7 Desain Interior Kolam Ikan Di dalam Rumah

Posting Komentar

 7 Desain Interior Kolam Ikan Di dalam Rumah

Bosan dengan desain kolam ikan diluar rumah? Anda ingin mencari desain interior kolam ikan didalam rumah? Simak artikel ini dan mungkin anda akan menemukan salah satu desain kolam yang cocok dengan selera anda dan bisa anda terapkan dirumah anda.

Jika anda memiliki luas bangunan rumah yang sedikit luas, salah satu interior yang bisa anda aplikasikan adalah dengan membuat kolam ikan. Kolam ikan akan memberi nuansa alam di dalam rumah. Efek suara dari gemericik air dapat memberi efek relaksasi. Hal ini bisa bermanfaat melepas penat setelah beraktifitas seharian, dengan adanya tambahan ikan hias seperti koi akan menambah atmosfir yang menenangkan dan menyenangkan. Banyak aktifitas positif yang bisa dilakukan di kolam ikan, seperti bersantai bersama keluarga di sekitar kolam atau aktifitas memberi makan ikan bersama.

Desain interior kolam ikan didalam rumah bisa dibuat dengan cara yang minimalis namun tetap memberi aksen indah. Ada berbagai ide dalam membuat kolam ikan di dalam rumah, mulai dari open roof, glass roof, sampai kolam ikan dengan menggunakan pot besar. Mulai dari yang permanen sampai yang temporary. Yuk kita simak beberapa desain interior kolam ikan yang mungkin bisa anda aplikasikan sesuai dengan landscape dalam rumah anda. 

INTERIOR KOLAM IKAN DENGAN LANGIT-LANGIT TRANSPARAN

Kolam ikan seperti digambar diletakkan di bagian dalam rumah yang memiliki atap terbuka, namun tidak langsung, artinya atap dari area tersebut diberi penutup yang transparan. Hal ini akan memberi cahaya matahari masuk dan memberi efek menarik pada air kolam ikan. Dengan atap ini, air hujan tidak akan jatuh kedalam kolam.

INTERIOR KOLAM IKAN DENGAN LANGIT-LANGIT TRANSPARAN

INTERIOR KOLAM IKAN DIBAWAH TANGGA

Berikut ini adalah kolam ikan dengan kombinasi yang menarik, yaitu kolam ikan yang letaknya persis dibawah tangga. Untuk desain kolam ikan yang ini, harus dikonsep dari awal membuat rumah karena letakknya yang cukup kompleks terhadap elemen bangunan disekitarnya. Suasana melihat air jernih dan ikan-ikan hias dikolam dari atas memberi efek relaksasi yang menyenangkan.

INTERIOR KOLAM IKAN DIBAWAH TANGGA

INTERIOR KOLAM IKAN DENGAN ATAP TERBUKA

Seperti halnya dengan desain interior kolam ikan yang pertama diatas, gaya berikut adalah dengan menempatkan kolam ikan di area open roof namun yang ini tidak diberi penutup atap, sehingga ketika hujan tiba, akan memberi sensasi gemericik air yang ramai. Bagi beberapa orang suara gemericik air hujan didalam kolam akan menghadirkan sensasi tersendiri. Desain kolam ikan ini perlu perhatian di sisi bibir kolam, pastikan ketinggiannya pas supaya cipratan air tidak meluap kelantai disekitarnya, penempatan pinggiran atap juga harus benar, jangan sampai terlalu dekat dengan sisi kolam.

INTERIOR KOLAM IKAN DENGAN ATAP TERBUKA

INTERIOR KOLAM IKAN TEMPORARY

Selain kolam permanen seperti poin-poin diatas, anda juga bisa membuat kolam ikan didalam rumah dengan kolam temporary sehingga anda bisa memindahkan dari satu area ke area yang lain. Dalam membuat kolam ikan temporary ini anda dapat menggunakan media kaca bulat seperti baskom maupun dengan desain unik berbentuk persegi 8. Anda dapat memberikan sentuhan alami dengan ornamen seperti bambu dan batu.

INTERIOR KOLAM IKAN TEMPORARY

Interior Kolam Ikan di Samping Tangga

Kolam ikan ini didesain persis saat kita akan naik kelantai atas rumah. Sehingga saat kita melangkah kita akan melihat pemandangan ikan hilir mudik dan suara gemercik yang keluar dari pancuran keramik berbentuk unik dan penuh dengan seni. Pada desain ini tidak menggunakan aksesoris berlebihan yang diletakkan disekitar kolam sehingga kelihatan lebih bersih dan lapang. Warna coklat muda lembut ikut menetralkan suasana menjadi tenteram.

Interior Kolam Ikan di Samping Tangga

Interior Kolam Ikan  Dalam Rumah

Kolam ikan ini ditempatkan persis didalam rumah sehingga menjadi pemisah antara beberapa ruangan. Konsep ini bisa diterapkan jika luas bangunan anda cukup luas sehingga anda bebas mengexplore ruangan dengan lebih leluasa.

Interior Kolam Ikan  Dalam Rumah

Interior Kolam Dalam Rumah Nuansa Seni

Desain kolam ini sungguh harmonis dengan lukisan dan desain background kolam ikan. Penggunaan beberapa patung burung bangau yang sedang mencari makan  dan ornamen lain menunjukkan jiwa seni sang pemilik rumah patut diacungi jempol. Walaupun kolam ikan ini tidak terlalu besar tapi nampak sangat artistik.

Interior Kolam Dalam Rumah Nuansa Seni

“7 Desain Interior Kolam Ikan Di Dalam Rumah”  diatas tentunya dapat memberi anda inspirasi saat akan membangun kolam ikan didalam rumah. Jangan lupa memperhatikan saluran pembuangan kolam ikan sebelum anda membangun kolam ikan didalam rumah agar memudahkan saat anda melakukan pergantian air.

 

 

 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email