasi desain interior kamar mandi yang bisa anda simak.

INTERIOR KAMAR MANDI LATAR HITAM PUTIH

Pada contoh desain kamar mandi ini, digunakan warna gelap (hitam) sebagai warna utama dipadu dengan warna abu-abu dan putih. Kekuatan desain ini selain warna hitam adalah pemilihan wallpaper. Anda bisa menggunakan wallpaper berpola bulat dengan latar warna gelap, sehingga akan memberi efek luas pada kamar mandi kecil anda. Anda juga sedikit menambah kreatifitas dengan menambahkan bentuk-bentuk lucu berwarna hitam putih agar terlihat harmonis dalam kamar mandi anda. Pakai hitam siapa takut?

INTERIOR KAMAR MANDI LATAR HITAM PUTIH

INTERIOR KAMAR MANDI ILUSI CERMIN

Ruang kamar mandi yang kecil bisa diakali dengan cara ilusi cermin. Teknik ilusi cermin adalah menempatkan cermin berukuran besar pada salah satu sisi ruang kamar mandi, sehingga seolah-olah luas ruangan seperti menjadi 2 kali lipat. Kamar mandi pada hotel yang relatif kecil sering menggunakan teknik desain ini.

INTERIOR KAMAR MANDI ILUSI CERMIN

INTERIOR KAMAR MANDI PERABOT GANTUNG

Dengan meletakkan perabotan seperti wastafel atau kabinet pada posisi menggantung, maka akan terlihat efek bahwa ruangan menjadi terasa lebih lega. Adanya ruangan dibawah perabotan itulah yang menjadikan teknik desain ini berfungsi. Kita bisa menyimpan berbagai kebutuhan mandi seperti shampo, sabun, pembersih kamar wangi, parfum, dls didalam lemari yang menggantung selain lebih rapi juga dapat menghemat space.

INTERIOR KAMAR MANDI PERABOT GANTUNG

INTERIOR KAMAR MANDI WARNA TERANG

Gunakan warna terang  yang dominan. Dengan warna mencolok tersebut maka dinding akan mendominasi tampilan ruangan, selain itu warna yang polos akan membuat ruangan tidak terasa sempit. Salah satu warna yang bisa digunakan adalah warna coklat. Kombinasi antara warna coklat tua dan muda akan membuat ruangan lebih terasa natural dan solid.

INTERIOR KAMAR MANDI WARNA TERANG

INTERIOR KAMAR MANDI MULTI FUNGSI

Satu lagi yang bisa dilakukan dalam mendesain kamar mandi kecil anda, yaitu dengan mendesain perabotan multi fungsi. Kita bahkan bisa menaruh mesin cuci dalam areal kamar mandi selama ditempatkan dengan benar.  Tips: Saya pribadi tidak menganjurkan untuk membuat gantungan dibelakang pintu, hal ini merusak estetika sebuah tatanan desain kamar mandi yang minimalis, elegan dan rapi.

INTERIOR KAMAR MANDI MULTI FUNGSI

INTERIOR KAMAR MANDI DOMINAN PUTIH DAN ABU-ABU

Desain ini didominasi warna putih dan abu-abu, untuk toilet dan ruang mandi disekat dengan Tembok sehingga 2 orang yang memiliki kebutuhan berbeda bisa menggunakannya secara bersamaan tanpa harus menunggu antrian seperti rumah kos. Selain simple desain ini cocok digunakan pada ruang yang memiliki ukuran kecil. Bahkan dengan luas ruangan 2 X 2 meter atau 3 X 3 meter desain ini sudah bisa diterapkan.

INTERIOR KAMAR MANDI DOMINAN PUTIH DAN ABU-ABU

INTERIOR KAMAR MANDI BENTUK PERSEGIPANJANG

Desain dengan bentuk ruangan yang memanjang cocok jika mengikuti gaya desain seperti gambar dibawah. Untuk warna kita bisa menyesuaikan dengan selera dan imajinasi kita. Penggunaan cermin dengan desain bulat akan membuat harmonis dengan bentuk desain kamar mandi yang berbentuk persegi.

INTERIOR KAMAR MANDI BENTUK PERSEGIPANJANG

INTERIOR KAMAR MANDI MENGGUNAKAN GLASS BLOCK

Glass Block biasa juga disebut dengan roster. Penggunaan roster kaca akan membuat kamar mandi menjadi lebih terang, tapi penerapan kamar mandi ini biasanya diterapkan pada kamar mandi yang berada pada pinggir bangunan dan memperhatikan arah matahari. Salah menempatkan desain ini hasilnya bisa menjadi kurang maksimal. Anda tidak perlu menyalakan lampu saat matahari sedang bersinar terik selain hemat biaya anda juga telah membantu pemerintah melakukan program hemat listrik.

INTERIOR KAMAR MANDI MENGGUNAKAN GLASS BLOCK

INTERIOR KAMAR MANDI  LATAR COKLAT

Warna coklat pada desain dibawah akan membuat kamar mandi anda walaupun tidak memiliki ukuran yang besar tapi terkesan mewah. Selain simple, desain ini bisa anda terapkan dikamar anak anda. Penggunaan warna coklat tua, muda dan kuning juga akan menimbulkan kesan eksotik pada kamar mandi. Simple dan elegan merupakan kata yang cocok untuk desain dibawah ini.

INTERIOR KAMAR MANDI  LATAR COKLAT

Masih ada banyak lagi yang mungkin bisa lakukan dalam mendesain kamar mandi kecil. Ide desain bisa seperti apa saja dan bisa berasal dari mana saja. Semoga desain kamar mandi ukuran kecil diatas dapat memberi inspirasi bagi anda pembaca setia griyahome.

Related Posts

Posting Komentar